Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Mau Beli Mobil Bekas Hyundai? Simak Tips Ini Dulu

Ilustrasi logo mobil Hyundai.
Ilustrasi logo mobil Hyundai. (Sumber: Hyundai Indonesia)

Last updated on 24 Januari, 2024

Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan.

Autos.id – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan bijak untuk mendapatkan kendaraan yang handal tanpa harus mengeluarkan budget sebanyak membeli mobil baru. Hyundai, sebagai salah satu produsen mobil terkemuka, menawarkan berbagai pilihan mobil berkualitas.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas Hyundai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pembelian Anda menjadi investasi yang tepat. Berikut adalah tips lengkap untuk memastikan bahwa mobil bekas Hyundai yang Anda pilih benar-benar layak dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Mobil-mobil bekas Hyundai.

Mobil-mobil bekas Hyundai. (Sumber: Pixabay)

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa tips yang perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas merk Hyundai. Yaitu:

1. Cek Mesin

Mesin adalah jantung dari setiap mobil, dan keadaan mesin yang baik sangat penting untuk kinerja kendaraan secara keseluruhan. Saat memeriksa mobil bekas Hyundai, buka kap mesin dan periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran minyak atau cairan lainnya. Pastikan juga bahwa mesin hidup dengan lancar tanpa suara yang mencurigakan. Minta pemilik sebelumnya untuk memberikan riwayat perawatan mesin dan pastikan bahwa perawatan rutin telah dilakukan.

2. Cek Getaran

Getaran yang tidak wajar pada mobil dapat menjadi indikasi masalah pada sistem roda atau transmisi. Saat menguji mobil, perhatikan getaran yang terjadi saat mesin hidup dan berjalan. Getaran yang berlebihan atau tidak wajar bisa menjadi tanda adanya masalah pada komponen kendaraan. Pastikan juga untuk melakukan uji jalan dan perhatikan apakah ada getaran yang terasa saat mengemudi dengan kecepatan berbeda.

3. Cek Cairan

Periksa tingkat cairan pada mobil, termasuk minyak mesin, cairan pendingin, dan cairan rem. Cairan yang rendah atau terlihat kotor dapat menjadi pertanda bahwa mobil tidak mendapatkan perawatan yang baik. Pastikan untuk mengganti atau mengisi cairan yang diperlukan sebelum mengambil keputusan pembelian.

Baca juga: Inilah 4 Mobil Bekas Tahun 90an yang Masih Memiliki Daya Tarik

4. Cek Kelistrikan

Periksa kelistrikan mobil bekas Hyundai.

Periksa kelistrikan mobil bekas Hyundai. (Sumber: YouTube)

Kelistrikan mobil adalah aspek penting yang perlu diperiksa. Pastikan semua lampu, klakson, wiper, dan sistem kelistrikan lainnya berfungsi dengan baik. Periksa juga baterai mobil untuk memastikan bahwa daya tahan baterai masih cukup dan tidak menunjukkan tanda-tanda kelemahan.

5. Cek Fitur Keselamatan

Keselamatan adalah prioritas utama dalam setiap kendaraan. Pastikan mobil bekas Hyundai yang Anda pilih dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti airbag, rem anti-blokir (ABS), sistem kontrol stabilitas, dan rem cakram. Periksa apakah semua fitur tersebut berfungsi dengan baik saat diuji.

6. Cek Fitur Kenyamanan

Selain keselamatan, kenyamanan saat berkendara juga penting. Pastikan fitur-fitur seperti AC, sistem audio, kursi yang dapat diatur, dan fitur-fitur kenyamanan lainnya berfungsi dengan baik. Periksa juga kelengkapan perangkat hiburan dan konektivitas yang mungkin dimiliki oleh mobil.

Baca juga: AC Mobil Tiba-Tiba Panas? Ini Bagian yang Harus Dicek

7. Cek Suspensi

Periksa suspensi mobil Hyundai.

Periksa suspensi mobil Hyundai. (Sumber: Hyundai Indonesia)

Suspensi yang baik memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan stabil. Periksa suspensi mobil dengan menguji mobil di berbagai kondisi jalan. Perhatikan apakah ada suara aneh atau getaran yang tidak wajar saat melewati jalan bergelombang atau berlubang.

8. Cek Sasis dan Bodi

Periksa kondisi sasis dan bodi mobil untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan struktural atau tanda-tanda kecelakaan yang serius. Periksa apakah ada cat yang terkelupas atau retak, yang dapat menjadi indikator adanya masalah pada bodi mobil.

Baca juga: SUV Bekas Berapa harganya?

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Mobil bekas menjadi solusi bagi seseorang yang ingin memiliki roda empat, namun apakah ada yang harganya Rp7 jutaan? Autos.id – Mencari mobil bekas yang...

Mobil

Last updated on 16 Februari, 2024 Autos.id – Pada saat ini, Hyundai merupakan salah satu merk mobil yang cukup digandrungi oleh para pecinta otomotif...

Hyundai

Autos.id – Pabrikan otomotif asal negeri Korea Selatan yaitu Hyundai memang sedang gencar menghadirkan model-model kendaraan terbarunya di pasarannya. Dari berbagai model yang ada,...

Daftar Harga Mobil

Hyundai merupakan produsen kendaraan roda empat atau mobil yang cukup laris di pasar Indonesia. Autos.id – Hyundai menawarkan beragam pilihan mobil bekas dengan harga...

error: Content is protected !!