Balap

Honda Kembali ke WSBK, Tom Sykes Merapat ke BMW

Honda akan kembali ke World Superbike pada 2019 sebagai entitas pabrik penuh, berpisah dengan skuad Ten Kate demi gabung ke aliansi baru, tim Moriwaki & Althea.

Inggris, autos.idTen Kate telah mendukung Honda di WSBK sejak musim 2004, dan tahun lalu dipercayakan dengan kampanye motor Fireblade baru di panggung dunia dengan dukungan tambahan dari Red Bull.

Namun hasil sejak itu mengecewakan, dengan tempat berada di posisi keempat di Thailand tahun ini setelah menyelesaikan status tim terbaik dari dua tahun terakhir.

Dengan demikian, Honda telah memilih untuk membentuk skuad pabrik baru pada 2019, bekerja sama dengan Althea Racing – yang menyelenggarakan solo BMW di WSBK tahun ini – dan tim Superbike Jepang Moriwaki Engineering.

Ini menandai upaya pabrik penuh pertama Honda dalam kejuaraan berbasis produksi sejak tahun 2002, tahun terakhir operasi Castrol Honda yang dijalankan oleh Honda UK yang menghasilkan dua gelar bersama Colin Edwards.

Camier dikontrak langsung oleh Honda dan dengan demikian tetap bersama tim baru, dan pembalap Inggris itu bergabung dengan Ryuichi Kiyonari (juara tiga kali British Superbike) yang terakhir berlomba di WSBK pada tahun 2009.

Jake Gagne, yang bersama Camier musim ini, telah dijatuhkan dan kemungkinan akan kembali ke MotoAmerica.

“Pertama saya sedikit terkejut karena HRC kembali ke Superbike, dan saya terkejut HRC memanggil saya,” kata Kiyonari, yang berlomba di seri All-Japan tahun ini dan memenangkan final Suzuka akhir pekan lalu.

“Sudah 10 tahun sejak saya berkompetisi di WSBK, saya sangat senang untuk bergabung dengan proyek besar ini. Saya memiliki pengalaman dua tahun di WSBK – pada tahun 2008 dan 2009 – dan itu sangat kompetitif.

“Tidak mudah menyelesaikan di enam besar, tetapi kami memiliki motor yang bagus dan tim yang bagus, jika saya bisa melakukan pekerjaan dengan baik, saya harap saya bisa mendapatkan hasil yang bagus.”

Dalam periode WSBK sebelumnya untuk Ten Kate Honda, Kiyonari mencetak tiga kemenangan dan berada ditempat kesembilan klasemen pada 2008, tetapi gagal untuk meraih podium tertinggi pada tahun 2009.

Dia kembali ke kejuaraan Inggris pada tahun 2010, mencetak gelar ketiga setelah 2006 dan 2007.

Baca Juga: Scott Redding Bakal Pindah ke British Superbike Tahun Depan

Mantan juara WSBK merapat ke BMW

Mantan juara World Superbike, Tom Sykes, akan bergabung dengan tim milik Shaun Muir musim depan bersama Markus Reiterberger untuk menghidupkan kembali kemitraan dengan BMW.

SMR menerjunkan mesin BMW di musim pertamanya di WSBK pada tahun 2016 untuk Karel Abraham dan Josh Brookes, tetapi beralih ke mesin Aprilia untuk 2017 ketika Noale kembali ke seri tersebut sebagai entitas karya.

Namun, keterlibatan Aprilia setelah tahun ini telah diragukan, dengan Muir memilih untuk kembali ke mesin BMW saat marque Jerman kembali ke WSBK dengan keterlibatan pabrik untuk pertama kalinya sejak 2013.

Sykes mengumumkan kepergiannya dari Kawasaki pada awal tahun, dan telah dikaitkan dengan peralihan ke SMR serta Ten Kate Honda dan tim GRT Yamaha.

Dia menempati posisi keempat klasemen setelah hanya sekali  menang tahun ini, dan tempatnya di KRT bersama Jonathan Rea (juara empat kali) akan diambil oleh Leon Haslam (pemenang British Superbike).

Juara Eropa Superstock 1000, Reiterberger, berlomba di WSBK pada tahun 2016 dengan Althea BMW, tetapi meninggalkan tim pada awal tahun 2017 untuk memulihkan diri dari cedera punggung yang dideritanya dalam kecelakaan di Misano pada tahun sebelumnya.

Dengan Sykes dan Reiterberger sekarang dikonfirmasi SMR, baik Eugene Laverty dan Lorenzo Savadori telah dipaksa keluar dari skuad berbasis Inggris.

Laverty terlihat di paddock MotoGP di Sepang akhir pekan lalu saat ia mempertimbangkan opsi untuk 2019.

Sementara itu, Marco Melandri telah muncul sebagai favorit untuk bergabung dengan Sandro Cortese (juara World Supersport) di tim GRT Yamaha, yang siap untuk melangkah ke WSBK pada 2019 mendatang.

Baca Juga: Juara World Superbike Bakal Hijrah ke MotoGP Tahun Depan ?

Line-up WSBK 2019 (sementara):

Tim Pembalap
Kawasaki  Jonathan Rea

 Leon Haslam

Ducati  Chaz Davies

 Alvaro Bautista

Crescent Yamaha  Alex Lowes

Netherlands Michael van der Mark

Honda  Leon Camier

Japan Ryuichi Kiyonari

BMW  Tom Sykes

Germany Markus Reiterberger

Puccetti Kawasaki  Toprak Razgatlioglu
Pedercini Kawasaki  Gabriele Ruiu
Barni Ducati  Michael Ruben Rinaldi
COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top