Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Apa Bedanya Mesin Honda Mega Pro dengan Verza?

Honda Mega Pro vs Verza.
Honda Mega Pro vs Verza. (Sumber: iNews)

Last updated on 30 Mei, 2023

Honda Verza sedikit mengingatkan pada bagaimana Mega Pro yang sebelumnya meluncur di Indonesia.

Autos.id – Honda Mega Pro merupakan salah satu motor berperforma tinggi yang popular. Motor Honda ini pernah menjadi salah satu produk terlaris di kelasnya. Sekarang ini, Verza mengingatkan bagaimana hadirnya Mega Pro sebelumnya.

Lalu salah satu yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana perbedaan mesin antara Honda Mega Pro dengan Verza?

Honda Mega Pro.

Honda Mega Pro. (Sumber: Honda Cengkareng)

Perbedaan dan Kesamaan

Dalam kategori motor sport 150, Honda memiliki Verza 150 dan Honda Mega Pro. Meskipun rangka keduanya berbeda secara signifikan, mesin Honda Verza 150 masih memiliki banyak kesamaan dengan Honda Mega Pro.

Hal ini penting bagi calon pembeli Honda Verza 150 atau Mega Pro, baik yang baru maupun bekas. Mesinnya sama, jadi hanya tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan tenaga yang diinginkan.

Berdasarkan berbagai sumber, terdapat perubahan paling mendasar pada durasi noken as (kem) motor.

Pada Honda Verza 150, durasi pembukaan klep lebih cepat. Hal ini dilakukan untuk mencapai efek akselerasi yang lebih responsif pada putaran bawah dan menengah.

Pada Honda Verza 150, klep masuk membuka 10 derajat sebelum titik mati atas (TMA) dan menutup 35 derajat setelah titik mati bawah (TMB), sedangkan pada Honda Mega Pro, klep masuk membuka 5 derajat sebelum TMA dan menutup 40 derajat setelah TMB.

Honda Verza.

Honda Verza. (Sumber: Honda Cengkareng)

Pada Honda Verza 150, klep buang membuka 35 derajat sebelum titik mati bawah (TMB) dan menutup 5 derajat setelah titik mati atas (TMA). Sementara itu, pada Honda Mega Pro, klep buang membuka 30 derajat sebelum TMB dan menutup 10 derajat setelah TMA.

Jika dihitung, durasi pembukaan klep pada keduanya sama-sama 225 derajat untuk klep isap dan 220 derajat untuk klep buang.

Komponen lain di dalam kepala silinder tetap sama, dengan ukuran klep isap sebesar 30 mm dan klep buang sebesar 26 mm. Panjang klep dan spesifikasi per klep juga tidak berbeda.

Meskipun rangka Honda MegaPro dan Honda Verza 150 berbeda secara signifikan, spesifikasi mesin keduanya memiliki perbedaan yang tipis. Namun, terdapat perubahan pada bagian luar kepala silinder, karena terdapat beberapa sensor untuk sistem injeksi yang terpasang pada komponen ini.

Baca juga: Honda Megapro Primus, Motor Sport Legendaris yang Sering di Kustom

Mesin Honda Mega Pro.

Mesin Honda Mega Pro. (Sumber: Trio Motor)

O2 Sensor dan EOT

Terdapat O2 sensor dan Engine Oil Temperature (EOT) yang dipasang pada motor ini. Khusus untuk pemasangan O2 sensor, sudut lubang buang sedikit digeser agar tidak mengganggu rangka motor. Selain itu, sirip di kepala silinder juga lebih lebar, yang berkontribusi pada pendinginan ruang bakar yang lebih baik.

Desain tutup kepala silinder juga mengadopsi tampilan yang lebih gagah namun minimalis, tanpa adanya dudukan Secondary Air Supply System (SASS). Pada Honda Verza 150, SASS tidak lagi digunakan karena telah diterapkan O2 sensor untuk memastikan emisi gas buang tetap baik.

Komponen lainnya tetap sama, termasuk blok silinder, piston, dan kruk as yang masih identik. Bahkan kombinasi bore dan stroke-nya, yaitu 57,3 x 57,8 mm, juga sama persis, begitu pula dengan rasio kompresi yang tetap 9,5:1. Namun, terdapat sedikit perbedaan dalam tekanan kompresi. Honda Verza 150 memiliki tekanan kompresi sebesar 195 psi, sedangkan Honda Mega Pro hanya 159 psi. Perbedaan ini disebabkan oleh desain kubah di kepala silinder yang sedikit berbeda.

Terlihat bahwa sirip dan desain tutup kepala silinder pada Honda Verza 150 lebih besar. Dengan beberapa perubahan ini, spesifikasi secara tertulis memang tidak sekuat Honda Mega Pro.

Tenaga yang dihasilkan hanya sebesar 9,72 kW pada 8.500 rpm, sedangkan Honda Mega Pro mencapai 10,1 kW pada putaran mesin yang sama.

Torsi pada Honda Mega Pro mencapai 12,8 Nm pada 6.500 rpm, sedangkan Honda Verza 150 menghasilkan 12,7 Nm pada putaran mesin yang lebih rendah, yaitu 6.000 rpm. Oleh karena itu, wajar jika putaran bawah Honda Verza 150 terasa lebih ringan.

Baca juga: Alternatif Karburator untuk Honda Megapro

Mesin Honda Verza.

Mesin Honda Verza. (Sumber: Kompas)

Poros Transmisi

Perubahan terakhir terjadi pada countershaft as atau poros transmisi, yang dirancang untuk menjaga rantai tetap lurus dengan menempatkan gigi depan lebih keluar.

Panjang countershaft as Honda Mega Pro adalah 153 mm, sedangkan pada Honda Verza 150 mencapai 164,9 mm. Hal ini terjadi karena rangka baru Honda Verza 150 mengharuskan posisi gigi dan rantai lebih keluar.

Perbandingan transmisi 5 percepatan dan perangkat kopling pada keduanya sama. Perbedaannya hanya terletak pada rasio gigi akhir, di mana Honda Verza 150 menggunakan rasio 14/41, sementara Honda Mega Pro menggunakan rasio 14/42.

Baca juga: Honda Megapro Primus Kelebihan dan Kekurangannya

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Engine flush menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan kinerja mesin mobil. Autos.id – Mesin adalah komponen paling vital dalam kendaraan. Bagaimana mesin berfungsi secara...

Berita Otomotif

Last updated on 5 Juni, 2023 Mesin diesel biasnaya menggunakan tiga jenis bahan bakar, yaitu Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Autos.id – Dalam...

Berita Otomotif

Last updated on 1 Maret, 2024 Toyota membesut mesin mobil legendaris bernama 2JZ, ada fakta menarik apa saja? Autos.id – Jika Anda pernah menonton...

Tips

Mengganti oli merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil. Autos.id – Sebagai pemilik mobil, Anda pasti tahu bahwa mesin mobil membutuhkan...

error: Content is protected !!