Motor

Ngintip Potensi GPX Racing Buat Jadi Saingan Motor Sport Jepang

GPX Racing

GPX Racing merupakan pabrikan roda dua asal Thailand yang tahun lalu membawa tiga produk anyarnya di Bangkok Motor Show. Mungkinkah motor ini ke Indonesia ?

Kuala Lumpur, Autos.id – Kawan Autos… Di negara tetangga kita, Malaysia lagi kenceng-kencengnya nih ngebahas tentang motor baru dari GPX Racing. Hah? Motor apaan tuh? Motor buat balap ya? Tenang… Yuk kita bahas sedikit demi sedikit.

GPX Racing adalah pabrikan roda dua dari Thailand. Sebenarnya brand ini sudah ada sejak 2007, namun produksinya baru berjalan di 2009. Nah lama tak terdengar tajinya, pada Bangkok Motor Show tahun lalu GPX Racing memperkenalkan beberapa produk terbarunya.

“Tahun lalu GPX Racing memperkenalkan beberapa produk terbarunya. Antara lain Gentleman 200, Demon 150-GN, dan Demon 150GR. Ketiga motor ini menyasar segmen yang berbeda”

Antara lain Gentleman 200, Demon 150-GN, dan Demon 150GR. Ketiga motor ini menyasar segmen yang berbeda. Kalau Gentleman 200 motor bergaya retro klasik, sementara itu Demon 150-GN dan Demon 150GR merupakan motor sport 150 cc. Bedanya untuk 150-GN berjenis naked bike, sedangkan 150GR pakai tema full fairing.

GPX Racing

Gentleman 200

Yang menarik untuk disimak adalah ketiga motor baru dari GPX Racing ini punya paket penampilan yang begitu menarik. Bahkan boleh dibilang bisa jadi rival berat dari motor-motor pabrikan Jepang. Misalnya saja Gentleman 200 yang bisa head to head dengan Kawasaki W175, atau Demon 150-GN yang bisa bersaing dengan GSX S-150, sementara Demon 150GR bisa banget buat ngelawan GSX R-150 dari Suzuki.

Gentleman 200 menggunakan mesin 197 cc 4-tak silinder tunggal. Desainnya retro namun bertubuh kekar. Shock depan sudah pakai upside down, sedangkan ban depannya pakai double cakram. Joknya model single seater dengan jahitan merah yang kontras.

Untuk Demon 150-GN dan Demon 150GR menggunakan mesin 149 cc silinder tunggal dengan sistem pendingin udara. Gearbox pakai 6 percepatan, suspensi depan juga sudah upside down dan dibelakang monoshock. Lampu utamanya sudah pakai LED kemudian panel instrumennya juga sudah full digital menggunakan layar LED.

GPX Racing

Demon 150-GN

Setelah tampil di Bangkok Motor Show 2017, GPX Racing mulai memperkenalkan produknya di Malaysia. Model Gentleman 200 dan Demon 150-GN adalah yang pertama kali diperkenalkan, menyusul model Demon 150GR. Nah setelah dari Malaysia, perusahaan itu juga membidik Kamboja, Filipina dan Singapura untuk memasarkan produk-produknya.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Negara kita memang belum dijadikan target market dari GPX racing. Namun dengan populasi sepeda motor di dalam negeri yang jauh lebih besar dari Singapura, maka sudah barang tentu ini menggoda produsen untuk memasarkannya di Indonesia.

Tetapi jika GPX mau masuk Indonesia pastinya butuh persiapan jaringan dealer dan service center yang memadai untuk dinikmati seluruh konsumen yang tersebar di pelosok Nusantara. Kalau itu mereka lakukan, GPX boleh jadi akan diperhitungkan.

GPX Racing

Demon 150GR

Pasalnya, ketiga motor ini dipasarkan di Malaysia dengan harga yang begitu menggoda. Untuk Gentleman 200 dibanderol sekitar Rp 36,5 jutaan, sedangkan Demon 150-GN harganya Rp 26,5 jutaan. Dan Demon 150GR meski belum diumumkan, tetapi dijanjikan tidak akan terpaut jauh dari Demon 150-GN.

Comments
To Top