Tips

Rem Cakram Motor Seret, Ini Cara Mengatasinya!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pernah merasakan rem cakram motor seret atau susah untuk digunakan? Jangan panik, ikuti beberapa cara mengatasinya dari seorang mekanik berikut ini!

Jakarta, Autos.id – Pernahkah Anda panik lantaran rem cakram motor seret padahal motor sedang melaju kencang? Ya, rasa panik tersebut rupanya wajar lantaran rem adalah tonggak keselamatan pengendara sepeda motor di jalan.

Bayangkan bila tiba-tiba rem motor mendadak susah digunakan? Hal ini tentu saja membuat setiap pengendara harus selalu lebih waspada saat melajukan kendaraannya.

Seperti yang kita tahu, di era serba modern sekarang ini, perkembangan rem sepeda motor kian menampakkan sisi elegannya. Sala satu buktinya ialah makin digemarinya rem cakram.

membersihkan piringan mencegah rem cakram motor seret

Kini, produsen sepeda motor mulai beralih menanggalkan rem model tromol dan beralih ke teknologi yang lebih modern yaitu piringan cakram. Selain tampilannya yang lebih elegan dan modern, rem yang satu ini disebut lebih pakem ketimbang rem tromol.

Meski begitu, seiring berjalannya waktu ada kemungkinan rem cakram motor seret atau mengalami kerusakan-kerusakan tanpa kita sadari. Hal ini senada dengan penjelasan Daniel, seorang mekanik SBM Motor.

Seperti yang dikutip dari laman tempo.co(13/11/2017) seorang mekanik Surabaya SBM Motor bernama Daniel mengatakan bahwa sistem pengereman adalah piranti kelengkapan motor yang perannya sangat vital.

“Sistem pengereman merupakan piranti kelengkapan kendaraan yang sangat vital”

Daniel lebih lanjut menjelaskan vitalnya sistem pengereman lantaran menyangkut soal keselamatan jiwa pengendara tersebut maupun pengendara yang saat bersamaan berada di jalanan yang sama.

Menurutnya, salah satu penyebab rem cakram motor seret ialah karena adanya debu atau kotoran yang berada di bagian master rem. Apabila debu tersebut tidak segera dibersihkan maka dapat merusak piringan cakram itu sendiri.

Karena itu, cara praktis untuk mencegah rem cakram cepat rusak atau seret ialah dengan melakukan perawatan secara berkala. Hal ini dilakukan agar rem tatap prima saat digunakan dan demi menjaga keselamatan saat berkendara.

Hal lain yang terjadi bila bagain master rem motor jarang dibersihkan ialah bagian tersebut cepat berkarat dan kotoran akan semakin mengendap di dalamnya dan lebih sulit untuk dihilangkan.

Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel. Caranya siapakan kunci L, semprotan dan kain yang bersih.

Pertama, buka kaliper yang ada pada piringan cakram dengan menggunakan kunci L. Kedua, setelah terlepas semprot bagian celah piston kecil dan karet master rem hingga benar-benar bersih.

Apabila kesulitan membuka lantaran tidak mempunyai kunci L Anda dapat memanfaatkan obeng min. Congkel bagian karet master rem dengan menggunakan obeng min.

Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah karena Anda tidak perlu sampai melepaskan kaliper. Setelah itu, semprot hingga bersih dan lap menggunakan kain terutama pada bagian cakram.

Untuk mencegah rem cakram motor seret lakukan perawatan tersebut setiap satu minggu satu kali. Bila kampas rem sudah mulai aus, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top