Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Aston Martin DB11 vs Porsche 911, Beradu Sebagai Mobil Sport!

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911

Jakarta, Autos.id  –  Ada kelebihan masing-masing dari Aston Martin DB11 maupun Porsche 911, namun Aston Martin sedikit lebih unggul karena salah satu variannya pernah digunakan dalam film James Bond “Spectre”.

Berikut dibawah ini, fitur-fitur dari kedua mobil pabrikan eropa tersebut!

Desain

Aston Martin DB11 memiliki elemen khas dalam bentuk grille yang lebar dan meruncing, ventilasi samping yang terbagi, dan lampu belakang dua tingkat yang melengkung tajam dengan jelas mengidentifikasi DB11 sebagai Aston Martin.

Aston-Marin-DB11

Semua eksteriornya sangat aero-efisien, Misalnya, gagang pintu pas dengan bodi, rumah kaca berfungsi ganda sebagai ‘sayap’ mini, dan sistem Aston Martin ‘Aeroblade’ menyalurkan udara dari bukaan yang dibuat dengan hati-hati di dasar C-pilar, melalui bagian belakang mobil untuk menghasilkan downforce (dengan drag minimal) melintasi ventilasi lateral di trailing edge bootlid. Sebuah flap kecil naik pada “kecepatan tinggi” ketika stabilitas lebih diperlukan.

Adapun untuk interiornya, DB11 menampilkan kombinasi speedo-in-tacho digital 12,0 inci tengah, diapit oleh mesin yang dapat dikonfigurasi, kinerja, dan pembacaan media di kedua sisi. Aston memiliki bentuk dengan roda kemudi persegi dan DB11 datar di bagian bawah dan lurus di samping, memberikan pandangan yang jelas dari alat pengukur tanpa mengorbankan tujuan. Kombinasi trim kulit dan Alcantara (secara harfiah) adalah sentuhan yang bagus.

PORSCHE-911

Sedangkan bentuk dan fungsi layar multimedia 8,0 inci di bagian atas termasuk pengontrol putar yang dipasang di konsol dan touchpad, bersumber dari merek bintang berujung tiga.

Dalam mendesain Porsche 911 baru, meskipun jauh lebih besar, dengan tata letak mesin belakang mobil sebagai pendorong utama. Di depan, saluran tersembunyi di bagian atas kap (tutup boot depan) adalah ujung topi untuk generasi 911 sebelumnya, lampu depan terlihat sama dengan model keluaran tetapi mereka LED (empat jenis ditawarkan), dan gagang pintu pop-out elektrik.

Di dalam, desain dasbor akan langsung akrab bagi pemilik awal 911. Garis horizontal paralel mendefinisikan tepi atas dan bawahnya, dengan layar multimedia 10,9 inci yang ramping terintegrasi dengan rapi di tengah, dan lima sakelar di bawahnya yang memfasilitasi peralihan di antara fungsi-fungsi utama.

Dashboard DB11

Tampilan instrumen memungkinkan pengaturan lima tombol 911 klasik, atau beberapa tata letak lainnya untuk dikonfigurasikan di dua layar “bentuk bebas” 7,0 inci yang berada di kedua sisi tachometer analog tetap di tengah.

Roda kemudi baru, dengan drive mode dial yang muncul dari posisi jam empat pada mobil yang dilengkapi ‘Sport Chrono’, dan kursi yang didesain ulang sedikit lebih ringan yang dipangkas dengan kulit parsial.

Fitur-fitur

Aston Martin DB11 Dilengkapi dengan Alcantara headlining, roda kemudi multi-fungsi ‘Obsidian Black’ berlapis kulit, kursi depan yang dapat diatur dan dipanaskan secara elektrik (dengan tiga posisi memori), kaca spion luar berpemanas/melipat, sensor parkir depan dan belakang, dan 360 derajat Kamera parkir ‘Surround View’ (termasuk kamera depan dan belakang).

Dashboard-Porsche-911

Juga standar adalah cruise control, dual zone climate control, kluster instrumen elektronik (dengan tampilan khusus mode), keyless entry and start, multi-function trip computer, audio Aston Martin 400-Watt sistem (dengan integrasi smartphone dan USB, radio digital DAB dan streaming Bluetooth), ditambah layar multimedia kontrol sentuh 8,0 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Interior Porsche 911 dimulai dengan trim kulit parsial, lengkap dengan sisipan kain bergaya bendera kotak-kotak, jok sport berpemanas 14 arah yang dapat diatur secara elektrik (dengan paket memori), setir sport berbalut kulit, AC kontrol iklim zona ganda, ‘Porsche Communication Management’ (audio, navigation, communication and assistance systems), 12-speaker Bose Surround Sound-audio (termasuk radio digital), Apple CarPlay (tidak ada Android Auto), keyless entry and start, wiper penginderaan hujan, lampu depan otomatis LED, karakteristik ‘4-point’ LED daytime running lights plus lampu belakang LED, active cruise control, layar multimedia 10,9 inci, dan layar instrumen digital kembar 7,0 inci.

