Motor

Suzuki GSX nan Istimewa dan Eksklusif Hadir di Italia

GSX-R adalah andalan Suzuki di segmen motor sport fairing. Motor ini hadir dalam berbagai pilihan mesin, mulai dari 150 cc hingga 1.000 cc yang termasuk ke dalam kelas superbike.

Autos.id – Karena masuk ke dalam segmen superbike, otomatis Suzuki GSX-R1000R langsung menjadi saingan dari nama-nama beken seperti BMW S1000RR, Honda CBR1000RR, Kawasaki Ninja 1000, dan Yamaha R1.

Di Indonesia, persaingan antara Suzuki GSX-R1000R dengan semua pesaingnya yang disebutkan tadi memang tidak bisa dibilang sengit. Itu karena pasar superbike di Indonesia memang terbilang kecil.

Tapi lain cerita di Eropa. Superbike dengan kapasitas mesin 1.000 cc atau lebih memiliki peminat yang banyak sehingga persaingan motor jenis ini terjadi dengan cukup sengit di benua biru itu.

Paham dengan panasnya persaingan superbike di Eropa, Suzuki pun akhirnya menghadirkan Ryuyo, yang merupakan versi terbatas dari GSX-R1000R terbaru.

Suzuki Ryuyo merupakan versi istimewa dari GSX-R1000R

Ryuyo hanya hanya dibuat sebanyak 20 unit saja. Superbike ini punya beragam modifikasi dan part canggih, yang berasal dari GSX-RR, motor MotoGP Suzuki.

Buat yang ingin tahu kenapa motor ini diberi embel-embel nama Ryuyo, nama itu berasal dari lokasi dimana Suzuki meriset motor-motornya, baik untuk on-road maupun off-road.

Suzuki Italia menerapkan teknologi terbaik untuk GSX-1000RR ini, dimulai dari fairing karbon fiber. Air duct di depan juga diperbesar agar menambah pasokan angin, serta digunakan sepatbor dan pelindung rangka.

Tampilan motor balap makin kuat dari windshield plexiglass ala MotoGP serta joknya yang memakai karbon fiber, dengan neoprene untuk joknya. Riding position juga berubah, karena rearset digunakan GP EVO yang adjustable, dan setang clip-on dipakai Ergal yang lebih rendah.

Tidak hanya tampilannya saja yang sangar, kaki-kakinya juga dirombak agar makin baik performanya saat dipakai di sirkuit. Sebagian besar suspensi Suzuki Ryuyo memakai buatan Ohlins, seperti depan digunakan cartridge NIX 30, dan belakangnya dipilih TTX GP Mono. Steering damper juga dipakai dari Ohlins.

Suzuki Ryuyo memakai knalpot Yoshimura, dan suspensi didominasi produk Ohlins

Sektor pengereman didominasi merek Brembo, seperti master rem RCS 19, brake pad RCS, piringan T-Drive dan selang rem Z04. Ubahan lain di kaki-kaki ada di bannya, digunakan ban balap Dunlop KR108 depan, dan KR109 di belakang.

Keistimewaan utama Suzuki Ryuyo terletak pada mesinnya. Di sektor ini, Suzuki Italia menggunakan filter udara K&N, rantai dan gir DID GP Racing 520, serta knalpot Yoshimura R-11 Titanium yang membuat performa mesin empat silinder inline 999,8 cc milik GSX-R1000R jadi lebih responsif, dan tenaganya bisa lebih dari 212 dk.

Fitur andalan dari GSX-R100R seperti variable valve timing dan kontrol traksi, juga ditingkatkan dengan EM PRO control unit. Makanya Ryuyo punya kontrol untuk mengatur kontrol traksi, quick shifter, serta pembatas kecepatan saat di pit.

Superbike Suzuki ini akan diperkenalkan di EICMA pada November 2018 nanti, dengan banderol 29.990 Euro, atau sekitar Rp 525 juta. Harga tersebut dua kali lebih tinggi jika dibandingkan GSX-R1000R standar. Tertarik dengan Ryuyo? Booking akan dibuka 10 November nanti, di website Suzuki Italia.

Baca juga: https://www.autos.id/2018/09/06/generasi-kedua-bmw-s1000rr-siap-tampil-di-italia/

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top