Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Shockbreaker Belakang Yamaha Mio Keras? Ini Penyebab dan Solusinya

Shockbreaker Yamaha Mio M3 125.
Shockbreaker Yamaha Mio M3 125. (Sumber: Yamaha Indonesia)

Last updated on 31 Mei, 2024

Tingkat kekerasan pada shockbreaker belakang Yamaha Mio menentukan kenyamanan pengendara.

Autos.id – Shockbreaker memiliki peran yang penting dalam sepeda motor matic termasuk Yamha Mio. Jika shockbreaker mengalami kerusakan, hal ini dapat membuat pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara.

Karena pentingnya fungsi shockbreaker, pengguna sepeda motor matic perlu memperhatikan komponen ini. Jika kondisinya tidak optimal, hal ini dapat sangat berbahaya dan menyebabkan kecelakaan.

simak artikel menarik lain tentang masalah yamaha gear

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kinerja shockbreaker menjadi kurang optimal. Diambil berbagai sumber, berikut adalah penyebab dan solusi jika shockbreaker sepeda motor Anda terasa keras dan mengalami kerusakan.

Shockbreaker belakang Yamaha Mio rusak.

Shockbreaker belakang Yamaha Mio rusak. (Sumber: Bonsaibiker)

Penyebab dan Solusi untuk Shockbreaker Belakang Yamaha Mio yang Keras

1. Terlalu Banyak Pelumas

Salah satu penyebab shockbreaker terasa keras adalah penggunaan minyak pelumas yang melebihi kapasitas standar yang ditentukan. Hal ini menyebabkan efek bantingan yang keras saat sepeda motor melintasi jalan berlubang.

baca artikel menarik lain tentang shock belakang matic paling empuk

Namun, jika pelumas terlalu sedikit, hal ini juga tidak baik karena dapat berdampak buruk pada kinerja shockbreaker itu sendiri.

Shockbreaker belakang Yamaha Mio.

Shockbreaker belakang Yamaha Mio. (Sumber: Tokopedia)

2. Garpu Suspensi Bengkok

Faktor lain yang dapat membuat shockbreaker terasa keras adalah garpu suspensi yang mengalami bengkok. Hal ini dapat menyebabkan bantingan yang keras, terutama saat melintasi jalan berlubang dengan kecepatan tinggi.

Solusi terbaik jika garpu suspensi bengkok adalah membawa sepeda motor ke bengkel untuk diperbaiki segera. Perlu diingat bahwa shockbreaker yang terasa keras dapat membahayakan Anda dan menyebabkan kelelahan tubuh yang cepat.

Baca juga: Mending Mana, Ganti Shockbreaker Atau Servis Shockbreaker?

Ilustrasi memperbaiki shockbreaker belakang Yamaha Mio.

Ilustrasi memperbaiki shockbreaker belakang Yamaha Mio. (Sumber: YouTube Siboen Chanel)

3. Penggantian Pelumas Shockbreaker

Selain mengganti oli mesin secara rutin, penting juga untuk memperhatikan penggantian pelumas pada shockbreaker. Hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja yang optimal dalam meredam guncangan saat melintasi lubang atau jalan bergelombang.

simak artikel menarik lain tentang biaya ganti shockbreaker motor

Setelah semua komponen telah diganti dengan yang baru, disarankan untuk mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang wajar. Kurangi kecepatan saat melintasi jalan berlubang atau polisi tidur. Jika sepeda motor dipaksa untuk melaju dengan kecepatan tinggi, shockbreaker dapat cepat rusak dan membahayakan Anda.

4. Ganti dengan Shockbreaker Aftermarket

Per pada shock belakang Mio memang tergolong keras. Sebenarnya hal ini ditujukan untuk mencari kestabilan pengendara. Bila per suspensi terlalu empuk, bantingannya akan terlalu mengayun dan membuat motor kurang stabil.

Tapi bila tetap ingin yang lebih empuk, cobalah ganti dengan shockbreaker matic aftermarket. Kami telah merangkum beberapa rekomendasi shockbreaker yang bagus untuk motor matic. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Oli shockbreaker depan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan penggantiannya secara berkala. Autos.id – Pada saat mengendarai motor matic, kenyamanan dan performa yang...

Berita Otomotif

Last updated on 6 Juli, 2023 Mungkin banyak yang belum tahu seperti apa shockbreaker belakang sepeda motor yang gunakan tabung. Autos.id – Semakin berkembangnya...

Berita Otomotif

Tanjakan seringkali jadi masalah tersendiri bagi pengendara motor matic, apa sebabnya? Autos.id – Saat kita mengendarai motor, kita akan melewati berbagai jenis trek atau...

Tips

Mio merupakan salah satu model sepeda motor matic yang jadi andalan Yamaha. Autos.id – Yamaha Mio telah menjadi salah satu sepeda motor matic paling...

error: Content is protected !!