Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Serena C26 vs Toyota Nav1, Nyaman Mana Buat Mudik?

Nissan Serena C26 vs Toyota Nav1.
Nissan Serena C26 vs Toyota Nav1. (Sumber: GridOto)

Serena C26 Vs Toyota Nav1 punya segmen yang sama dan bisa jadi solusi untuk perjalanan mudik Lebaran.

Autos.id – Bahkan Musim mudik Lebaran tahun 2023 diperkirakan akan ramai setelah pencabutan status PPKM karena pandemi Covid-19.

Banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan kepulangan ke kampung halaman mereka. Beberapa orang sedang mempersiapkan mobil pribadi mereka, sementara yang lain masih bingung memilih kendaraan yang tepat.

Jika Anda berencana membawa keluarga besar atau sanak saudara, jenis kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah pilihan yang tepat. Jenis kendaraan ini memiliki kapasitas tempat duduk yang cukup besar sehingga setidaknya 7 orang dewasa dapat duduk dengan nyaman tanpa merasa sempit.

Mobil MPV yang direkomendasikan untuk mudik Lebaran adalah Nissan Serena C26 dan Toyota Nav1. Namun bagaimana dengan perbandingannya?

Ruang kemudi Nissan Serena C26.

Ruang kemudi Nissan Serena C26. (Sumber: Autofun)

Desain Nissan Serena C26 vs Toyota Nav1

Dimensi Nissan Serena C26 termasuk besar dengan panjang 4.770 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.865 mm. Garis bahu yang rendah, mulai dari pilar A hingga D, menghasilkan kaca jendela yang lebar dengan pandangan yang sangat luas. Visibilitas dari depan, belakang, dan samping terasa seperti berada dalam akuarium raksasa.

Berbelok di tempat yang sempit atau parkir mundur tidaklah sulit karena apa yang terlihat melalui kaca spion atau pandangan ke belakang merupakan sudut terluar dari bodi. Itulah keuntungan memiliki desain bodi kotak seperti Nissan Serena C26.

Sementara itu, Toyota Nav1 memiliki dimensi panjang 4.600 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.850 mm. Panjang sumbu roda sekitar 2.825 mm.

Desain bodi Nav1 menampilkan lampu utama projector LED yang menonjol, konsol lampu kabut sirkular, gril radiator dengan sudut tiga dimensi dan tiga potongan krom, serta desain bumper yang sangat unik.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan dua pintu yang dapat digeser untuk memudahkan akses bagi penumpang. Keunggulan Nav1 sebagai mobil MPV juga terletak pada bagian buritan yang dilengkapi dengan License Garnish dan lampu belakang kombinasi pada edisi khusus V.

Interior Nissan Serena C26.

Interior Nissan Serena C26. (Sumber: Spesifikasi)

Fitur Nissan Serena C26 vs Toyota Nav1

Sebagai MPV kelas menengah, Nissan Serena C26 dilengkapi dengan fitur modern yang membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman. Di dalamnya terdapat head unit layar sentuh berukuran 6 inci pada center cluster yang dapat diatur menggunakan steering wheel audio control switch. Selain itu, terdapat pula layar LCD berukuran 10 inci yang menempel di plafon, cruise control, engine start/stop, tilt&telescopic, auto digital AC climate control with heater, double blower, dan auto sliding door.

Untuk memberikan kenyamanan yang lebih, jok baris kedua dilengkapi dengan armrest tengah, meja multifungsi, dan cupholder. Tempat penyimpanan kecil juga tersedia di mana-mana, mulai dari dua buah glovebox di bagian penumpang tengah hingga laci penyimpanan di bawah jok baris kedua.

Pada tipe teratasnya, Serena C26 dilengkapi dengan panoramic sunroof berukuran besar yang meningkatkan visibilitas dan gaya berkendara.

Fitur Kedua Mobil Sedikit Sama

Serena C26 juga memiliki fitur keselamatan seperti dual front airbags, front side airbags, curtain airbags, ABS, EBD, Brake Assist (BA), Hill Start Assis (HSA), keyless entry, engine immobilizer, dan alarm system.

