Tips

Ini Penyebab Rem Motor Bergetar

Rem motor kadang mengalami getaran saat kita melakukan pengereman. Hal ini terjadi karena keausan pada kampas tidak rata sehingga gesekannya tak seimbang.

Jakarta, Autos.id – Rem motor dalam kondisi tertentu kadang mengalami trouble, apalagi bila motor tersebut sudah memiliki kilometer diatas 50 ribu. Biasanya rem motor sudah mengalami getaran.

Hal ini terjadi karena biasanya kampas rem sudah terkikis dengan tidak seimbang atau merata sehingga ketika pedal atau stang rem ditekan ada getaran yang kecil yang keluar dari cakram sehingga sangat mengganggu.

Penyebab lain rem bergetar karena kampas rem kotor dan tidak bekerja maksimal karena ada kotoran mengganjal diantara kampas dan cakram. Biasanya debu atau serpihan pasir yang membuat kanpas tidak bergerak rata.

“Hal ini terjadi karena biasanya kampas rem sudah terkikis dengan tidak seimbang atau merata sehingga ketika pedal atau stang rem ditekan ada getaran yang kecil yang keluar dari cakram sehingga sangat mengganggu”

Kampas rem mulai aus

Kotoran ini pula yang membuat kompas rem tidak aus dengan rata, karena itu saat pengereman pemotor merasakan getaran pada bagian ban. Pada konsisi hujan rem bakan mengelurkan bunyi jerit yang sangat tajam.

Untuk itu, sebelum masalah kampas sampai merembet ke rumah cakram motor sebaiknya kampas rem dibersihkan atau dalam tingkat ekstrim keausan langsung diganti agar tidak merugi lebih banyak.

Bila kondisi keausan sudah menjalar ke cakram sehingga cakram bergelombang, sebaiknya pemotor membawa cakram ke tukang bubut untuk diratakan agar kembali bekerja normal. Jangan pernah mengabaikan masalah ini karena sangat berbahaya untuk keselamatan.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top