Tips

Astaga, Inilah Efek Mencuci Motor Saat Mesin Panas!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Wow, ternyata efek mencuci motor saat mesin panas mengerikan! Bisa-bisa beberapa komponen motor Anda jadi retak karena kebiasaan tersebut.

Jakarta, Autos.id ­– Sudah tahukah Anda efek mencuci motor saat mesin panas yang ternyata mengerikan? Mencuci motor barangkali adalah rutinitas setiap pemilik kendaraan terlebih pada saat musim hujan. Hal ini karena motor akan lebih mudah terkena kotoran.

Mengatasi hal tersebut banyak pemilik kendaraan terutama di kota-kota besar memilih pergi ke tempat pencucian motor. Namun, tanpa disadari kebiasaaan ini berdampak buruk. Salah satunya pada bagian-bagian motor yang sensitif.

Ya, kebiasaan mencuci motor dalam kondisi mesin yang masih panas masih belum banyak disadari oleh kebanyakan orang. Kebanyakan pemilik motor ingin segera mendapatkan motor yang bersih tanpa memperhatikan mesin motor sudah dingin atau belum.

mencuci motor saat mesin panas bisa mengakibatkan knalpot menguning

Padahal, hal tersebut kerapkali menimbulkan kerusakan fatal yang tidak kita sadari. Tahukah Anda bahwa bagian logam yang terdapat pada komponen motor serta air dingin yang digunakan pada saat pencucian adalah dua hal yang bertentangan

Ketika besi sedang dalam keadaan panas dan langsung terkena air dingin maka terjadi perubahan suhu yang drastis. Perubahan suhu secara mendadak tersebutlah yang memicu efek mencuci motor saat mesin panas.

Seperti yang dilansir dari laman Viva.co.id(12/11/2017), Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) dalam situs resmi Honda menyebutkan bahwa efek buruk dari kebiasaan mencuci motor saat masih panas ialah blok mesin menjadi retak.

“Kasus yang pernah terjadi blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas”

Ia juga menambahkan penjelasannya bahwa hukum fisika menyebutkan, pada saat terjadi perubahan suhu secara mendadak akan terjadi perubahan. Dalam kasus ini misalnya saja besi atau logam menjadi rusak atau retak.

Tak hanya itu, rupanya efek mencuci motor saat mesin panas memang tidak sepenuhnya bisa dilihat dan dirasakan secara langsung. Namun, apabila hal tersebut dilakukan berulang-ulang maka kita bisa melihat beberapa komponen menjadi cepat rusak lantaran waktu pencucian motor yang tidak tepat.

Salah satu komponen motor yang paling mudah rusak lantaran kebiasaan buruk tersebut ialah knalpot motor. Lihatlah bagian pipa knalpot motor. Mungkin saja pipa knalpot motor Anda terasa cepat rusak.

Hal ini ditandai dengan besi yang mulai menguning. Tak hanya itu saja, model krom juga pastinya lebih cepat mengelupas. Lebih dari itu, efek mencuci motor saat mesin panas lainnya yaitu timbul bercak atau noda pada beberapa bagian mesin. Ini terjadi lantaran kandungan deterjen pada sabun yang mengering dan melekat di bagian yang panas.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top