Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Perubahan Yamaha R1 dari Masa ke Masa

Transformasi Yamaha R1

Autos.id – Perubahan Yamaha R1 sudah terjadi beberapa kali, sejak awal perilisannya hingga sekarang ini, mari simak ulasan berikut ini.

Yamaha R1 merupakan salah satu motor sport dari series R hasil produksi dari Yamaha, motor satu ini menjadi kasta tertinggi di seriesnya karena dibekali kapasitas mesin yang besar yakni 1.000 cc.

Perjalanan evolusi Yamaha R1 di mulai sejak tahun 1998 hingga sekarang ini yakni tahun 2023.

Yamaha R1 Seri Pertama (1998)

Sumber: enoanderson.com

Perjalanan Yamaha R1 di mulai di tahun 1998 yang merupakan pengembangan dari motor Yamaha TZF1000R Thunderrace, pengembangan motor ini dikerjakan oleh Kunihiko Miwa dan tim nya.

Yamaha R1 seri pertama memiliki beberapa keunggulan seperti menggunakan sekaligus empat karburator Keihin CV dan disematkan pula teknologi milik Yamaha yaitu Exhaust Ultimate Power Valve (EXUP) yang memilki fungsi untuk mengontrol aliran buangan gas.

Yamaha R1 Seri Kedua (2000)

Yamaha R1 Seri kedua

Sumber: motorcyclespecs.co.za

Perubahan yang terjadi pada motor ini yakni ditingkatkannya pada sektor mesin, seri kedua menggunakan noken AS yang lebih ringan dan juga ditambahkannya oli internal yang berperan untuk melumasi Journal Noken AS tersebut.

Selain mesin, tampilan seri kedua ini pun tak luput dari perubahan seperti desain headlamp dan body samping.

Yamaha R1 Seri Ketiga (2002)

Yamaha R1 Seri ketiga

Sumber: enoanderson.com

Pada seri ketiga Yamaha R25 mengalami perubahan yang signifikan, pada sektor tampilan motor ini di desain agar terlihat tajam.

Selain pada sektor desain, pada bagian mesin pun turut mengalami perombakan yaitu dengan mengganti sistem bahan bakar karburator dengan sistem bahan bakar injeksi.

Yamaha R1 Seri Keempat (2004)

Yamaha R1 Seri keempat

Sumber: motorcyclespecs.co.za

Yang membedakan seri ini daripada seri sebelumnya yaitu pada rangka motor yang menggunakan Deltabox V, yang di seri ketiga sebelumnya menggunakan Deltabox III.

Selain itu pada bagian belakang motor ini di tempati dua silincer knalpot yang terdapat pada bagian bawah jok guna memberikan kemampuan cornering yang baik.

Yamaha R1 Seri Kelima (2006)

Yamaha R1 Seri kelima

Sumber: motorcyclespecs.co.za

Seri Kelima tidak mengalami perubahan yang signifikan, perubahan terjadi hanya pada warna yang di sematkan guna memperingati 50 tahun Yamaha Racing Color dan merupakan edisi terbatas yang di jual hanya 1,000 unit saja.

Velg alumunium pun dipasangkan pada seri ini yang memiliki bobot lebih ringan dibandingkan pelek yang dipakai sebelumnya.

Yamaha R1 Seri Keenam (2007)

Yamaha R1 Seri keenam

Sumber: enoanderson.com

Pada seri ini tampilan bodi mengalami sedikit perubahan  dengan pen-detailan pada lekukan bodi, sedangkan pada dapur pacu terjadi perubahan yang cukup signifikan, di seri sebelumnya Yamaha menggunakan mesin Genesis yang berkolaborasi dengan teknologi EXUP. Namun pada seri ini Yamaha menggunakan mesin empat silinder yang disusun sejajar, menggunakan DOHC dan empat klep pada masing-masing silinder.

Yamaha R1 Seri Ketujuh (2009 – 2014)

Yamaha R1 Seri ketujuh

Sumber: motorcyclespecs.co.za

Seri ketujuh dari Yamaha R1 ini mengalami beberapa perubahan, salah satu nya pada bagian desain yang di buat lebih futuristik dan tajam yang dapat membuat kesan lebih sangar dibanding seri sebelumnya,

selain pada segi tampilan, seri ketujuh menyematkan teknologi teranyar mereka yakni D-Mode Thottle Control Valve Mapping yang memberikan tiga mode berkendara, yaitu Mode Standard, Mode A dan Mode B.

Yamaha R1 Seri Kedelapan (2015 – 2021)

seri kedelapan

Sumber: monkeymotoblog

Yamaha R1 seri kedelapan diubah secara signifikan mulai dari tampilan, dapur pacu hingga teknologi yang disematkan.

Pada tampilan, motor ini dibuat lebih ringan, lebih ramping dan lebih gesit dibanding seri sebelumnya, pada bagian mesin, motor ini dibekali dengan mesin inline-4 crossplane crankshaft yang lebih bertenaga dibandingkan mesin yang dipakai pada seri sebelumnya yang meningkatkan tenaga pada motor ini sebesar 18 daya kuda dari pendahulunya.

TFT Dash Interface yang merupakan perangkat elektronik guna membantu pengendara mengetahui kondisi rill pada saat itu pun di sematkan pada motor ini.

Yamaha R1 Seri Kesembilan (2023)

 Seri kesembilan

Sumber: sukoharjonews.com

Seri kesembilan sekaligus seri terakhir pada saat ini mengalami beberapa perubahan seperti pada segi tampilan yang mengusung tema aerodinamika hingga mengembangkan bagian mesin yang diklaim dapat mencapai kecepatan 293 km/jam.

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Yamaha R1 edisi spesial ini merupakan edisi spesial untuk merayakan kemenangan Toprak Razgatlioglu meraih juara dunia Superbike 2021. Autos.id – Yamaha Eropa baru-baru ini...

Ducati

Last updated on 31 Januari, 2019 Sepanjang 2018 lalu, Ada beberapa produk baru yang diluncurkan dan teknologi baru yang dipasangkan Ducati ke beberapa motornya....

Motor

Last updated on 23 Januari, 2019 Suzuki seolah tak pernah kehabisan inovasi terhadap GSX-R100. Setelah menghadirkan GSX-R1000 Ryuyo untuk pasar Italia, sekarang giliran GSX-R1000...

Motor

Generasi baru Suzuki Hayabusa seolah sedang menjadi topik terhangat dalam dunia sepeda motor saat ini. Satu lagi rumor baru yang muncul tentang Suzuki Hayabusa...

error: Content is protected !!