Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ngintip Markas Motor Honda untuk Wilayah Jakarta dan Tangerang

Gudang Distribusi Wahana Cimanggis

Kami berkesempatan untuk melihat langsung Gudang Distribusi Wahana Cimanggis sebagai pusat motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang sebelum didistribusikan ke konsumen.

Depok, Autos.id – Kawan Autos, pernah terbayang gak bagaimana pola distribusi motor-motor Honda khususnya yang ada di Jakarta? Setelah motor diproduksi di pabrik Astra Honda Motor (AHM) lantas kemana motor-motor itu sebelum tiba di rumah Anda?

Nah, pertanyaan itu yang akhirnya terpecahkan ketika Wahana Artha Group mengajak kami membongkar rahasia dapurnya, Selasa (27/03/2018). Bertajuk Wahana Corporate Tour, Autos beserta sejumlah jurnalis lain diajak mengetahui bagaimana pola distribusi peredaran motor-motor Honda khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Disinilah tempat dikumpulkannya semua motor Honda dari berbagai tipe yang telah diproduksi AHM baik dari pabrik di Sunter, Cibitung, atau Karawang, untuk konsumen wilayah Jakarta dan Tangerang”

Gudang Distribusi Wahana Cimanggis

Semua motor produksi AHM untuk wilayah Jakarta dan Tangerang kumpul di gudang ini

Pada kesempatan ini, kami mengunjungi Gudang Distribusi Wahana Cimanggis yang berlokasi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. “Disinilah tempat dikumpulkannya semua motor Honda dari berbagai tipe yang telah diproduksi AHM baik dari pabrik di Sunter, Cibitung, atau Karawang, untuk konsumen wilayah Jakarta dan Tangerang,” buka Ario, Head of Marketing Wahana.

Lebih lanjut, Rolis Oktavianto, Kepala Gudang Distribusi Wahana Cimanggis menjelaskan, kalau setelah diproduksi oleh AHM, maka motor-motor itu dikirim ke gudang ini menggunakan truk-truk gendong. “Setiap hari ada 800-1000 unit motor masuk ke gudang. Semua tipe Honda, baik matik, bebek, atau sport,” katanya.

Gudang Distribusi Wahana Cimanggis

Di scan carcode nomor mesin dan nomor rangka

Setelah motor datang, kemudian motor diturunkan dari truk dan masuk ke gudang berbentuk bangunan 5 lantai tersebut. Saat ditata di dalam gudang, semua unit motor Honda dicek nomor rangka dan nomor mesinnya menggunakan scan barcode. Pengecekan ini untuk mengumpulkan data unit motor jika nantinya dibutuhkan untuk pengiriman unit ke dealer.

Setelah semua unit yang masuk di cek, petugas Gudang Distribusi Wahana Cimanggis akan melakukan pemasangan aksesoris motor, seperti spion. Selanjutnya, gudang dengan kapasitas penyimpanan 7000 unit motor ini akan menerima order dari kantor pusat Wahana di Gunung Sahari, Jakarta.

Gudang Distribusi Wahana Cimanggis

Semua data bersifat digital

Order tersebut berupa tipe motor dan warna yang disesuaikan dengan nomor mesin dan nomor rangkanya. Selanjutnya tim Gudang Distribusi Wahana Cimanggis akan mencari dimana posisi motor pesanan tersebut. “Pencarian inilah yang menggunakan sistem digital, berdasarkan data scan code tadi,” lanjut Rolis.

Setelah ditemukan, maka motor kemudian disiapkan untuk dikirim ke jaringan dealer Wahana tepat konsumen memesan motornya. Setelah tiba di dealer, maka motor akan langsung dikirim ke rumah masing-masing konsumen. Namun gudang ini hanya melayani pengiriman motor Honda ke wilayah Jakarta dan Tangerang yang menjadi jaringan dealer Wahana.

“Kami juga punya gudang di Jatake yang kapasitasnya 4000 unit, lalu kami juga akan punya gudang di Jatiasih Bekasi, yang kapasitasnya juga 7000 unit,” timpal Ario.

Gudang Distribusi Wahana Cimanggis

Gudang sparepart terpisah

Selain mengunjungi Gudang Distribusi Wahana Cimanggis, kami juga diajak untuk melihat gudang distribusi suku cadang dan aksesoris Honda yang masih berlokasi di kawasan Cimanggis. Gudang spare part tersebut terdiri dari 4 lantai dengan kapasitas penyimpanan hingga 456.000 jenis spare part. Gudang Cimanggis melayani pemesanan spare parts 350 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jakarta Tangerang.

“Sistem kerjanya hampir sama dengan gudang distribusi unit. Setelah kami terima surat PO dari kantor pusat di Gunung Sahari, kami carikan unitnya lalu dikirim ke dealer,” kata M Arif Setiawan, Kepala Gudang Spare Part Wahana.

Ia menyebut, awalnya gudang unit dan suku cadang menjadi satu kesatuan bangunan. Namun seiring berkembangnya populasi sepeda motor Honda khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang, maka gudang ini dibuat terpisah. “Karena untuk satu motor saja ada 750-800 suku cadang dan aksesoris yang digunakan. Jadi sudah tidak muat lagi kalau dipakasi dalam satu gedung yang sama,” lanjut Arif.

Gudang Distribusi Wahana Cimanggis

Diangkut oleh truk Tristar

Untuk masalah jasa angkut motor dari gudang ke masing-masing jaringan dealernya, wahana juga memiliki anak perusahaan di bidang trasnportasi logistik. Berdiri dengan nama PT Tristar Transindo, Beragam layanan angkutan tersedia lengkap. Mulai dari 140 motor carrier yang tersedia dengan kapasitas 6 hingga 120 unit sepeda motor, serta 99 car carrier dengan kapasitas angkut 1 hingga 6 mobil.

Selain layanan pengangkutan otomotif roda dua dan empat, PT. Tristar juga miliki 69 truk bus berbagai tipe mulai dari truk engkel box, dobel engkel box sampai wing box. Selain pengangkutan umum dan korporat, Tristar, juga berikan layanan premium towing mobil mewah dan konsumen motor besar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Jalur tanjakan menjadi jalur yang paling berat bagi para pengendara, baik kendaraan roda empat maupun roda...

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 25 Maret, 2024 Autos.id – Sepeda motor dengan tipe sport memang menjadi impian bagi semua para pecinta otomotifnya. Dalam hal ini,...

error: Content is protected !!