Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Apa Itu Euro 4? Dan Apa Saja Kendaraan Diesel Yang Sudah Menerapkannya?

Contoh Kendaraan Yang Telah Menerapkan Emisi Euro 4 | Toyota Land Cruiser

Last updated on 12 Januari, 2024

Autos.id – Uni Eropa mengeluarkan peraturan yang mewajibkan penggunaan katalis untuk mobil berbahan bakar bensin pada 1992. Regulasi tersebutlah yang selanjutnya di sebut sebagai standar emisi Euro.

Hingga saat ini, sudah ada lima set standar emisi (gas buang kendaraan bermotor) yang telah di tetapkan Uni Eropa. Tujuannya yaitu meningkatkan kualitas udara negara-negara anggotanya. Standar emisi itu pun di adopsi oleh beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kelima standar emisi Euro tersebut adalah Euro 2 yang di keluarkan 1996, Euro 3 (2000), Euro 4 (2005), Euro 5 (2009), dan Euro 6 (2014).

Euro 4 adalah standar emisi gas buang bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih sehingga emisi yang di keluarkan lebih ramah lingkungan. Sehingga emisi tersebut berada di bawah batas maksimum zat atau bahan pencemar. Hal ini di atur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Manfaat penerapan Euro 4 Indonesia bagi masyarakat adalah untuk menurunkan pencemaran udara, khususnya di perkotaan. Di perkirakan 86% pencemaran udara di perkotaan di sebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Sehingga melalui penerapan baku mutu emisi ini akan menurunkan kandungan zat pencemar seperti karbon monoksida dan hidrokarbon di udara dan pada akhirnya meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat.

Selain itu, penerapan kebijakan Euro 4 Indonesia menjadikan mobil yang di pasarkan di dalam negeri sama dengan mobil yang di ekspor. Baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor Euro 4 Indonesia telah di terapkan di Indonesia. Sejak 8 Oktober 2018 untuk mobil berbahan bakar bensin dan 8 April 2021 untuk mobil diesel.

Baca Lagi : Daftar Harga Ban Motor Menjelang Mudik Lebaran, Mana Yang Paling Murah?

Kendaraan Yang Sudah Menerapkan Emisi Euro 4 di Indonesia

Setelah di keluarkannya kebijakan Euro 4 di Indonesia tahun 2018 lalu, hampir seluruh brand kendaraan telah menerapkannya. Hal ini di karenakan kebijakan ini menjadi hal wajib yang telah di keluarkan oleh kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Toyota sangat mengapresiasi kebijakan ini untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Dengan di implementasikannya standar emisi Euro 4, emisi yang di hasilkan oleh semua model kendaraan Toyota sudah sesuai dengan standar aturan lingkungan hidup yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

Baca juga: Kenapa Disebut Mobil Cumi-cumi Darat? Apa Efeknya Pada Mesin Diesel?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 5 Juni, 2023 Mesin diesel biasnaya menggunakan tiga jenis bahan bakar, yaitu Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Autos.id – Dalam...

Toyota

Menurut berbagai rumor yang beredar, Toyota Innova hybrid akan segera diluncurkan. Autos.id – Melihat dari berbagai kabar yang beredar, Toyota dirumorkan akan meluncurkan Innova...

Tips

Last updated on 12 Januari, 2024 Pastinya Anda tahu kalau mobil bermesin keluaran terbaru diwajibkan untuk mengkonsumsi solar berkualitas tinggi. Jakarta, Autos.id – Jika...

Tips

Semakin hari, mesin diesel selalu mengalami perkembangan yang membuatnya jadi kian canggih. Kecanggihannya itulah yang membuat kita harus cermat dalam melakukan perawatannya. Jakarta, Autos.id...

error: Content is protected !!