Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Lotus Emira Aplikasikan Mesin AMG 2.OL Dengan Output Rendah

Pabrik mobil sport kelas ringan, Lotus, memasuki era baru dalam bisnisnya dengan menawarkan mobil entry-level barunya, Emira, yang digadang gadang menjadi mobil kecil yang menarik.

Autos.id  –  Siaran pers Lotus mengklaim mobil itu dilengkapi dengan “mesin empat silinder paling bertenaga di dunia,” tapi itu sedikit berlebihan. Faktanya adalah Emira dilengkapi dengan M139 2.0 liter, yang dibuat oleh Mercedes-AMG. Di Emira, mesin itu menghasilkan 360 tenaga kuda, yang membuatnya jelas bukan mesin empat silinder paling kuat di dunia. Yang benar-benar jadi mesin empat silinder terkuat di dunia, sepatutnya diberikan pada versi “S” dari Mercedes CLA45 AMG yang memiliki mesin bertenaga 416 tenaga kuda dimana jauh lebih tinggi dari Lotus Emira ini.

Sebenarnya, agak janggal jika kita menilik bahwa Lotus memilih menggunakan versi output yang lebih rendah dari mesin mercedes AMG, terutama karena sistem mesin bekerja hampir mirip dengan mesin Mercedes CLA45 AMG. 

Lotus-Emira-Side

Lotus bahkan mengatakan bahwa itu adalah “versi pesanan awal” dari mesin tersebut. Meskipun begitu, Lotus pernah bersabda tentang banyak perubahan pada mesin Mercedes yang dipasang di mobilnya. Mengutip pernyataannya, adanya “perubahan perangkat keras untuk membantu integrasi yang dipasang di tengah” dan perangkat lunak baru untuk mendukungnya. Mereka juga menambahkan bahwa bantalan bola turbocharger pada mobil telah dioptimalkan untuk “spool-up cepat dan lag yang minimum,” meskipun tidak jelas apakah pengoptimalan di atas ini telah diselesaikan khusus pada versi mobil ini.

Mesin disetel lebih rendah kemungkinan karena mobil Emira dengan mesin V6 yang lebih mahal hanya menghasilkan 400 tenaga kuda dari mesin Toyota 3,5 liternya. Bahkan dengan bantuan dari supercharger, mesin dari versi yang lebih besar mengalami kesulitan bersaing dengan empat silinder kecil dari Mercedes AMG. Meskipun demikian, Emira V6 pasti punya peforma lebih baik, dan tersedia dengan transmisi manual. Jadi masih ada alasan untuk memilih V6, meski Lotus Emira versi empat silinder mungkin bisa lebih cepat di trek dengan setelan sederhana.

Lotus-Emira-Side

Model 2.0 liter  ini akan tersedia dengan transmisi dual-clutch delapan kecepatan, yang sekali lagi tampaknya dikembangkan oleh Mercedes tetapi diadaptasi untuk digunakan di Emira dengan penyesuaian dari Lotus. Perubahan paling signifikan adalah mesin Mercedes DCT yang sebelumnya hanya digunakan dalam aplikasi all-wheel-drive dengan konfigurasi mesin depan, sedangkan sekarang sedang diadaptasi untuk digunakan dalam tata letak RWD mid-engine.

Lotus Emira baru akan datang ke Amerika Serikat, dan pesanan untuk model empat silinder dibuka pada 8 April. Mobil tersebut saat ini dapat dikonfigurasi dengan kedua jenis mesin di situs web Lotus. Dengan model dasar Lotus-Emira-Side dibandrol dengan harga $80.000 atau sekitar Rp 1,1 Milyar .

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Lotus Eletre EV ini nantinya akan masuk ke segmen permium crossover listrik dan melawan beberapa nama lainnya seperti BMW iX ataupun Mercedes-Benz EQB. Autos.id ...