Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Panduan Upgrade Ukuran Pelek Mobil yang Benar dan Aman

Contoh mobil yang sudah mengganti pelek

Last updated on 14 September, 2018

Dengan meningkatkan ukuran pelek, maka penampilan mobil kita akan jadi lebih menarik. Tapi, penggantiannya tak boleh dilakukan secara sembarangan

Jakarta, Autos.id – Untuk membuat tampilan luar mobil jadi makin menarik, banyak orang yang melakukan modifikasi upgrade ukuran pelek.

Bahkan demi membuat tampilan luar mobilnya jadi makin beda dengan yang lain, tidak sedikit orang yang tak ragu untuk memasang ukuran pelek yang maksimal pada mobilnya.

Sebenarnya, tidak salah jika ada orang yang memasang ukuran pelek maksimal pada mobilnya. Hanya saja, kita tidak boleh melakukannya secara sembarangan, dan ada beberapa hal yang harus diperbatikan.

“Sah-sah saja untuk memasang pelek dengan ukuran yang maksimal buat mobil kita. Tapi, pastikan ukuran pelek itu tidak membuat ban jadi mentok dengan fender,” ujar Ferry Gumilar, punggawa Revolution Wheels yang bermarkas di Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Ferry menerangkan, jika ban sampai mentok dengan fender, maka tentunya itu dapat menyulitkan kita ketika hendak melakukan manuver. Lebih parahnya lagi, dalam jangka panjang, itu dapat memperpendek usia pakai ban.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga harus kita perhatikan apabila memutuskan untuk memakai pelek dengan ukuran yang maksimal.

Pastikan Anda memakai pelek yang pas dengan mobil Anda

Setelah pelek berukuran maksimal itu terpasang pada mobil Anda, perhatikan per dan kaliper remnya. Karena jika kedua komponen itu tidak proporsional dengan pelek yang dipakai, maka sebaiknya Anda juga harus menggantinya.

Peningkatan ukuran pelek yang maksimal dan diiringi dengan penggantian kaliper rem dan per sebenarnya adalah suatu hal yang perlu untuk dilakukan.

Alasannya adalah, dengan menggunakan ukuran per dan kaliper rem yang tepat, maka itu akan lebih menjamin keselamatan kita saat mengemudikan mobil yang sudah menggunakan pelek berukuran besar.

Di luar soal penggantian ukuran pelek yang maksimal. Jika Anda ingin meningkatkan ukuran pelek mobil Anda, untuk keselamatan dan kemudahan, dianjurkan untuk meningkatkan ukuran pelek sebanyak dua inci dari standarnya.

“Kalau memang mau meng-upgrade ukuran pelek mobil, sebaiknya pasang yang ukurannya dua inci lebih besar dari ukuran aslinya. Sebab pemasangannya akan lebih mudah, lebih aman di jalan, serta tidak banyak komponen kaki-kaki yang perlu dirubah,” tambah Ferry.

Masih menurut Ferry, pria ramah ini bilang kalau jika tak mau repot mengubah komponen kaki-kaki, maka langkah yang paling tepat adalah memasang pelek yang ukurannya satu inci lebih besar.

Pemasangan pelek berukuran satu inci lebih besar terbilang mudah dan praktis karena pengerjaannya hanya dilakukan secara plug and play, alias tinggal lepas dan pasang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

error: Content is protected !!