Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ini Cara Kerja Shockbreaker Tabung Sepeda Motor

shockbreaker dengan tabung
Shockbreaker tabung pada sepeda motor. (Sumber: Moladin)

Last updated on 6 Juli, 2023

Mungkin banyak yang belum tahu seperti apa shockbreaker belakang sepeda motor yang gunakan tabung.

Autos.id – Semakin berkembangnya industri sepeda motor, terdapat peningkatan inovasi pada setiap komponennya. Salah satunya adalah bagian shockbreaker. Pada sepeda motor saat ini, shockbreaker dilengkapi dengan tabung tambahan.

Tabung tersebut bukanlah sekadar elemen dekoratif, melainkan memiliki fungsi yang penting. Tabung pada shockbreaker berperan penting dalam mengatur redaman. Di dalam tabung tersebut terdapat piston, nitrogen, dan oli. Namun, bagaimana sebenarnya cara kerjanya?

Shockbreaker tabung.

Shockbreaker tabung. (Sumber: JPNN)

Fungsi dan Cara Kerja Tabung Shockbreaker Motor

Pada prinsipnya, ketika shockbreaker menerima tekanan, piston di dalam tabung akan didorong oleh oli. Setelah itu, piston yang terdorong akan diatur dan distabilkan oleh tekanan nitrogen.

Selain fungsi tabung shockbreaker adalah sebagai penstabil redaman, nitrogen juga memiliki peran penting dalam mendinginkan oli shockbreaker. Hal ini disebabkan oleh panas yang dihasilkan saat shockbreaker bekerja.

Proses pasang shockbreaker tabung.

Proses pasang shockbreaker tabung. (Sumber: Dunia Motor)

Selain dua fungsi tersebut, tabung pada shockbreaker juga sering digunakan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan. Umumnya, pemeriksaan tabung dan shockbreaker dilakukan setiap 10.000 km hingga 15.000 km sekali, dan jika diperlukan, penggantian oli juga harus dilakukan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Shockbreaker untuk Motor Matic Paling Bagus

Shockbreaker Standar.

Shockbreaker Standar. (Sumber: Honda Cengkareng)

Apa Bedanya Shockbreaker Tabung dan Shockbreaker Standar?

Shockbreaker tabung (juga dikenal sebagai shockbreaker gas atau shockbreaker nitrogen) dan shockbreaker standar (juga dikenal sebagai shockbreaker konvensional) adalah dua jenis sistem suspensi yang digunakan pada kendaraan bermotor. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Desain dan Konstruksi

  • Shockbreaker Tabung: Shockbreaker tabung memiliki rongga internal yang diisi dengan gas, seperti nitrogen. Mereka memiliki tabung luar yang menampung gas dan tabung dalam yang berisi minyak. Desain ini membantu menjaga suhu dan konsistensi kinerja shockbreaker saat digunakan dalam kondisi yang berat. Mereka juga biasanya dilengkapi dengan katup pengaturan untuk mengatur kekencangan pegas dan redaman.
  • Shockbreaker Standar: Shockbreaker standar menggunakan desain konvensional dengan tabung yang berisi minyak saja. Mereka biasanya memiliki sistem pegas dan peredam dalam satu unit yang terintegrasi.

Performa

  • Shockbreaker Tabung: Shockbreaker tabung menawarkan performa yang lebih baik dalam menyerap guncangan dan getaran di jalan. Mereka dapat memberikan respons yang lebih cepat dan lebih stabil saat melewati ketidakrataan jalan. Dalam kondisi ekstrem, seperti berkendara dengan kecepatan tinggi atau melalui jalur yang sangat bergelombang, shockbreaker tabung mampu menjaga kestabilan kendaraan dengan lebih baik.
  • Shockbreaker Standar: Shockbreaker standar juga mampu menyerap guncangan, tetapi performanya biasanya lebih baik pada kondisi jalan yang lebih rata dan pada kecepatan yang lebih rendah. Mereka umumnya memberikan kenyamanan yang cukup baik dalam keadaan normal.

Harga

  • Shockbreaker Tabung: Shockbreaker tabung biasanya lebih mahal daripada shockbreaker standar. Ini karena desain yang lebih kompleks dan penggunaan bahan-bahan yang lebih canggih, seperti tabung gas dan katup pengaturan.
  • Shockbreaker Standar: Shockbreaker standar cenderung lebih terjangkau karena desain yang lebih sederhana dan penggunaan bahan-bahan yang lebih umum.

Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Oli Shock Depan Sepeda Motor Anda Harus Segera Diganti

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada sepeda motor adalah kondisi lampunya, dimana bisa mengalami masalah. Autos.id – Lampu pada sepeda motor merupakan salah...

Aksesoris

Filter udara berperan sebagai penapis atau penghambat debu dan kotoran di jalan. Kemudian, apa saja jenis-jenisnya? Autos.id – Filter udara merupakan salah satu komponen...

Tips

Oli shockbreaker depan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan penggantiannya secara berkala. Autos.id – Pada saat mengendarai motor matic, kenyamanan dan performa yang...

Tips

Tingkat kekerasan pada shockbreaker belakang Yamaha Mio menentukan kenyamanan pengendara. Autos.id – Shockbreaker memiliki peran yang penting dalam sepeda motor matic termasuk Yamha Mio....

error: Content is protected !!