Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Honda Megapro Primus, Motor Sport Legendaris yang Sering di Kustom

Pernah menjadi primadona para pria dewasa pada masanya, Honda Megapro Primus menjadi langganan kreativitas banyak pecinta motor modifan untuk tampilan motor yang lebih beda dan baru.

Jakarta, Autos.id – Beberapa tahun yang lalu, tren modifikasi motor sempat hits dan menyasar beberapa merek motor, salah satunya modifikasi Honda Megapro Primus. Bagi Anda yang menghabiskan masa muda dengan menggandrungi dunia otomotif, pasti tak asing dengan motor sport lawas Honda ini. Honda Megapro Primus adalah naked bike 156.7cc yang sempat digemari pemuda pada tahun 2000-an yang bernama resmi Megapro 160 Advance.

Kok bisa namanya berubah menjadi Megapro Primus? Singkat cerita, iklan motor sport ini diperankan oleh artis ternama Primus Yustisio. Bahkan hingga saat ini, tak sedikit pecinta motor Honda lebih familiar dengan nama Megapro Primus dibandingkan Megapro 160 Advanced.

Pro dan Kontra Ketenaran Honda Megapro Primus

Megapro Primus ini merupakan generasi ketiga Megapro Series paling terkenal yang pertama kali muncul pada tahun 2006. Entah kenapa varian Primus ini bisa mengungguli ‘para kakaknya’ padahal punya mesin dan fitur yang tak jauh berbeda. Apakah karena the power of Primus Yustisio?

Honda Megapro 160 Advance yang lebih dikenal setelah Primus Yustisio membintangi iklan sang motor

Jawabannya adalah relatif. Kita bisa menilainya dari sudut pandang yang bermacam-macam, salah satunya dari segi desain. Honda Megapro Primus memiliki desain yang everlasting atau cocok di zaman apapun sehingga tak terkesan jadul. Walau sudah bagus tanpa adanya perubahan desain eksterior, tapi beberapa tahun lalu banyak pecinta motor modif yang malah modifikasi Honda Megapro Primus. Alasannya kembali lagi ke desain awal sang motor yang pas sehingga akan tetap bagus walau di modif model apa pun.

Namun, tak sedikit biker mengeluhkan onderdil motor yang lebih cepat rusak, salah satunya kampas kopling. Mereka berkata bahwa kampas kopling lebih cepat aus dibandingkan motor-motor lain di segmen yang sama. Lalu sempat ada biker yang mendapati pengeroposan tangki BBM yang lebih cepat daripada seri Megapro lainnya.

Spesifikasi Honda Megapro Primus

Spesifikasi Honda Megapro Primus

Spesifikasi Lengkap Honda Megapro Primus

Seperti yang sudah sempat disinggung sedikit di awal, motor ini dibekali mesin 156.7cc dengan 4-stroke, SOHC, 1-cylinder bertransmisi manual 5-percepatan. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu menghasilkan tenaga 13.3 PS pada 8.500 rpm dan torsi 1.3 Nm pada 6.000 rpm.

Lalu dimensi ukuran Megapro Primus di atas kerta sebesar 2.034x754x1.065 mm dengan wheelbase 1.281 mm dan tinggi jok 774 m. Sedangkan ground clearence nya sekitar 149 mm dan memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 13,2 liter.

Modifikasi Honda Megapro Primus

Nah, karena di awal kita sempat mention soal modifikasi motor, artikel ini juga akan mereview beberapa pengalaman Megapro Primus menjadi motor yang paling banyak dimodif pada awal 2010-an. Beberapa style modif sempat tren di kalangan masyarakat dengan berbagai aksesoris menghiasi motor sport Honda ini. Banyak pemuda pada saat itu rela menabung bertahun-tahun untuk menciptakan motor modif impiannya. Oke, langsung saja Autos rangkum dari beberapa sumber sejumlah style modifikasi Honda Megapro Primus. Simak sampai habis ya!

Modifikasi Honda Megapro Primus - Japstyle

Modifikasi Honda Megapro Primus – Japstyle

Modifikasi Japstyle

Sesuai namanya, style motor modif ini terinspirasi dari motor Jepang. Megapro Primus yang dimodif dengan style ini biasanya akan tampil lebih ramping. Sebab, bagian rangkanya yang di-custom. Hal ini dipengaruhi oleh rangka bawaan Megapro yang lebar untuk ditumpangi wanita. Sehingga style modif ini akan menguntungkan pria yang harus membonceng wanita dengan motor sportnya.

