Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Sama-Sama Keluaran 2019, Lebih Bagus Nissan Livina VL atau Honda Mobilio RS?

Nissan Livina VL 2019 vs Honda Mobilio RS 2019.
Nissan Livina VL 2019 vs Honda Mobilio RS 2019. (Sumber: Andra Febrian Auto Blog)

Last updated on 27 April, 2023

Nissan Livina VL dan Honda Mobilio RS bisa jadi pilihan bagi yang cari mobil bekas.

Autos.id – Jika sedang mencari kendaraan untuk keluarga, ada dua pilihan dari pabrikan Jepang yang bisa dipertimbangkan. Tidak perlu membeli mobil baru, mobil bekas bisa menjadi alternatif yang lebih menarik dalam hal harga.

Pilihan pertama adalah Nissan Livina yang didasarkan pada Mitsubishi Xpander. Pilihan kedua adalah Honda Mobilio RS. Kedua mobil tersebut dirilis pada tahun 2019, sehingga dalam penggunaan normal, usia mobil tidak terlalu tua. Kondisinya masih baik dan masih dalam masa garansi.

Lalu bagaimana dengan perbandingan antara keduanya?

Interior Nissan Livina VL 2019.

Interior Nissan Livina VL 2019. (Sumber: Nissan Indonesia)

Tampilan

Pada tahun 2019, Honda Mobilio mengalami penyegaran meskipun perubahannya sangat sedikit. Hal ini tidak membuat mobil terlihat menarik saat dilihat.

Beberapa aksen dan sentuhan kecil ditambahkan, seperti lampu depan dengan jenis proyektor, shark fin, dan desain velg. Jenis lampu ini memiliki penerangan yang lebih baik dibandingkan dengan bohlam halogen, tetapi sayangnya belum menggunakan teknologi LED.

Bagian interior mobil memiliki sentuhan oranye kontras pada dasbor dan power window. Selain itu, terdapat head unit layar sentuh delapan inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone.

Nissan Livina MPV terlihat lebih menarik daripada Mobilio. Gaya desain V-Motion membuat mobil terlihat gagah dan macho. Pola kisi-kisi Livina yang mirip sarang tawon menambah nilai sporty pada mobil tersebut.

Jika melihat bagian interior, Livina juga terlihat kelas atas. Terdapat head unit tujuh inci yang dilengkapi dengan beberapa fitur audio. Pemasangan pelek dual tone berukuran 16 inci membuat Livina terlihat lebih lebar dibandingkan dengan Honda Mobilio yang hanya menggunakan pelek berukuran 15 inci. Dari segi penampilan, Livina menjadi pilihan utama.

Interior Honda Mobilio RS 2019.

Interior Honda Mobilio RS 2019. (Sumber: Honda Remaja Jaya Panaikang)

Konfigurasi

Honda Mobilio dan Livina menggunakan konfigurasi suspensi yang sama, yaitu McPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam pada roda belakang. Meskipun begitu, sulit untuk menentukan yang mana yang lebih unggul karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Mobilio memberikan pengendalian yang enak dan sedikit lebih empuk, sementara Livina memiliki wheel track yang lebih baik dan sistem redaman yang diadopsi dari Mitsubishi Lancer Evo.

Jadi, jika Anda membutuhkan mobil yang empuk dan tidak terlalu keras, maka Mobilio dapat dipertimbangkan. Namun, jika Anda suka mengemudikan mobil sendiri dan mencari stabilitas tinggi, maka Livina dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, kenyamanan suspensi pada mobil sangat subjektif dan tergantung pada preferensi pengendara.

Pada mobil bekas, penting untuk memeriksa kondisi kaki-kaki dengan teliti dan melakukan test drive agar dapat memahami karakter kendaraan sebelum membelinya. Usia dan jarak tempuh juga dapat mempengaruhi kondisi mobil, sehingga perlu diperhatikan dengan seksama.

Mesin Nissan Livina VL 2019.

Mesin Nissan Livina VL 2019. (Sumber: Kompas)

Keamanan

Nissan telah menyematkan beberapa fitur keselamatan pada Livina seperti Hill Start Assist (HSA) yang membantu saat mobil menanjak. Tersedia juga Vehicle Dynamic Control dan Traction Control System agar mobil tidak selip. Livina juga dilengkapi pedestrian protection untuk melindungi pejalan kaki dari cedera.

Sedangkan Honda Mobilio RS hanya memiliki Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist. Livina lebih unggul dengan adanya tombol start stop dan absen yang tidak ada di Mobilio. Namun Honda memiliki fitur pendingin kabin (AC) model digital dengan pengaturan tombol yang lebih canggih dibandingkan Livina yang masih menggunakan kenop putar.

Pada bagian peranti keamanan, Livina dilengkapi pengereman cakram pada roda depan dan teromol di belakang, lengkap dengan ABS, EBD, dan Brake Assist. Sementara Honda Mobilio hanya dilengkapi ABS dan EBD tanpa Brake Assist. Kedua mobil tidak dilengkapi dengan cruise control dan paddle shift. Namun, versi Mobilio RS di Filipina memiliki fitur pemindah gigi tersebut. Dari sini, Anda bisa memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mesin Honda Mobilio RS 2019.

Mesin Honda Mobilio RS 2019. (Sumber: Mobilmo)

Mesin

Dilihat dari spesifikasi mesinnya, Honda Mobilio RS jelas unggul dari Nissan Livina 2019. Kedua mobil memiliki mesin berkapasitas 1,5 liter.

Mobil LMPV berlogo H memiliki mesin tipe SOHC i-VTEC 16 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Meskipun tidak ada perubahan pada mesin Mobilio RS setelah facelift, tenaga yang dihasilkan oleh Honda jauh lebih besar.

Sedangkan Livina hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada putaran 4.000 rpm dengan teknologi Mivec DOHC 16 Valve Mitsubishi.

Kedua mobil, baik Mobilio maupun Livina, menggunakan penggerak roda depan dengan transmisi otomatis. Mobilio RS menggunakan sistem CVT untuk menjaga putaran mesin tetap rendah dan meningkatkan kinerja akselerasi. Dengan cara ini, konsumsi bahan bakar dapat ditingkatkan dan kinerja mobil dapat lebih efisien.

Dalam hal transmisi, Livina mengandalkan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan, sama seperti Xpander. Meskipun transmisi CVT pada Mobilio RS lebih halus dan nyaman, Livina tetap dapat diandalkan dan lebih mudah dalam perawatan dan perbaikan bila terdapat kendala. Namun, CVT pada Mobilio RS lebih efisien dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Jadi, jika Anda membutuhkan kendaraan untuk mobilitas di perkotaan dan daerah yang jarang memiliki tanjakan, maka Mobilio bisa menjadi pilihan yang baik.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Mengambil genre motor bebek, Honda Revo AT kurang diminati di pasar Indonesia. Autos.id – Pada tahun 2010, Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda Revo...

Berita Otomotif

Honda CS1 sempat diluncurkan beberapa tahun lalu, namun tak lama kemudian dihentikan produksinya. Autos.id – Persaingan sengit di pasar sepeda motor mendorong produsen untuk...

Mobil

Last updated on 29 Mei, 2023 Autos.id –¬†Rekomendasi Mobil kantor memang punya banyak jenis yang dapat jadi pilihan bagi perusahaan, terutama buat direksi mereka....

Komparasi

Accord 2023 dan Toyota Camry 2023 memiliki segmentasi pasar yang sama, namun mana yang lebih unggul? Autos.id – Perbandingan antara Honda Accord dan Toyota...