Connect with us

Hi, what are you looking for?

BYD

BYD YangWang U8 EREV, SUV yang Mampu Aman Terjang Banjir Tinggi

BYD YangWang U8 EREV_1a
BYD YangWang U8 EREV.

Autos.id – Baru-baru ini, BYD YangWang U8 EREV kembali mencuat setelah peluncurannya pada September tahun lalu. Mobil listrik tersebut viral karena berhasil menerjang banjir tinggi yang terjadi di Turki pada Maret lalu. Bahkan bukan hanya sekadar mampu menerjang banjir, tetapi mobil tersebut juga berhasil keluar dari genangan banjir dalam keadaan aman dan tidak ada kerusakan listrik pada komponennya. Pabrikan meluncurkan dua versi U8, yakni versi Premium dan Master Off-road. Diketahui, kedua versi tersebut dapat menembus banjir dengan kedalaman berbeda. Versi Premium dapat menembus banjir dengan kedalaman 1.000 milimeter dan versi Master Off-road bisa menembus banjir dengan kedalaman hingga 1.400 milimeter, karena versi ini dibantu dengan snorkel. Sungguh menarik bukan? Berikut informasi lebih lanjut tentang mobil listrik BYD YangWang U8 EREV.

Model Desain Tangguh dan Kekar

BYD YangWang U8 EREV_2b

BYD YangWang U8 EREV.

BYD YangWang U8 EREV dibuat dengan dimensi panjang 5.319 milimeter, lebar 2.050 milimeter, tinggi 1.930 milimeter, dan jarak sumbu roda 3.750 milimeter. Pabrikan membangun mobil listrik ini di atas platform e4 dengan sistem kontrol bodi hidrolik Disus-p, sehingga kendaraan bisa naik dan turun hingga 150 milimeter.

Selain itu, BYD YangWang U8 EREV juga dilengkapi dengan EREV atau Electric Range Extended Vehicle yang bertugas sebagai generator daya untuk baterai, namun tidak terhubung ke roda. Secara keseluruhan, mobil BYD YangWang U8 EREV memiliki tampilan kekar, gagah, dan boxy. Bodinya yang tinggi semakin menunjukkan keunggulannya. Rangka-rangkanya tampak terlihat dibuat dari material kuat.

Tampilan boxy itu terlihat dari bagian depan, belakang, dan bagian atap. Bumper bagian depan itu hampir memenuhi keseluruhan ruang bagian depan. Tepat di atas bumper, headlamp berbentuk garis vertikal dan horizontal ditata sedemikian rupa, sehingga tampak mengotak.

Memiliki empat pintu, mobil ini dapat diisi oleh 5 hingga 7 orang. Jendela samping hingga bagian belakang dibuat bergaya mobil Amerika dengan garis horizontal yang ditata vertikal untuk jendela bagian samping belakang. Pengguna dapat menyimpan ban cadangan pada ruang ban yang disediakan pabrikan di bagian belakang. Tepat berada di antara dua stoplamp berbentuk persegi.

Desain Interior yang Modern

BYD YangWang U8 EREV_4d

BYD YangWang U8 EREV.

Interior BYD YangWang U8 EREV sangat terlihat mewah. Dominasi warna coklat pasir terlihat mendominasi.

Kursi di baris pertama dipisahkan oleh konsol tengah tinggi dengan ruang penyimpanan. Bagian dashboard diisi dengan layar head unit, layar kecil sejajar dengan kursi penumpang depan, dan speedometer digital.

Tak hanya itu, penumpang di baris kedua juga bisa mendapatkan hiburan yang dipersonalisasi, karena terdapat dua layar yang ditempatkan tepat di punggung kursi baris pertama.

Melihat Spek Mesin Beserta Fitur-Fiturnya

BYD YangWang U8 EREV_3c

BYD YangWang U8 EREV.

Mobil listrik bongsor ini ditenagai oleh baterai blade 49,05 kWh yang dilengkapi dengan teknologi CTC atau Cell-to-Chassis dan mesin berkapasitas 2.000 cc turbo. Baterai tersebut dapat menempuh jarak hingga 180 kilometer dan akan bertambah 1000 kilometer jika dikombinasikan dengan bahan bakar sebanyak 75 liter. Dengan catatan, baterai harus dalam keadaan daya penuh.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mobil listrik ini adalah kemampuannya menerjang banjir. Hal ini dapat dilakukan karena BYD YangWang U8 EREV dilengkapi dengan mode genangan dan mode mengambang darurat.

Mode genangan adalah mode yang bertugas untuk memantau lingkungan, kedalaman air, status slip roda, dan lain sebagainya. Pemantauan ini dilakukan melalui sensor yang telah dibangun di dalamnya.

Sementara mode mengambang darurat adalah mode yang dapat aktif secara otomatis apabila mobil masuk ke air dengan melebihi batas kedalaman yang bisa dijangkau. Ketika mode tersebut aktif, otomatis mesin pembakaran akan mati.

Kedalaman air ditampilkan pada layar head unit. Kemudian Disus-P menaikkan suspensi ke tingkat maksimum. Begitu juga jendela, akan tertutup secara otomatis. Sunroof terbuka sebagai pintu keluar darurat dan AC dialihkan ke sirkulasi internal.

Harga BYD YangWang U8 EREV di Pasarannya

Harga kedua mobil U8 varian Premium dan Master Off-road, diperkirakan akan dijual seharga 1.089.000 yuan atau sekitar Rp2.000.000.000-an. Informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan, hubungi diler resmi BYD sekarang juga.

 

Baca juga: Honda e:N, SUV Mewah Dengan Performa Unggul di Kelasnya

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Motor

Autos.id – Motor listrik semakin menjadi pilihan populer di Indonesia karena berbagai keunggulan yang ditawarkannya, mulai dari efisiensi energi hingga dampak lingkungan yang lebih...

Motor

Autos.id – Penyaluran subsidi motor listrik dari pemerintah Indonesia sekarang belum maksimal karena belum mampu menarik minat para konsumennya. Realisasi program konversi motor berbasis...

Mobil

Autos.id – Meskipun memiliki kapasitas terbatas, mobil mungil memang selalu bisa diandalkan. Mampu melewati gang-gang sempit hingga bermanuver dengan tangkas di jalanan, terutama jalanan...

Motor

Autos.id – Motor listrik adalah inti dari revolusi transportasi berkelanjutan. Mereka tidak hanya mengurangi emisi karbon tetapi juga memberikan kinerja yang tangguh dan hemat...

error: Content is protected !!