Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP vs Ducati Panigale V4, Unggul Mana?

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya

Jakarta, Autos.id  –  Honda CBR1000RR-R Fireblade SP yang bak Godzilla roda dua dari Jepang dan satu lagi merupakan stallion kebanggaan Italia bernama Ducati Panigale V4. Yuk kita lihat apa sih yang membuat kedua motor ini sangat spesial. Walau ada perbedaan 100 cc di antara mesin empat silinder segaris Fireblade dengan mesin Desmo milik V4, keduanya memiliki kemampuan yang hampir serupa di atas kertas.

Fireblade mengeluarkan tenaga yang sedikit lebih besar, tetapi Panigale memiliki torsi yang lebih besar dan beratnya lebih ringan. Untuk Fireblade, website Jepang Young Machine membagikan footage dari kamera yang dipasang pada dashboardnya.

Kita bisa melihat bahwa rider bisa menyentuh angka kecepatan sebesar 299 km/jam atau 186 mph. Walaupun speedometernya sudah merah, kita bisa lihat jarumnya masih terus merangkak naik dan deru mesin yang semakin menjadi. Hal yang sama juga bisa kita lihat pada si Ducati. Untuk memahami bagaimana performa motor saat awal digeber, sebuah video dari Blinz Racin TV memperlihatkan bahwa rider bisa menyentuh angka 298 km/jam sebelum speedometernya mati. Serupa dengan Fireblade, Panigale V4 masih bisa terus digeber dalam kecepatan yang lebih tinggi.

Fitur

Walau output dan tenaga adalah dua hal yang paling dilihat dari sportbike, menilik fakta bahwa kedua motor ini punya harga yang sama mahalnya dengan sebuah mobil, Untuk Fireblade, Honda meminjam sasis dan mesin dari motor MotoGP kebanggaan mereka, yakni RC213V.

Mesinnya dirancang ramping sehingga lebih ringan dan lebih mudah dipasangkan ke rangka serta memiliki stang seher titanium, piston forging aluminium dan rocker arm finger follower. Bore dan strokenya sama dengan milik RC sebesar 81 mm x 48,5 mm dan rasio kompresi sebesar 13,0:1. Mesinnya dipadukan dengan transmisi enam percepatan dan teknologi quick shift.

Sedangkan untuk sasisnya, Honda menggunakan frame twin-spar aluminium yang rigiditas vertikal, horizontal, dan torsionalnya sudah ditingkatan dan dipasangkan dengan swingarm yang lebih panjang dibandingkan dengan milik CBR standar pada umumnya. Winglet aerodinamis dipasang langsung ke fairing motor untuk menghasilkan downforce yang mengimbangi kecepatan motor. Sedangkan untuk rodanya, Honda memilih untuk menggunakan ban 17 inci di depan dan belakang.

Sementara itu, Ducati memilih sasis aluminium alloy yang dilengkapi dengan swingarm aluminium satu sisi yang dipasangkan dengan roda 17 inci. Winglet yang terpasang pada Panigale ditempatkan di atas fairing yang membuatnya terlihat seperti tulang rahang.

Dikutip dari webike, pabrikan Italia memperkenalkan mesin Desmosedici Stradale V4 yaitu  sebuah mesin yang terinspirasi dari teknologi MotoGP namun dengan tenaga yang lebih besar 103 cc. Pistonnya didesain sedemikian rupa untuk menghasilkan raungan khas Desmosedici. Dua set silinder di kanan dan kiri mesin bekerja hampir bersamaan untuk menciptakan kesan dentuman kembar. Sama dengan Fireblade, Panigale punya transmisi enam percepatan dengan quick shifter.

Harga

Perbedaan terbesar Fireblade dan Panigale adalah kasta keduanya dalam perusahaan. CBR1000RR-R duduk di posisi teratas sportbike Honda, sementara V4 adalah model dasar sebelum V4 S dan V4 R. Untuk harga sebuah Fireblade, tersedia dalam dua pilihan warna, Red dan Black Pearl yang ditawarkan dengan harga Rp 1,08 miliar OTR Jakarta. Sedangkan Ducati Panigale V4 hanya tersedia satu warna yaitu Red dan dijual dengan harga Rp 799 juta OTR Jakarta.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

Berita Otomotif

Siapkan saldo e-Toll Anda sebelum mudik Lebaran agar dapat mengurangi kemacetan di gerbang tol! Jakarta, Autos.id  –  Tarif tol Trans Jawa sudah dipersiapkan oleh...