Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Honda Megapro Primus Kelebihan dan Kekurangannya

Last updated on 16 Januari, 2024

Honda Megapro Primus sendiri jadi Primadona sampai sekarang

Autos.id – Honda Megapro Primus, mungkin semua orang tahu-nya ya model ini saja. Bahkan sampai generasi pertama dan kedua pun orang juga julukin Megapro Primus. Lantas, kenapa bisa ya mereka menjuluki Megapro tersebut adalah kepunyaan Primus?

Megapro Primus

Sebenarnya, Megapro Primus sendiri adalah generasi ketiga dari Megapro series. Edisi terakhir sebelum masuk ke Megapro FI atau injeksi. Pasalnya, banyak sekali model ini saat ini jadi banyak penggemarnya.

Sedangkan generasi pertama sendiri perbedaannya hanya pada tampilan bodi dan shroud belakang. Terlihat generasi pertama sendiri hadir dengan bodi ramping dan terlihat terpisah begitu saja. Namun dari segi tampilan sebenarnya lebih modern saat itu. Jadi, generasi pertama masuk pada tahun 1999.

Tahun 2002, hadir dengan tampilan stiker dan starter electric, tentu saja perbedaan ini membuat Megapro Primus sendiri lebih menarik bukan. Nah, model ini sendiri tidak ada yang berbeda sama sekali dari generasi pertama. Cuma, tambahan Starter elektrik saja sudah menambah kemudahan dalam penggunaan.

Masuk ke generasi ketiga atau kita sebut Megapro Primus. Model ini banyak yang cari karena desainnya modern dan juga tampilan warna serta lampu belakang juga berubah total. Untuk itu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Honda Megapro Primus itu sendiri.

Baca juga: Honda Megapro Primus, Motor Sport Legendaris yang Sering di Kustom

Kelebihan Megapro Primus

Nama dari Megapro Primus sendiri adalah Megapro 160 Advance. Sejatinya, model ini adalah generasi terakhir sebelum masuk ke versi Injeksi. Uniknya lagi, mesin dari motor ini berukuran 156,5 cc atau pembulatannya 160 cc. Sedangkan rival lainnya tidak ada yang bisa menyamai kapasitas mesin tersebut.

Mesinnya sendiri tergolong bandel dan spare-part melimpah. Bahkan konsumsi BBM Megapro Primus bisa sampai 1;46 KM lho. Sehingga mesin seperti ini memang cocok buat yang suka bepergian kemana-mana.

Bahkan mesinnya pun bisa kalian Stroke Up atau Bore Up. Mungkin itu kelebihannya dari motor Honda Megapro Primus tersebut. Bagaimana dengan kelemahannya?

Baca juga: Kuras Tangki Megapro Primus? Wajib!

Kelemahannya Begitu Banyak

Ternyata Megapro Primus sendiri punya kelemahan tersendiri. Model ini terbilang punya kelemahan pada tangki motor mudah karatan dan keropos. Kenapa bisa begitu? Memang secara kualitas sendiri tangki Megapro Primus berbeda dengan tangki generasi pertama dan kedua.

Justru ini jadi catatan tersendiri, mana kondisi tangki itu tergantung dengan apakah isi tangki bisa kurang atau lebih. Karena model Primus sendiri paling banyak masalah di tangki.

Kedua, rantai keteng biasanya sudah aus dan ini jadi perhatian juga. Karena bakalan bunyi ketika mesin menyala dan juga saat kondisi mesin masih fit. Namun, faktor lainnya ada lagi yaitu Packing tensioner. Soalnya, kalau udah umur wajib ganti packing tensioner juga bukan.

Memang, keduanya ini patut kita curigai selain tangki bocor. Karena ketiga masalah ini sering berkaitan satu sama lainnya.

Jadi, sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari Honda Megapro Primus? Soal harga sendiri sekarang kisaran di angka Rp5,5 Juta sampai Rp7,5 Juta saja untuk wilayah Jabodetabek. Masih terjangkau dan pastinya tidak sulit mencari model Primus ini.

Baca juga: Alternatif Karburator untuk Honda Megapro

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Melihat perkembangan motor listrik di Indonesia, hal ini bisa dikatakan cukup baik. Berbagai pabrikan otomotif juga...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah di Indonesia memang pada saat ini tengah mendapatkan intensitas cuaca...

error: Content is protected !!