Mesin

DB11 mengadopsi mesin 5.2-liter, twin-turbo V12 adalah unit all-alloy, disetel untuk menghasilkan 470kW (naik 22kW pada model lama) pada 6500rpm, sambil mempertahankan torsi maksimum 700Nm DB11 sebelumnya dari 1500rpm sepanjang jalan hingga 5000rpm. Selain timing camshaft variabel ganda, engine ini dilengkapi intercooler air-ke-udara dan penonaktifan silinder, yang memungkinkannya bekerja sebagai V6 di bawah beban ringan.

Setir-Aston-Martin-DB11

Penggerak roda belakang melalui transaxle otomatis delapan kecepatan (konverter torsi) yang bersumber dari ZF dengan shift knob yang dikalibrasi ulang untuk perpindahan yang lebih cepat dalam mode Sport dan Sport+ yang lebih agresif. Dan limited-slip differential menjadi fitur standarnya.

Adapun mesin 911 yang dipasang di belakang, all-alloy 3.0 liter, twin-turbo flat enam silinder sekarang dilengkapi injektor piezo bertekanan tinggi dan turbo yang lebih besar untuk tenaga lebih (+22kW) dan torsi (+30Nm), dengan output membaca 331kW ( 444 tenaga kuda) pada 6500rpm dan 530Nm dari 2300-5000rpm.

Tidak hanya turbo lebih besar, mereka sekarang dicerminkan dan berputar ke arah yang berlawanan, di mana mereka sebelumnya identik dan berputar dengan cara yang sama. Ini semua tentang keseimbangan dan tekanan pengisian malam hari. Transmisi kopling ganda ‘PDK’ delapan kecepatan baru mengemas set gigi yang sepenuhnya direvisi, dan rasio penggerak akhir lebih panjang. Kecepatan maksimum (308km/jam di CS) dicapai pada gigi keenam.

Setir-Porsche-911

Safety

Aston Martin DB11 dilengkapi ABS, EBD, EBA, kontrol traksi, Dynamic Stability Control (DSC), Positive Torque Control (PTC) dan Dynamic Torque Vectoring (DTV); bahkan sistem pemantauan tekanan ban, dan kamera surround view. Sayangnya tidak dilengkapi penghindaran tabrakan yang lebih baru seperti active cruise control, bling-spot monitoring, lane-departure warning, rear cross traffic alert, dan terutama AEB. .

Namun jika tabrakan tidak dapat dihindari, ada banyak back-up berupa dual-stage driver dan airbag penumpang depan, airbag sisi depan (panggul dan dada), serta airbag tirai dan lutut. Kedua posisi kursi belakang menawarkan tambatan atas dan jangkar ISOFIX untuk lokasi kapsul bayi dan kursi anak.

Sedangkan Porsche 911 dilengkapi ABS, BA, peringatan tabrakan ke depan, bantuan perubahan jalur, kontrol stabilitas dan traksi, dan AEB (beroperasi hingga 85km/jam). Dan juga ‘Parking Distance Control’ (depan dan belakang) dan sistem pemantauan tekanan ban.

Aston-Marin-DB11-tampak-belakang

‘Mode Basah’ standar menggunakan sensor di lengkungan roda untuk menangkap suara percikan air dari ban. Ini kemudian memprakondisikan rem dan sistem kontrol lainnya saat memperingatkan pengemudi, yang kemudian dapat menekan tombol atau menggunakan tombol putar pada roda kemudi (paket ‘Sport Chrono’) untuk mengubah mode.

Setelah diaktifkan, Mode Basah menghubungkan ‘Porsche Stability Management’ (PSM), ‘Porsche Traction Management’ (PTM), aerodinamika mobil yang dapat disesuaikan, dan sistem ‘Porsche Torque Vectoring (PTV) Plus’, untuk mengatur mobil sebaik mungkin stabilitas.

Tetapi jika semua itu gagal untuk menghindari tabrakan, jumlah airbag menjadi enam (depan ganda, sisi depan ganda dan dada ganda). Dan kedua posisi kursi belakang menggabungkan tether atas dan jangkar ISOFIX untuk lokasi kursi anak/kapsul bayi.

Porsche-911-tampak-belakang

Harga

Aston Martin DB11 tersedia dalam 11 pilihan warna yaitu Appletree Green, China Grey, Concours Blue, Orange, Yellow, Skyfall Silver, Midnight Blue, Magnetic, Jet Black, Kopi Bronze dan Diavolo Red. Dan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 7,7 miliar.

Adapun Porsche 911 tersedia dalam 15 pilihan warna yaitu Agate Grey Metallic, Black, Carrara White, Carmine Red, Graphit Gray Metallic, Silver Metallic, Guard Red, Jet Black Metallic, Lava Orange, Miami Blue, Night Blue Metallic, Racing Yellow, Rhodium Silver Metallic, Sapphire Blue Metallic dan White. Sedangkan untuk harga dibandrol mulai dari Rp 3,3 miliar hingga Rp 5,9 miliar

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

Mobil

Porsche 911 Sport Classic ini akan lebih menekankan beberapa sentuhan elemen klasik yang dibalut dengan nuansa yang lebih modern. Autos.id – Baru-baru ini, produsen...