Tips

Merawat Mobil Sudah Kewajiban, Namun Jangan Lupakan Ban Serep Anda

Ban serep atau ban cadangan sering luput dari perhatian pemilik mobil. Padahal Anda tak pernah tahu kapan ban tersebut akan dibutuhkan. Jika saatnya tiba tentu Anda tidak mau ban cadangan yang ada malah tidak bisa digunakan kan?

Jakarta, Autos.id – Untuk Anda ketahui, bahwa ban cadangan pun harus diperhatikan agar selalu dalam kondisi yang prima. Cara merawat ban serep, ternyata tidak sesulit apa yang diperkirakan. Posisi ban cadangan ini pun ada bermacam-macam tergantung tipe mobilnya. Ada yang diletakkan di kolong mobil, bagasi, dan di pintu belakang.

Nah, ban serep yang di kolong mobil ini yang paling mudah kotor dan jarang dibersihkan. Ban serep yang berada di kolong mobil, sebaiknya dicuci sebulan sekali. Paling gampang, jika sedang mencuci mobil di tempat cuci mobil minta sekalian operator cuci untuk mencuci ban serep.

Ban serep bisa dicuci dengan sabun atau shampoo cuci mobil. Sambil dicuci, angkat atau cabut batu, serpihan besi, pecahan kaca atau benda keras lainnya yang terselip di kembangan ban serep. Benda-benda kecil yang terselip di kembangan ban bisa memicu bencana.

Apalagi jika serpihan besi yang terjebak di kembangan ban, ia mampu dengan cepat merobek tapak ban dan serat baja. Setelah bersih langsung keringkan ban dengan lap chamois dan diberi semir ban. Fungsi semir adalah menjaga elastisitas karet ban dan terlihat mengilap.

Sebelum dipasang cek tekanan angin ban serep, pastikan sesuai standar yang ditetapkan pabrikan. Oh iya, Anda bisa menggunakan cover ban untuk melindungi ban serep yang ada di kolong dari kotoran. Selamat mencoba!

 

Comments
To Top