Tips

Alasan Mobil Diesel Modern Wajib Pakai BBM Berkualitas

Mesin diesel common rail milik Toyota

Pastinya Anda tahu kalau mobil bermesin keluaran terbaru diwajibkan untuk mengkonsumsi solar berkualitas tinggi.

Jakarta, Autos.id – Jika nekat memberikan solar berkualitas rendah, maka kerusakan serius bisa terjadi pada mesin. Tapi di luar hal itu, masih ada alasan lain kenapa mobil bermesin diesel modern wajib menenggak solar berkualitas tinggi.

Umumnya, teknologi  mobil-mobil keluaran terbaru bermesin diesel sudah mengaplikasi teknologi common rail. Dengan adanya teknologi common rail, maka mesin diesel bisa mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar, serta getaran yang lebih minim.

Kendati bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang besar, tapi hebatnya, mesin diesel common rail tetap mampu mencetak konsumsi BBM yang hemat. Oleh karena itu, tidak aneh rasanya jika mobil bermesin diesel common rail banyak diminati oleh orang-orang.

Mobil bermesin diesel modern wajib menggunakan solar berkualitas tinggi

Untuk menjaga performanya tetap dalam kondisi prima, sudah menjadi hal wajib bagi mesin diesel berteknologi common rail untuk menenggak solar berkualitas tinggi. Jika hal itu tidak dilakukan, maka nantinya bisa menimbulkan masalah serius pada mesinnya.

Masalah pertama yang muncul jika mengisi solar berkualitas rendah untuk mesin diesel modern adalah filter solar bakal lebih cepat kotor dan perlu sering diganti. Kualitas bahan bakar yang kurang baik akan membuat filter solar lebih sering menyaring sulfur dan kandungan air yang terdapat di dalam bahan bakar solar.

Pemakaian solar berkualitas buruk untuk mesin diesel modern bisa menimbulkan asap hitam karena mampetnya injector

Bila tidak diganti, kondisi ini dapat menimbulkan asap hitam dari knalpot yang umumnya terjadi di mobil diesel. Sulfur yang terkandung dalam bahan bakar ikut masuk ke dalam ruang pembakaran yang menyebabkan kerak serta asap hitam.

Selain itu  kualitas bahan bakar diesel yang jelek bisa menyebabkan injector pada common rail cepat mampet. Kalau sudah mampet, pembakaran jadi  tidak sempurna dan akan muncul gejala brebet atau knocking.

Risiko terparahnya, jika injector pada common rail dibiarkan dalam kondisi mampet, komponen fuel injector pump yang menyuplai bahan bakar ke injector bisa jebol. Kalau sudah begitu, tidak ada pilihan lain selain menggantinya, dan biaya penggantiannya pun juga tidak murah, yakni di kisaran belasan juta rupiah.

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top