Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Astaga, Inilah Efek Mencuci Motor Saat Mesin Panas!

Last updated on 3 Mei, 2023

Wow, ternyata efek mencuci motor saat mesin panas mengerikan! Bisa-bisa beberapa komponen motor Anda jadi retak karena kebiasaan tersebut.

Jakarta, Autos.id ­– Sudah tahukah Anda efek mencuci motor saat mesin panas yang ternyata mengerikan? Mencuci motor barangkali adalah rutinitas setiap pemilik kendaraan terlebih pada saat musim hujan. Hal ini karena motor akan lebih mudah terkena kotoran.

Mengatasi hal tersebut banyak pemilik kendaraan terutama di kota-kota besar memilih pergi ke tempat pencucian motor. Namun, tanpa disadari kebiasaaan ini berdampak buruk. Salah satunya pada bagian-bagian motor yang sensitif.

Ya, kebiasaan mencuci motor dalam kondisi mesin yang masih panas masih belum banyak disadari oleh kebanyakan orang. Kebanyakan pemilik motor ingin segera mendapatkan motor yang bersih tanpa memperhatikan mesin motor sudah dingin atau belum.

Baca juga: Cucian Motor Murah dan Bagus ini Triknya

mencuci motor saat mesin panas bisa mengakibatkan knalpot menguning

Padahal, hal tersebut kerapkali menimbulkan kerusakan fatal yang tidak kita sadari. Tahukah Anda bahwa bagian logam yang terdapat pada komponen motor serta air dingin yang digunakan pada saat pencucian adalah dua hal yang bertentangan

Ketika besi sedang dalam keadaan panas dan langsung terkena air dingin maka terjadi perubahan suhu yang drastis. Perubahan suhu secara mendadak tersebutlah yang memicu efek mencuci motor saat mesin panas.

Seperti yang dilansir dari laman Viva.co.id(12/11/2017), Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) dalam situs resmi Honda menyebutkan bahwa efek buruk dari kebiasaan mencuci motor saat masih panas ialah blok mesin menjadi retak.

“Kasus yang pernah terjadi blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas”

Ia juga menambahkan penjelasannya bahwa hukum fisika menyebutkan, pada saat terjadi perubahan suhu secara mendadak akan terjadi perubahan. Dalam kasus ini misalnya saja besi atau logam menjadi rusak atau retak.

Tak hanya itu, rupanya efek mencuci motor saat mesin panas memang tidak sepenuhnya bisa dilihat dan dirasakan secara langsung. Namun, apabila hal tersebut dilakukan berulang-ulang maka kita bisa melihat beberapa komponen menjadi cepat rusak lantaran waktu pencucian motor yang tidak tepat.

Salah satu komponen motor yang paling mudah rusak lantaran kebiasaan buruk tersebut ialah knalpot motor. Lihatlah bagian pipa knalpot motor. Mungkin saja pipa knalpot motor Anda terasa cepat rusak.

Hal ini ditandai dengan besi yang mulai menguning. Tak hanya itu saja, model krom juga pastinya lebih cepat mengelupas. Lebih dari itu, efek mencuci motor saat mesin panas lainnya yaitu timbul bercak atau noda pada beberapa bagian mesin. Ini terjadi lantaran kandungan deterjen pada sabun yang mengering dan melekat di bagian yang panas.

Baca juga: Mencuci Motor Setelah Terkena Hujan, Penting Lho Ini Alasannya!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 3 Juni, 2024 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!