Last updated on 20 Maret, 2024
Autos akan membandingkan dua motor off-road kenamaan antara Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150 dari segi mesin, desain, fitur, dan teknologi.
Jakarta, Autos.id – Jika Anda seorang pengendara baru atau pecinta motor trail, mungkin Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150 boleh di adu. Kedua motor off-road pabrikan Jepang ini bisa jadi pilihan ketika Anda ingin menjelajahi alam bebas yang tidak dapat dijangkau oleh mobil. Atau jika Anda ingin bergabung dengan liga amatir menggunakan motor trail. Tapi, siapa sangka jika kehadiran Honda CRF 150 menjadi saingan baru ketenaran nama Kawasaki KLX 150.
Walau begitu, antara Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150 preferensi pengendara akan berbeda tergantung di mana ia akan berkendara. Dan meskipun pasar otomotif untuk motor off-road masih di bawah motor konvensional seperti motor matik, hal ini tak menyurutkan inovasi-inovasi terdepan untuk menghadirkan motor penjelajah alam.
Bila Anda sedang kebingungan untuk memilih antara Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150, no worries karena Autos akan rangkum segala aspek perbandingan keduanya. Mulai dari mesin, desain, fitur, dan teknologi terbaik masing-masing brand. Simak selengkapnya di bawah ini!
Performa Mesin Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150
Baca juga: Mau Riding Off Road, Ini Tipsnya
Berbicara soal mesin, antara Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150 sama-sama menggunakan mesin 150 cc 1-cylinder SOHC 4-stroke air cooled dengan kopling dan transmisi manual 5-percepatan. Motor ini juga hadir dengan empat ukuran roda berbeda yang disesuaikan masing-masing pengendara.
Akan tetapi, Kawasaki KLX 150 menggunakan karburator dan tidak dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar. Meskipun begitu, ia memiliki start engine elektrik yang memudahkan pengendara baru untuk menyalakan motornya. KLX 150 mampu berakselerasi dengan tenaga maksimal 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm.
Sedangkan Honda CRF 150 sudah menggunakan sistem berteknologi injeksi PGM-FI. Alhasil, konsumsi bahan bakar motor off-road Honda terbaru ini lebih irit yang mana 1 liter bensin dapat menempuh perjalanan sejauh 40 km. Keunggulan lain CRF 150 adalah ia mampu bertenaga hingga 12,9 PS pada 8.000 rpm dan torsi 12,43 Nm pada 6.500 rpm.
Desain Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150
Baca juga: Kawasaki Luncurkan Dua Varian KLX230
Jika melihat secara sekilas, kedua motor ini berpenampilan layaknya motor trail pada umumnya, bodi tinggi dan ramping. Namun, Kawasaki KLX 150 adalah salah satu sepeda motor trail yang ringan di kategorinya yaitu 116 kg saat terisi penuh.
Hal ini juga didukung dengan ukuran motor yang berdimensi 2.050x830x1.115 mm dan tersedia dalam 3 tipe. Anda bisa memilih tipe motor KLX yang ada sesuai kebutuhan. Kalau Anda masih pemula, bisa pertimbangkan KLX 150 Standard. Jok motor rendah dan ban berukuran kecil membuat KLX 150 ramah pemula. Ukuran tersebut menjadikan Kawasaki KLX 150 sebagai motor yang ideal untuk remaja, wanita dengan tinggi rata-rata, atau pria pendek. Lalu jika Anda ingin motor off-road dengan bodi lebih gagah, maka pilihkan KLX 150L atau KLX 150BF.
Nah, kalau Honda CRF 150 punya ukuran yang lebih besar, sekitar 2.119x793x1.153 mm dan seberat 122 kg. Selain itu, Honda juga menghadirkan CRF 150 dalam 1 varian saja. Ukuran dan bobot inilah yang membuat CRF kalah unggul dari KLX untuk digunakan pemula. Meski begitu, kedua motor off-road ini juga bisa Anda gunakan di jalanan aspal kota karena fitur berkendara yang sudah berstandar motor konvensional.
Baca juga: Komparasi Kawasaki KLX150 vs Yamaha WR155
Fitur dan Teknologi Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150
Baca juga: Honda CRF190L, Motor Adventure Keluaran Sundiro Honda China
Aspek perbandingan terakhir yang jangan sampai kelewatan adalah fitur dan teknolog. Good news! Setelah kalah unggul di kebergunaannya untuk pemula, Honda CRF 150 malah jauh lebih unggul dalam pemberian fitur berteknologi mumpuni. Perbandingan fitur yang paling terlihat antara Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150 adalah penggunaan panel instrumen dan rem cakram.
Honda CRF 150 sudah menggunakan panel instrumen digital untuk speedometer yang membuat tampilan motor lebih modern. Berbeda halnya dengan KLX 150 yang masih mempertahankan panel instrumen analog. Meskipun keduanya sama-sama menggunakan rem cakram standar, KLX masih kalah unggul. Sebab, rem cakram Honda CRF 150 berukuran 240 mm (depan) dan 220 mm (belakang). Sedikit lebih besar daripada KLX 150 yang menggunakan cakram depan 240 mm dan cakram belakang 190 mm.
Di sisi lain, Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150 memiliki kesamaan beberapa fitur. Diantaranya adalah Brake/Tail light LED, baterai aki 12V, dan aggro head lamp.
Kesimpulan
Mana motor off-road dual purpose yang lebih baik? Jawabannya adalah relatif tergantung sudut pandang kebutuhan pengendara. Tapi kita bisa menarik kesimpulan perbandingan terbaik berdasarkan keunggulan kedua motor dari berbagai aspek.
Jika Anda mencari motor off-road yang ramah pemula karena bodi yang lebih ramping, maka jawabannya adalah Kawasaki KLX 150. Sedangkan jika Anda mencari motor off-road yang irit dan fiturnya lengkap, maka pertimbangkan untuk memboyong CRF 150. Baik Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150 juga sama-sama dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Detailnya seperti ini:
Kawasaki KLX 150: Rp 31,2 juta
Kawasaki KLX 150L: Rp 31,7 juta
Kawasaki KLX 150BF: Rp 35 juta
Honda CRF 150L: Rp 34,75 juta
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.