Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Kaca Mobil Berjamur? Ini Tips Perawatannya!

Last updated on 24 Februari, 2022

Musim hujan biasanya menimbulkan jamur pada kaca mobil Anda, berikut cara mengatasinya!

Jakarta, Autos.id  – Musim hujan seperti saat ini biasanya mempengaruhi kenyamanan berkendara, terutama pada bagian yang berkaitan dengan visibilitas, seperti kaca mobil. Kebersihan kaca mobil sangat penting untuk diperhatikan, serta disarankan terbebas dari kotoran dan jamur agar tidak mengganggu jarak pandang.

“Munculnya jamur pada kaca mobil disebabkan air yang menempel pada kaca dan kemudian mengering dengan sendirinya setelah terkena panas atau sinar matahari, sehingga akan berbekas seperti kerak yang menempel,” jelas Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Kondisi yang kurang menyenangkan tersebut dapat diketahui dan dihindari melalui beberapa tips yang mudah dilakukan, antara lain:

  1. Kondisi kaca mobil berjamur mudah diketahui pada malam hari

Pengendara harus memastikan bahwa kaca mobil dalam keadaan bersih jika ingin mengidentifikasi tanda-tanda adanya jamur pada kaca mobil. Apabila jarak pandang pengendara saat melihat objek lain pada malam hari kurang jelas, kondisi tersebut kemungkinan mengindikasikan bahwa kaca mobil berjamur.

  1. Cek kondisi dari kaca mobil secara langsung

Apabila ingin mengetahui secara langsung, pengendara dapat mencuci mobil seperti biasa. Setelah bersih dan kering, pengendara bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan melihat dan memperhatikan detail dari kaca mobil tersebut. Apabila terdapat bercak-bercak putih yang terkesan menempel dan tidak hilang walaupun sudah dilap sampai bersih, maka itulah jamur kaca yang dapat menggangu jarak pandang pengendara.

  1. Membersihkan mobil setelah terkena air hujan

Air hujan mengandung pH cenderung asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil. Cara terbaik untuk menghindari munculnya jamur adalah dengan segera mencuci dan mengeringkan mobil yang baru terkena hujan dengan lap bersih.

  1. Menggunakan pembersih khusus jamur kaca

Apabila kaca mobil terindikasi berjamur, pengendara dapat menghilangkannya dengan menggunakan cairan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca. Pembersih tersebut selain dapat menghilangkan bercak-bercak jamur pada kaca mobil, sekaligus mengembalikan kondisi kaca menjadi jernih kembali. Perlu diingat, pemilihan produk pembersih yang berkualitas baik dan tepat akan memberikan hasil yang optimal.

“Kaca mobil yang berjamur dapat mengurangi visibilitas sehingga meningkatkan potensi kecelakaan. Selain itu, jamur pada kaca juga mengurangi estetika kendaraan dan dapat mengurangi nilai jual kembali kendaraan. Langkah-langkah pencegahan kaca berjamur di atas dapat dilakukan secara mandiri,” pungkasnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Suzuki adalah perusahaan otomotif yang memproduksi, memasarkan, dan memperniagakan motor dan mobil. Perusahaan ini telah berdiri pada tahun 1909. Jakarta, Autos.id – Pada bulan...

Berita Otomotif

Bengkel siaga ini berlaku untuk wilayah Sumatera-Jawa-Bali Jakarta, Autos.id –  Bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1443 H, tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales...

Berita Otomotif

Selama pelaksanaan IIMS Hybrid 2022 lalu, penjualan Suzuki XL7 Alpha FF laris manis Jakarta, Autos.id  – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang digelar...

Berita Otomotif

Suzuki Smart Hybrid Technologi diklaim memiliki banyak keunggulan Jakarta, Autos.id  –  Setelah memperkenalkan teknologi hybrid terbarunya di ajang IIMS 2022 lalu, PT Suzuki Indomobil...