Sementara itu, Toyota Nav1 dilengkapi dengan kontrol panel ergonomis dan sistem audio dengan layar sentuh eksklusif. Mobil ini juga dilengkapi sistem navigasi, Optitron combimeter, tuas gigi trim kayu, dan sistem kemudi multifungsi. Kursi ukuran besar pada Nav1 dapat diputar secara khusus untuk menyesuaikan kenyamanan. Ketika kursi tersebut terlipat, kapasitas ruang bagasi meningkat.

Toyota Nav1 dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni, termasuk paduan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta Dual SRS Airbags untuk meminimalisir cidera ketika terjadi kecelakaan.

Mobil ini juga lengkap dengan teknologi Immobilizer dan Smart Key untuk meminimalisir tindak pencurian.

Serena C26 Vs Nav1

Interior Toyota Nav1. (Sumber: Showroomotomotif)

Mesin Nissan Serena C26 vs Toyota Nav1

Nissan Serena C26 dilengkapi dengan mesin MR20DD berkapasitas 2.000 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 147 Ps dan torsi maksimum 206 Nm. Penggunaan transmisi CVT canggih membuat performa mesin menjadi sangat bertenaga dan halus.

Namun, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang kurang irit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa di dalam kota mobil ini hanya mampu menempuh jarak 9-10 km/liter, sedangkan di luar kota bisa mencapai 10-13 km/liter.

Mesin Mesin Nissan Serena C26.

Mesin Mesin Nissan Serena C26. (Sumber: Nissanku)

Di sisi lain, Toyota Nav1 menggunakan mesin 1987 cc, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC, dan lengkapi dengan teknologi VALVEMATIC serta sistem injeksi bahan bakar elektrik EFI yang efisien dalam membakar bahan bakar. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 158 PS pada 6200 rpm dengan torsi 196 Nm pada 4400 rpm, dan pasangkan dengan transmisi 7-percepatan CVT.

Secara keseluruhan, mesin dan transmisi pada Toyota NAV1 dapat bekerja lebih efisien dan memberikan jarak tempuh hingga 13,6 km dengan konsumsi bahan bakar 1 liter dan kecepatan 160 km/jam. Mobil Toyota ini tersedia dalam dua level trim yaitu G AT dan V Limited.

Mesin Toyota Nav1.

Mesin Toyota Nav1. (Sumber: Spesifikasi)

Harga Nissan Serena C26 vs Toyota Nav1

Terakhir membahas harganya, Nissan Serena C26 banderol mulai dari Rp140 jutaan hingga Rp265 jutaan tergantung tahun produksi. Sementara Toyota Nav1  mulai dari Rp130 jutaan hingga Rp225 jutaan.

 

Kesimpulan

Kedua mobil MPV ini menawarkan kenyamanan dan fitur keselamatan yang baik. Nissan Serena C26 lebih unggul dalam hal dimensi dan fitur interior yang modern, sementara Toyota Nav1 menonjolkan fitur modern pada bagian eksterior dan kursi yang dapat berputar.

Ada catatan buat yang meminang mobil ini, bagi Anda yang ingin mobil hemat BBM, maka Toyota Nav1 lebih rekomendasikan ambil mobil tersebut. Karena, melihat estimasi harganya, Toyota Nav1 masih lebih menguntungkan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 8 Juli, 2024 Autos.id – Memberikan kenyamanan kepada keluarga merupakan orientasi utama setiap rumah tangga. Kenyaman itu tentunya dapat diwujudkan melalui...

Mobil

Last updated on 5 Juli, 2024 Autos.id – Mobil boxy dengan kabin yang luas dan besar adalah impian semua orang. Ukurannya yang besar, memungkinkan...

Mobil

Autos.id – Eksistensi mobil listrik berukuran mungil yang semakin digemari masyarakat, mendorong pabrikan otomotif untuk memproduksi mobil serupa. Kini, masyarakat memiliki lebih banyak referensi...

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

error: Content is protected !!