Connect with us

Hi, what are you looking for?

Maserati

Maserati Quattroporte EV Hadir di 2028 Mendatang, Mengapa?

Maserati Quattroporte EV_1a
Maserati Quattroporte EV. (Sumber: Motor1.com)

Autos.id – Perkembangan kendaraan listrik pada saat ini memang sedang menjadi daya tarik tersendiri bagi berbagai pabrikan otomotif di dunia, tak terkecuali bagi Maserati. Produsen mobil mewah asal negeri Italia ini memang turut hadir untuk menghadirkan varian model terbarunya dalam bentuk mobil listrik yaitu Maserati Quattroporte EV. Namun, ada kabar bahwa model tersebut baru akan meluncur di pasaran otomotifnya pada tahun 2028 mendatang. Lantas, apa yang terjadi hingga peluncurannya baru akan dilakukan dalam beberapa tahun mendatang? Berikut adalah informasinya yang bisa diketahui lebih lanjut bagi para pecinta otomotifnya!

Awalnya Dijadwalkan di Tahun 2025

Maserati Quattroporte EV_2b

Maserati Quattroporte EV. (Sumber: Autocar)

Sedan generasi ketujuh, yang akan dibangun di pabrik Mirafiori milik perusahaan induk Stellantis di Turin, Italia, akan menjadi pengganti bertenaga baterai yang lebih kecil, lebih mewah, untuk V8 Maserati Quattroporte saat ini dan saudara kandungnya yang lebih kecil, Maserati Ghibli.

Sedianya akan diluncurkan pada awal tahun 2025, namun Maserati mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menunda rencana produksi dan menetapkan tahun rilis baru pada tahun 2028.

Maserati memutuskan untuk menunda EV karena “tidak perlu mengambil risiko pada tingkat performa mobil baru”, kata pihak perusahaan otomotif yang berbasis di negara Italia tersebut dalam berita yang didapat dari beberapa media otomotif internasional.

Ingin Hadirkan EV MC20 dan SUV Listrik

Pertama kali diumumkan pada tahun 2020, versi listrik dari supercar Maserati MC20 kini akan dirilis pada tahun 2025. Awalnya, Maserati menyarankan agar MC20 Folgore akan menampilkan powertrain tri-motor 700 hp.

Meskipun Maserati belum membocorkan informasi apa pun tentang MC20 Folgore sejak itu, Alfa Romeo 33 Stradale yang diproduksi terbatas akan berbagi fondasinya dengan MC20 dan akan menawarkan varian listrik dengan 750 tenaga kuda dan jangkauan sekitar 240 mil.

Selain itu, Maserati juga dikabarkan ingin hadirkan varian model listrik SUV terbarunya yang dapat bersaing di pasaran otomotif dunia pada kelasnya tersebut.

Nantinya, MC20 Folgore akan diikuti oleh SUV listrik besar baru pada tahun 2027. Ini adalah pertama kalinya Maserati menyebutkan model ini, dan mungkin akan berbagi platform dan powertrainnya dengan Jeep Wagoneer S listrik yang akan datang dimana akan meramaikan pada varian kelasnya itu.

Target 2030 Hadirkan Semua Model EV

Maserati MC20 Folgore_3c

Maserati MC20 Folgore. (Sumber: Automotiv World)

Pada tahun 2030, Maserati bertujuan untuk memiliki jajaran produk listrik saja, namun tidak ada lagi model pembakaran produksi seri baru yang akan diluncurkan sebelum tanggal tersebut.

Inisiatif elektrifikasi yang dilakukan oleh produsen mobil ini adalah bagian dari rencana strategis Stellantis Dare Forward 2030 yang lebih besar yang diumumkan pada tanggal 1 Maret 2022.

Strategi ini memposisikan merek mewah tersebut sebagai segmen yang sepenuhnya matang dalam matriks organisasi, memastikan bahwa semua model baru dari merek tersebut akan menggunakan fitur listrik powertrain.

Sebelum Quattroporte hadir, merek asal Italia tersebut akan meluncurkan Maserati MC20 Folgore tahun depan dan Maserati Levante Folgore pada 2027. Maserati Grancabrio Folgore akan tiba dalam beberapa bulan mendatang.

Namun sebelum ketiga model tersebut tiba, Maserati akan meluncurkan versi convertible dari grand tourer listriknya, dengan GranCabrio Folgore yang akan diluncurkan tahun ini. Maserati mengatakan setiap model baru yang dirilisnya akan menggunakan tenaga listrik.

Sementara itu, Quattroporte bertenaga gas akan segera keluar, dan versi sedan Ghibli dan crossover Levante bertenaga V-6 akan tetap dalam bentuknya yang sekarang hingga akhir siklus hidup produknya saat ini.

 

Baca juga: Punya Banyak Update, Intip Mazda MX-5 Miata Versi Terbarunya!

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Motor

Autos.id – Demam kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya hadir dalam bentuk kendaraan roda empat saja yang bisa dihadirkan di dalam pasaran otomotifnya. Untuk...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil listrik di Indonesia mampu menghadirkan tren yang cukup positif di pasarannya. Lewat adanya sisi...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id – Kendaraan listrik pada saat ini memang tengah berkembang di pasaran otomotif dunia dan juga di Indonesia....

Mobil

Last updated on 16 Februari, 2024 Autos.id – Pabrikan otomotif asal Jerman yaitu Porsche kini semakin memantapkan dalam memproduksi varian kendaraan listrik atau EV...

error: Content is protected !!