Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Alternatif Karburator untuk Honda Megapro

Alternatif Karbu Megapro

Last updated on 26 Mei, 2024

Autos.id – Ternyata karburator motor Honda Megapro bisa di ganti dengan merk lainnya, bagaimana bisa? apakah ada dampak negatif nya? mari simak ulasan berikut ini.

Karburator seringkali di gunakan pada motor zaman dulu yang dimana era injeksi belum menginvasi rakitan sepeda motor seperti sekarang ini. Penggunaan karburator pada sepeda motor mulai ditinggal pemakaiannya karena terbilang lebih boros menggunakan bahan bakar dibandingkan dengan mesin injeksi.

baca artikel menarik lain tentang honda nsr

Apa itu Karburator?

Karbu Megapro primus

Sumber:bukalapak.com/jualkarburatormegapro

Karburator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar pada mesin pembakaran dalam otomotif.

Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan pertama kali dicoba penggunaannya pada mobil oleh Frederick Willian Lanchester pada tahun 1896.

Menurut buku hasil tulisan Drs. M. Suratman berjudul buku Servis dan Teknik Reparasi Sepeda Motor mengatakan cara kerja karburator mirip seperti semprotan nyamuk, komponen yang ada di dalam nya bekerja dengan cara mengubah cairan bahan bakar menjadi bentuk yang menyerupai kabut, cara tersebut mengandalkan gerakan pada piston saat menurun kala sedang melakukan langkah hisap.

Baca juga: Punya Motor Jadul? Berikut Cara Merawat Karburatornya!

Karburator Megapro Primus

Megapro Primus merupakan sepeda motor rakitan hasil produksi dari perusahaan otomotif asal Jepang, yakni Honda, yang dirilis pada tahun 2006 yang dibekali kapasitas mesin sebesar 160 cc.

Megapro Primus menggunakan karburator dengan venturi sebesar 24 mm dari Keihin, akan tetapi banyak pengguna dari motor ini yang memodifikasi karbu orisinil dengan merk lain atau ukuran lain. Jika ingin memodifikasi karbu orisinil dari megapro maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti reset ulang pengaturan karbu agar tarikan atau pengeluaran bahan bakar menjadi sesuai.

Baca juga: Honda Megapro Primus Kelebihan dan Kekurangannya

Karbu PE 28

Sumber: Tokopedia.com/karburatoruPE28ntukmegapro

Mengganti Karburator Ori Megapro dengan Merk Lain

Keihin PD 24 menjadi karburator yang diusung untuk Megapro Primus, namun jika kalian ingin mengubah ukuran atau mengganti dengan merk lain hal itu bisa saja dilakukan.

Karbu Megapro Primus bisa diubah dengan ukuran lain, contohnya seperti menggunakan karbu PE 26 dan PE 28 yang memiliki venturi sebesar 26 dan 28 mm.

Selain ukuran yang bisa diubah, karbu tersebut juga bisa menggunakan karbu dari merk lain, seperti contohnya menggunakan karbu milik Honda Tiger Revo, Honda Gl Neotech bahkan Yamaha RX-King yang notabene-nya motor 2-tak.

Jika terdapat perbedaan pada dudukan maka bisa dibuatkan mounting terlebih dahulu agar karbu merk lain bisa pas.

Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi mesin motor, karena jika mesin motor masih dalam keadaan standar pabrik maka akan ada banyak pengubahan pada mesin tersebut agar penggunaan karburator bukan orian bisa maksimal.

Baca juga: Honda Megapro Primus, Motor Sport Legendaris yang Sering di Kustom

mengganti karburator megapro

Sumber: Youtube.com/mr.petheL

Sumber: Berbagai sumber

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 12 Januari, 2024 Salah satu bagian penting pada sepeda motor adalah karburator, lalu apa saja komponen kaburator? Bagaimana tips perawatannya? Autos.id...

Tips

Last updated on 12 Januari, 2024 Karburator Mio lama rusak? Mau beli yang orisinil harganya mahal? Tenang, ada alternatif karburator motor lain yang PnP....

Tips

Last updated on 12 Januari, 2024 Bagaimana cara menyetel karburator agar irit BBM? Simak tips mudahnya di bawah ini. Autos.id – Karburator pada sepeda...

error: Content is protected !!