Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Lotus Eletre EV Resmi Meluncur, SUV Bermesin Listrik Bertenaga 600 HP

Lotus Eletre EV Resmi Meluncur, SUV Bermesin Listrik Dengan Tenaga 600 HP

Lotus Eletre EV ini nantinya akan masuk ke segmen permium crossover listrik dan melawan beberapa nama lainnya seperti BMW iX ataupun Mercedes-Benz EQB.

Autos.id  –  Setelah lama menunggu akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba. Baru-baru ini Lotus baru saja memperkenalkan mobil listrik terbaru mereka yang dinamakan Eletre EV. Mobil ini akan masuk ke segmen premium crossover dengan tetap mengedepankan semangat sports car yang sporty tetapi dengan utilitas yang sebaik mobil SUV atau crossover.

Lotus Eletre EV ini akan mulai di produksi serta di kirimkan ke konsumen pada awal tahun 2023 ke beberapa wilayah seperti Eropa, Inggrsi, serta Tiongkok.

Lotus Eletre EV Resmi Meluncur, SUV Bermesin Listrik Dengan Tenaga 600 HP

Crossover Bermesin Listrik

Dalam acara peluncurannya, Lotus sendiri menjelaskan alasan memberikan nama Eletre pada mobil listrik terbarunya ini yang diambil dari beberapa Bahasa di kawasan Eropa Timur yang berarti hidup kembali. Lotus sendiri mengklaim bahwa mobil ini mobil ini membawa semangat mobil elektrifikasi yang tetap mengedepankan rasa berkendara di atas segalanya.

Lotus Eletre EV ini hadir dibawah platform terbaru Lotus khusus untuk mobil listrik. Nantinya beberapa mobil listrik dari Lotus ini baik untuk Sportscar maupun SUV dan Crossover juga akan menggunakan platform yang sama tersebut.

Mengenai dapur pacu mobil ini, Lotus mempersenjatai Eletre EV ini dengan baterai berkapasitas 100 kWh. Dengan penggunaan baterai ini, Lotus mengklaim bahwa mobil ini bisa menghasilkan tenaga hingga 600 Hp dengan klaim akselerasi 0 hingga 100 km/jam bisa tuntas hanya dalam waktu 3 detikan saja. Tenaga ini disalurkan melalui sistem penggerak All-Wheel Drive canggih dari Lotus.

Untuk top speed sendiri, Lotus Eletre EV ini diklaim bisa berjalan mencapai 260 km/jam. Lotus menyebut bahwa untuk pengisian daya listriknya, mobil ini mendukung pengisian daya hingga 350 kW dengan waktu pengisian daya 0 hingga 100% hanya memerlukan waktu 20 menitan saja. Saat baterai dalam kondisi penuh mobil ini bisa berjalan hingga sejauh 400 km.

Lotus Eletre EV Resmi Meluncur, SUV Bermesin Listrik Dengan Tenaga 600 HP

Desain Futurustik

Bila berbicara mengenai desain mobil ini, Lotus Eletre EV ini hadir dengan guritan desain yang futuristik dan modern. Mulai dari penggunaan 2 alis lampu yang berada tepat di atas kap mesin. Selain itu juga grill mobil ini berada dibawah kap mesin yang membentang dari ujung kiri ke kanan. Secara seklilas mobil ini mengusung desain layaknya sebuah sportscar.

Ke bagian samping, mobil ini seolah terlihat seperti semi coupe dengan lekukan bagian belakang yang terlihat agak melandai. Dan untuk memperkuat kesan yang gagah dan macho, penggunaan ban dan velg yang berukuran cukup besar memperkuat ciri khas sebuah SUV atau Crossover pada mobil ini. Dalam unit yang di display, terlihat mobil ini mengadopsi warna dual tone dengan warna bodi dibawah dipadukan dengan warna hitam di bagian atap.

Lotus Eletre EV Resmi Meluncur, SUV Bermesin Listrik Dengan Tenaga 600 HP

Di bagian interior, tampilan futuristik ala mobil-mobil listrik modern sangat terlihat pada mobil ini. Mulai dari penggunaan stir flat bottom dan flat top yang saat dipegang memberikan rasa sporty yang sangat luar biasa. Serta yang tidak kalah menarik, hadirnya layar entertainment yang berukuran sangat besar dan terlihat kurang lebih seperti yang ada pada di mobil-mobil Tesla.

Beberapa teknologi yang dihadirkan Lotus pada Eletre EV ini diantaranya teknologi semi autonomous alias menyetir sendiri level 3 yang sudah jauh lebih canggih. Selain mobil ini juga mendukung uptae Over-The-Air untuk update sistem mobil di masa depan. Serta hadirnya Head Up Display yang dilengkapi dengan teknologi Argumented Reality.

Lotus sendiri sudah mempersiapkanm pabrik baru mereka di Wuhan, Tiongkok untuk produksi mobil ini mulai tahun 2023 mendatang. Beberapa market lainnya yang akan kehadiran mobil ini tentunya di negara asalnya yaitu Inggris serta beberapa negara di benua Eropa. Lotus sendiri juga mengaku tidak menutup kemungkinan mobil ini juga akan hadir di beberapa market lainnya seperti Amerika Serikat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Pabrik mobil sport kelas ringan, Lotus, memasuki era baru dalam bisnisnya dengan menawarkan mobil entry-level barunya, Emira, yang digadang gadang menjadi mobil kecil yang...