Tips

Tips Mudik Lancar, Kenali Jalur Rawan Kemacetan di Jawa!

tips mudik lancar

Melihat titik rawan kemacetan di Jawa bisa jadi tips mudik lancar tahun ini! Setidaknya 10 titik di Pulau Jawa rawan macet!

Jakarta, Autos.id – Mudik barangkali sudah menjadi rencana kebanyakan orang di Indonesia. Tren mudik sudah ada sejak lama di tanah air. Menjelang hari raya, masyarakat selalu disibukkan dengan aktifitas mudik. Bila Anda adalah salah satu orang yang hendak mudik, pastikan Anda mengenali tips mudik lancar. Mengapa? Karena jalanan di Pulau Jawa terkenal dengan kemacetan.

Sebenarnya, kemacetan sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat yang tinggal di Jawa. Namun, pada hari-hari biasa, jalanan yang macet kerap ditemukan di kawasan kota-kota besar. Termasuk jalanan di ibukota. Sementara di beberapa daerah, kemacetan terjadi pada saat hari-hari tertentu.

Saat mendekati lebaran, coba perhatikan tips mudik lancar salah satunya mengenali 10 titik rawan kemacetan. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumova.

Dilansir dari laman liputan6.com (2/06), Irjen Pol Royke Lumowa menyebutkan di Pulau Jawa terdapat 10 titik rawan macet pada tahun 2018 ini. Titik macet pertama yaitu di sepanjang tol Cikampek. Sementara itu, titik kedua ditempati oleh jalur setelah nagrek atau lebih tepatnya jalur Malangbong Garut, Lingkar Gentong Tasikmalaya dan Limbangan Kendal.

suasana-kemacetan-saat-mudik-menjelang-lebaran

suasana kemacetan saat mudik memjelang lebaran

Titik ketiga yaitu di gate Gandulan maupun Kertasari. Irjen Pol Royke pun menuturkan kawasan Kertasari sedikit mundur. Sebelumnya akan buat di gandulan karena portable bagian gerbang menggunakan portable.

“Ada 10 titik yang rawan kemacetan di kawasan Pulau Jawa salah satunya sepanjang tol Cikampek”

Mengingat banyak titik kemacetan Anda perlu mencermati tips mudik lancar sehingga tidak terjebak dalam kemacetan. Lebih lanjut, area yang terkena kamacetan menjelang lebaran yaitu Kalikoto serta Krapyak Semarang. Kemudian ada lagi lokasi keenam adalah Brebes Selatan arah menuju Purwokerto di Pasar Tonjong. Daerah ini seringkali terjadi kemacetan yang panjang pada tahun sebelumnya.

Kemudian dua titik yang rawan kemacetan terakhir yaitu di area penyeberangan Gilimanuk Ketapang dan Merak Ketapang. Lokasi penyeberangan tersebut mengalami kemacetan lantaran ada antrean panjang terutama arah spot penyeberangan.

Tak hanya itu, rupanya spot peristirahatan atau yang biasa disebut sebagai rest area nantinya kemungkinan mengalami kemacetan. Meski begitu, kemacetan yang terjadi di rest area umumnya pada waktu arus balik.

Mengingat, ada 10 titik yang hampir tiap tahunnya mengalami kemacetan panjang, ada tips mudik lancar yang bisa Anda terapkan. Beberapa diantaranya ialah memilih waktu mudik lebih awal. Artinya, bila biasanya orang-orang mudik menjelang hari raya atau H-3, Anda bisa memilih waktu H-7.

Ini bisa menjadi alternatif terbaik agar tidak terjebak kemacetan. Namun, bila ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dan terpaksa mudik menjelang lebaran, cobalah untuk memanfaatkan jalur lainnya. Selamat mencoba tips mudik lancar tersebut!

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top