Balap

Robert Kubica Mengaku Sulit Tolak Tawaran Ferrari

Robert Kubica mengatakan bahwa “tidak mudah” untuk mengatakan tidak pada tawaran Ferrari tentang peran pengembangan Formula 1 pada 2019.

Inggris, autos.id Kubica dipahami sedang dalam pembicaraan untuk mengambil posisi simulator dengan Ferrari setelah kepergian pembalap cadangannya (Antonio Giovinazzi dan Daniil Kvyat ke Sauber dan Toro Rosso masing-masing).

Pemenang Grand Prix Kanada 2008 itu memilih untuk menandatangani perjanjian untuk kembali ke balapan F1 2019 dengan Williams, di mana ia akan bermitra dengan George Russell.

“Saya tahu apa yang ingin saya lakukan, tetapi kadang-kadang hal-hal sedikit lebih rumit daripada yang terlihat dari luar,” kata Kubica kepada f1.com.

“Saya memiliki beberapa kesempatan yang saya pikir sangat menarik dan tidak mudah untuk mengatakan tidak (pada Ferrari).

Baca Juga: Robert Kubica Mengaku Sempat Memiliki Kontrak Dengan Ferrari ?

“Pada akhirnya, saya seorang pembalap – walaupun saya belum pernah balapan dalam waktu yang cukup lama – dan mental balap ini lebih unggul. Saya senang telah membuat keputusan ini karena ini adalah tantangan besar.”

Awal tahun ini Kubica mengkonfirmasi rumor yang sudah berlangsung lama bahwa ia akan menjadi mitra Fernando Alonso di Ferrari pada 2012, sebelum kecelakaan reli 2011 yang menyebabkannya cedera yang mengancam jiwa dan mengganggu karirnya.

Kembalinya ke grid dengan Williams pada 2019 akan menandai pertama kalinya ia telah memperebutkan grand prix sejak final musim 2010.

Tapi Kubica percaya bahwa dia siap untuk kembali ke F1 dan untuk memulai lagi di fase kedua karirnya.

“Tidak mudah untuk menjadi pembalap F1, tidak mudah untuk meyakinkan orang bahwa Anda dapat melakukannya dan membangun diri Anda di paddock F1,” kata Kubica.

“Anda harus memiliki banyak dorongan untuk melakukannya karena saya telah melalui ini 12 tahun yang lalu, dan pada akhirnya, saya berkata saya pikir saya memiliki energi untuk melakukannya lagi.

“Saya tidak khawatir atau takut dengan tantangan ini dan saya pikir saya bisa membuatnya berhasil. Saya memiliki peluang besar dan itu adalah akhir yang bahagia untuk perjalanan panjang yang telah saya jalani.”

Baca Juga: Williams Membutuhkan “Semangat Juang” Robert Kubica ?

Jika terjadi, peran Kubica di Ferrari akan serupa dengan tes Williams dan peran pembalap cadangan, meskipun dengan lebih sedikit peluang di lintasan balap.

Dia mengakui bahwa menyesuaikan dari posisi pengembangan menjadi pembalap lagi tahun ini akan membutuhkan usaha lebih besar.

“Ketika saya mengendarai mobil saya harus ingat bahwa saya harus memberikan informasi dan umpan balik yang berkualitas, dan bahwa saya dapat memberikan kecepatan yang baik dan tidak mengambil risiko apapun,” kata Kubica.

“Saya harus sedikit mengubah pendekatan ini karena sekarang saya harus bekerja lebih untuk tim, seperti saya sebelumnya, tetapi sekarang juga untuk diri saya sendiri.

“Saya harus fokus pada hal-hal berbeda yang mungkin berguna saat balapan. Ini pendekatan yang sedikit berbeda.”

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top