Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Rem Cakram Motor Seret, Ini Cara Mengatasinya!

Last updated on 11 September, 2023

Pernah merasakan rem cakram motor seret atau susah untuk digunakan? Jangan panik, ikuti beberapa cara mengatasinya dari seorang mekanik berikut ini!

Jakarta, Autos.id – Pernahkah Anda panik lantaran rem cakram motor seret padahal motor sedang melaju kencang? Ya, rasa panik tersebut rupanya wajar lantaran rem adalah tonggak keselamatan pengendara sepeda motor di jalan.

Bayangkan bila tiba-tiba rem motor mendadak susah digunakan? Hal ini tentu saja membuat setiap pengendara harus selalu lebih waspada saat melajukan kendaraannya.

Seperti yang kita tahu, di era serba modern sekarang ini, perkembangan rem sepeda motor kian menampakkan sisi elegannya. Sala satu buktinya ialah makin digemarinya rem cakram.

membersihkan piringan mencegah rem cakram motor seret

Kini, produsen sepeda motor mulai beralih menanggalkan rem model tromol dan beralih ke teknologi yang lebih modern yaitu piringan cakram. Selain tampilannya yang lebih elegan dan modern, rem yang satu ini disebut lebih pakem ketimbang rem tromol.

Meski begitu, seiring berjalannya waktu ada kemungkinan rem cakram motor seret atau mengalami kerusakan-kerusakan tanpa kita sadari. Hal ini senada dengan penjelasan Daniel, seorang mekanik SBM Motor.

Seperti yang dikutip dari laman tempo.co(13/11/2017) seorang mekanik Surabaya SBM Motor bernama Daniel mengatakan bahwa sistem pengereman adalah piranti kelengkapan motor yang perannya sangat vital.

Daniel lebih lanjut menjelaskan vitalnya sistem pengereman lantaran menyangkut soal keselamatan jiwa pengendara tersebut maupun pengendara yang saat bersamaan berada di jalanan yang sama.

Baca juga: Rem Motor Anda Bergetar? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Menurutnya, salah satu penyebab rem cakram motor seret ialah karena adanya debu atau kotoran yang berada di bagian master rem. Apabila debu tersebut tidak segera dibersihkan maka dapat merusak piringan cakram itu sendiri.

Karena itu, cara praktis untuk mencegah rem cakram cepat rusak atau seret ialah dengan melakukan perawatan secara berkala. Hal ini dilakukan agar rem tatap prima saat digunakan dan demi menjaga keselamatan saat berkendara.

Hal lain yang terjadi bila bagain master rem motor jarang dibersihkan ialah bagian tersebut cepat berkarat dan kotoran akan semakin mengendap di dalamnya dan lebih sulit untuk dihilangkan.

Cara Merawat Rem Motor

Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel. Caranya siapakan kunci L, semprotan dan kain yang bersih.

Pertama, buka kaliper yang ada pada piringan cakram dengan menggunakan kunci L. Kedua, setelah terlepas semprot bagian celah piston kecil dan karet master rem hingga benar-benar bersih.

Apabila kesulitan membuka lantaran tidak mempunyai kunci L Anda dapat memanfaatkan obeng min. Congkel bagian karet master rem dengan menggunakan obeng min.

Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah karena Anda tidak perlu sampai melepaskan kaliper. Setelah itu, semprot hingga bersih dan lap menggunakan kain terutama pada bagian cakram.

Untuk mencegah rem cakram motor seret lakukan perawatan tersebut setiap satu minggu satu kali. Bila kampas rem sudah mulai aus, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Pastikan juga minyak rem yang Anda gunakan sudah sesuai dengan penggunaan, seperti minyak rem DOT 3 atau DOT 4.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!