Modifikasi Honda Megapro Primus - Drag Style

Modifikasi Honda Megapro Primus – Drag Style

Modifikasi Drag Style

Drag style adalah salah satu gaya modifikasi Honda Megapro Primus yang paling disukai oleh remaja. Sebab, style ini menonjolkan warna dan corak eksterior yang mencolok yang dianggap keren pada saat itu. Motor dengan modifikasi drag style ini juga sering dianggap motor kontes karena banyak dilombakan untuk kontes keindahan motor. Selain itu, bodi motor yang dimodif dengan style ini akan meruncing ke belakang dan ada beberapa bagian motor yang diganti dengan aksesoris tertentu hingga bahkan dilepas.

Modifikasi Honda Megapro Primus - Street Fighter

Modifikasi Honda Megapro Primus – Street Fighter

Modifikasi Street Fighter

Nah, kalau style ini mungkin akan cocok untuk Anda yang berkarakter gagah, jantan, namun sederhana. Megapro Primus yang dimodif seperti ini akan memiliki tampilan tanpa bodi belakang, subframe lebih ramping dan jok penumpang lebih naik. Lalu jok depan diganti ke model upside down yang sebelumnya masih menggunakan model teleskopis. Tak ketinggalan tangki bahan bakar bawaan diganti menjadi seperti Honda Tiger.

Modifikasi Honda Megapro Primus - Herex

Modifikasi Honda Megapro Primus – Herex

Modifikasi Herex

Hampir sama seperti drag style, gaya modifikasi ini terkesan cocok untuk remaja hingga pemuda. Bagian motor yang paling menonjol setelah dimodif dengan style ini adalah penggunaan stang jepit dan shock depan motor lebih panjang. Lalu perubahan juga terjadi pada ban yang diganti menjadi ban cacing dengan jari-jari velg kecil. Gaya modifikasi Honda Megapro Primus ini dinilai paling tidak aman apabila dibandingkan dengan style lainnya. Biasanya style modif ini sering digunakan oleh pemuda yang ingin memanfaatkan motor sport legenda Honda ini untuk balapan.

Minimalis Styles

Modifikasi Minimalis Style

Yap, seperti yang Anda duga, gaya modif ini memang tampak seperti Megapro normal pada umumnya. Pemilik Megapro merombak motornya seminimalis mungkin dengan pilihan apakah mesinnya yang diubah atau tampilan bodi motornya yang diganti. Mereka yang memilih style ini biasanya juga menggunakan warna-warna netral dan stylish untuk tampilan yang lebih baru.

Modifikasi Honda Megapro Primus - Brat Style

Modifikasi Honda Megapro Primus – Brat Style

Modifikasi Brat Style

Style modifikasi yang simple selanjutnya diberi nama brat style. Selain tampil sederhana, gaya modifikasi ini masih membuat pengendara merasa nyaman menggunakan motor untuk kegiatan sehari-hari. Modifikasi motor ini mengharuskan rangka subframe motor sedikit dipotong. Lalu spatbor, tangki bensin, knalpot, dan box aki juga di-custom sehingga menyisakan shock breaker dan mesin sebagai onderdil motor bawaan.

Modifikasi Honda Megapro Primus - Touring

Modifikasi Honda Megapro Primus – Touring

Modifikasi Touring

Style modifikasi Honda Megapro Primus terakhir yang pernah ada adalah style touring. Mencerminkan namanya, pemilik Megapro akan merombak desain sekaligus fasilitas motor untuk berperforma tinggi bila dibuat perjalanan jauh. Sehingga, terdapat penggantian dan pembaruan onderdil motor. Mulai dari mesin yang di-upgrade agar lebih bertenaga dan irit, kaca lampu depan, dan menambahkan box di belakang jok motor.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

AHM memberikan tips khusus tentang menggunakan smart key sistem Jakarta, Autos.id  – Seiring berkembangnya teknologi, beberapa sepeda motor Honda saat ini sudah tidak memakai...

Komparasi

Autos akan membandingkan dua motor off-road kenamaan antara Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150 dari segi mesin, desain, fitur, dan teknologi. Jakarta, Autos.id ...

Daftar Harga Motor

Pamor Honda sepertinya akan sulit dikalahkan walau sudah mematok harga mahal. Simak daftar harga motor Honda Oktober 2021 terlengkap ada di sini! Jakarta, Autos.id ...

Motor

Last updated on 4 Oktober, 2021Pelatihan ini diberikan dalam kampanye keselamatan berkendara Cikarang, Autos.id  – PT Astra Honda Motor (AHM) terus memperkuat komitmennya dalam...