Suzuki

Suzuki Umumkan Promosi Joan Mir ke MotoGP

Pihak Suzuki akhirnya mempromosikan Joan Mir dari ajang Moto2 ke MotoGP untuk bertanding di kelas utama musim depan.

Jepang, autos.id Tim Suzuki MotoGP telah mengkonfirmasi akan mempromosikan Moto2 Joan Mir ke kelas utama tahun depan.

Mir, 20, akan menggantikan Andrea Iannone yang berkendara dengan Suzuki GSX-RR selama dua tahun ke depan, bermitra dengan Alex Rins yang telah secara resmi dipertahankan pada bulan Mei.

Mir muncul sebagai hal besar berikutnya dalam grand prix ketika ia memenangkan gelar Moto3 di tahun kedua dalam kategori tersebut pada tahun 2017, mengklaim 10 kemenangan dan memiliki penghitungan kelas ringan terbaik sejak gelar 125cc yang diraih Marc Marquez tujuh tahun sebelumnya.

Dia beradaptasi dengan cepat ke Moto2 setelah bergabung dengan Marc VDS, dan saat ini duduk di posisi kelima klasemen sebagai rookie, setelah mencapai podium beruntun di Le Mans dan Mugello.

“Joan Mir baru berusia 20 tahun, dan menjadi juara dunia dengan 10 kemenangan yang mengesankan tahun lalu,” kata manajer tim Davide Brivio kepada Autosport (13/6/2018).

“Dia garang, dia cerdas, dia baik dan dia bisa sangat cepat. Semua karakteristik yang kami cari dalam diri pembalap muda, yang ingin bergabung dengan kami tidak hanya untuk prestise mesin pabrik di kelas atas tetapi yang paling penting karena dia percaya pada proyek balap kami.

“Berbicara dengannya, saya menyadari betapa dia memiliki pikiran yang jernih, betapa dia menyukai proyek Suzuki dan ingin bergabung dengan kami. Ini merupakan dorongan besar bagi kami.

“Tentu saja, kami tahu betul bahwa dia (Joan Mir) akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan pengalaman dan tumbuh bersama kami, tetapi kami memiliki kepercayaan penuh pada potensinya.” – manajer tim Suzuki MotoGP.

Keberhasilan Mir dalam kategori yang lebih rendah telah membuatnya menjadi “properti panas” di pasar pembalap MotoGP untuk 2019, dan ia bahkan memiliki kontrak dengan tim Honda.

Tapi opsi itu tidak dilakukan dan Suzuki mendekati Mir yang awalnya mendekati Jorge Lorenzo, yang kini telah memutuskan gabung ke Honda.

Mir akan menjadi rookie ketiga yang dibawa oleh tim pabrik Suzuki sejak kembali ke MotoGP, karena sebelumnya merekrut Maverick Vinales dan Rins dari Moto2 untuk tahun 2015 dan 2017.

Vinales yang sekarang di Yamaha, telah mencetak kemenangan terakhir tim di Silverstone pada 2016.

“Sebagai sebuah tim kami selalu berusaha untuk melihat rencana pembangunan jangka panjang, yang juga termasuk membuat taruhan pada pembalap muda yang kami rasa dapat menjadi investasi untuk masa depan,” kata pemimpin proyek Suzuki MotoGP, Shinichi Sahara.

“Kami melakukannya di tahun perdana kami pada tahun 2015, kami melakukannya lagi pada tahun 2017 ketika kami menandatangani Alex Rins yang telah dikonfirmasi juga tahun ini, dan kami selanjutnya mengkonfirmasi perjanjian dengan Joan Mir.

“Dia adalah bakat muda yang ingin kami kembangkan dan membantu kami mengembangkan GSX-RR dan tim bersamanya.”

Comments
To Top