Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

5 Tips Berkendara dengan Honda Beat di Jalur Tanjakan

Honda Beat_1a
Honda Beat.

Last updated on 19 April, 2024

Autos.id – Jalur tanjakan menjadi jalur yang paling berat bagi para pengendara, baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Berbagai kejadian kecelakaan pernah terjadi. Mulai dari kendaraan mundur, mati mesin, terguling, menabrak, hingga jatuh ke jurang. Baru-baru ini, terdapat kejadian sebuah motor Beat berasap ketika berada di jalur tanjakan. Asap tersebut dinilai keluar bukan dari knalpot, melainkan area CVT. Dikutip dari informasi media, Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor menduga hal tersebut dapat terjadi karena pengendara membawa beban overload dalam kondisi tanjakan. Berdasarkan perkiraannya, asap tersebut keluar dari kopling dan belt. Untuk mengetahui penyebab jelasnya, ia menyarankan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan di bengkel pada bagian CVT kendaraan. Bagi Anda yang sedang berkendara dengan Honda Beat di tanjakan, simak beberapa tips berikut sebagai panduan untuk berkendara di jalur tanjakan.

Cek Kondisi Motor

Honda Beat_2b

Honda Beat.

Pengecekan kondisi motor penting dilakukan untuk semua merek dan tipe kendaraan. Bahkan tidak hanya penting dilakukan ketika Anda bepergian jauh, akan lebih baik jika memiliki jadwal pengecekan secara berkala. Dengan begitu, upaya ini dapat meminimalisir Anda dari insiden-insiden kecelakaan.

Lakukan pengecekan kondisi motor secara menyeluruh. Ganti komponen-komponen yang aus atau rusak dan tambahkan hal-hal yang perlu ditambahkan.

Mulai dari oli mesin, aki motor, air radiator, busi, v-belt, bahan bakar, rem, kompling, bearing, CVT, ban, tekanan ban, hingga filter udara.

Ambil Ancang-Ancang

Ketika berkendara, selalu ambil ancang-ancang sebelum tiba di tanjakan. Sebelum itu, penting untuk mengetahui medan yang akan dilalui. Dengan begitu, Anda bisa memposisikan apakah harus membesarkan gas atau menarik tuas rem.

Pun hal ini juga memungkinkan motor kuat menanjak, karena kecepatan digiring perlahan ketika mendekati tanjakan. Tidak langsung mengeluarkan kecepatan tinggi di awal.

Gunakan Kombinasi Rem Depan dan Rem Belakang

Honda Beat_3c

Honda Beat.

Jalur tanjakan merupakan jalur rawan meluncur ke depan maupun ke belakang. Gunakan kombinasi rem depan dan belakang untuk menanggulangi hal ini. Anda tidak dapat memilih salah satu diantara keduanya, karena dapat menyebabkan motor terguling ke kiri atau ke kanan.

Hal ini menjadi bahaya jika dilakukan pada jalur tanjakan menikung. Oleh karena itu, gunakan perpaduan keduanya.

Berdasarkan fungsinya, rem belakang memungkinkan Anda mengatur kecepatan motor, sedangkan rem depan berfungsi untuk mengantisipasi potensi mundur ke bawah karena motor tidak kuat menanjak. Salah cara menggunakan rem depan dapat mengakibatkan Anda celaka.

Selalu Perhatikan Depan dan Spion untuk Melihat Belakang

Penting juga bagi pengendara untuk tetap fokus ke depan dan sesekali melihat spion untuk mengecek kondisi belakang. Hal ini memungkinkan pengendara menanggulangi hal-hal darurat yang mungkin terjadi di jalur tanjakan.

Terlebih ketika situasi macet dan di depan ada kendaraan yang mengalami slip atau meluncur ke bawah. Hindari memainkan HP ketika Anda sedang memegang setir kemudi. Sebab hal ini bisa mencelakakan diri sendiri.

Lakukan Manuver Zig-Zag

Honda Beat_4d

Honda Beat.

Ketika berkendara di jalur tanjakan, Anda bisa melakukan manuver zig-zag atau berjalan seperti huruf Z. Manuver ini memungkinkan mesin tidak keberatan saat berjalan naik di tanjakan. Mengingat, dengan manuver ini posisi jalan dan motor bisa menjadi landai, sehingga kerja kendaraan juga lebih ringan.

Namun, hal ini hanya bisa dilakukan apabila kondisi jalan cukup sepi. Hindari melakukan manuver zig-zag ketika jalan ramai dan padat.

Sebab hal ini bisa membahayakan Anda dan pengendara lainnya. Terlebih jalur yang sedang dilalui adalah jalur tanjakan yang umumnya memiliki sisi jurang di beberapa bagian.

 

Baca juga: Apa Yang Menarik Dari Honda Stylo 160? Salah Satunya Ini!

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

Motor

Last updated on 21 Mei, 2024 Autos.id – Honda merilis motor skuter matik (skutik) terbarunya bernama New Honda Giornio+. Tetapi, motor skutik tersebut merilisnya...

Motor

Autos.id – Motor listrik telah menjadi sorotan utama dalam industri otomotif modern, menawarkan alternatif ramah lingkungan dan hemat energi bagi pengguna. Dalam konteks ini,...

Mobil

Last updated on 3 Mei, 2024 Autos.id – Setelah sukses merancang konsep bersama dengan pabrikan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, Honda luncurkan produk terbaru mereka,...

error: Content is protected !!