Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Penyebab Bodi Mobil Miring dan Solusinya

Ilustrasi bodi mobil miring.
Ilustrasi bodi mobil miring. (Sumber: INDOPARTS)

Last updated on 3 Agustus, 2023

Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya.

Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat parkir, bodi mobil cenderung miring ke salah satu sisi? Hal ini bisa menjadi akibat dari adanya kerusakan pada sistem suspensi mobil Anda. Lalu, apa yang menyebabkan bodi mobil menjadi miring?

Setiap kendaraan diproduksi dengan perhitungan yang tepat dan presisi. Sehingga, baik bagian depan maupun belakang, sisi kiri dan kanan harus seimbang. Namun, seiring penggunaan yang dilakukan, masalah bodi mobil miring bisa timbul di kemudian hari.

Bodi mobil memang dapat terlihat miring ke salah satu sisi. Selain tidak estetis, gejala bodi miring juga dapat menjadi pertanda adanya masalah pada komponen mobil.

Apa Penyebab Bodi Mobil Miring Sebelah?

Suspensi jadi salah satu penyebab bodi mobil miring.

Suspensi jadi salah satu penyebab bodi mobil miring. (Sumber: Dokter Mobil)

Bodi mobil miring bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah sering melintasi jalan berlubang hanya pada satu sisi mobil. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada salah satu komponen suspensi mobil.

Penyebab lainnya adalah sering membawa beban berlebihan hanya di satu sisi mobil. Misalnya, sering membawa barang dengan berat yang tidak seimbang, atau selalu meletakkan barang di sisi tertentu pada bagian mobil tersebut. Atau bisa juga disebabkan oleh berat badan pengemudi yang berlebihan dan sering mengemudi sendirian. Semua faktor ini dapat menyebabkan bodi mobil menjadi miring.

Baca juga: Penyebab Kaca Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

Cara Memeriksa Bodi Mobil

Ilustrasi memeriksa bodi mobil.

Ilustrasi memeriksa bodi mobil. (Sumber: Hyundai)

Untuk mengecek apakah bodi mobil Anda miring atau tidak, cobalah untuk parkir di tempat yang datar. Lalu, perhatikan kondisi bagian kiri dan kanan, depan, serta belakang mobil. Ukur tinggi jarak bodi mobil ke aspal (ground clearance) pada bagian depan, belakang, kiri, dan kanan. Pastikan semua memiliki jarak yang sama. Jika tidak, itu menunjukkan bahwa bodi mobil Anda miring.

Penyebabnya kemungkinan adalah komponen bushing dan karet-karet pada suspensi sudah rusak atau robek. Misalnya, karet mounting sambungan bodi dan sasis, atau karet penyangga sokbreker.

Bisa juga kondisi sokbreker itu sendiri yang sudah rusak, seperti oli bocor atau gas habis. Periksa juga ball joint, stabilizer, dan per mobil Anda. Seiring penggunaan, komponen-komponen ini dapat mengalami masa pakai habis dan menyebabkan bodi mobil menjadi miring.

Baca juga: Tips Merawat dan Memperbaiki Bodi Mobil

Apa Solusi Ketika Bodi Mobil Miring?

Ilustrasi memperbaiki bodi mobil miring.

Ilustrasi memperbaiki bodi mobil miring. (Sumber: Hyundai)

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut:

Pertama, pastikan tekanan angin pada semua ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan yang tepat akan membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas mobil, mengurangi kecenderungan bodi mobil miring saat bermanuver atau berbelok.

Kedua, periksa dan pastikan suspensi mobil dalam kondisi baik. Suspensi yang aus atau rusak dapat menyebabkan bodi mobil miring, terutama saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang. Pemeriksaan dan perawatan rutin pada sistem suspensi akan membantu mencegah masalah ini.

Selanjutnya, pastikan beban dalam mobil terdistribusi secara merata. Overload di satu sisi mobil dapat menyebabkan miring. Jadi, sebelum perjalanan, pastikan barang bawaan ditempatkan secara seimbang.

Kemudian, lakukan pengecekan pada komponen roda dan sistem pengereman. Ban yang aus, rem yang kendur, atau masalah pada sistem pengereman dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan miring saat berkendara.

Penting juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ban. Bersihkan ban dari kerikil atau benda asing lainnya yang mungkin menempel, karena hal ini dapat menyebabkan masalah keseimbangan saat mobil bergerak.

Baca juga: Serba-Serbi Spring Buffer: Cara Kerja dan Bahayanya

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!