Tips

Tips Beli Proton Exora Prime Bekas Tahun 2014

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jika Kawan Autos berhasil mendapatkan Proton Exora Prime bekas dalam kondisi prima, maka silahkan nikmati sebuah MPV lapang yang bertenaga dan memiliki fitur lengkap.

Jakarta, Autos.id – Proton pertama kali memperkenalkan Exora pada 2009. Saat itu Exora menggunakan mesin 1.597 cc Campro CPS bertenaga 125 hp dengan torsi 150 Nm. Pilihan transmisinya ada manual lima percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Berselang empat tahun kemudian, PT Proton Edar Indonesia kembali menyuguhkan MPV Malaysia ini dalam varian yang berbeda. Yakni menggunakan mesin 1.6-liter turbo berdaya 138 hp dengan torsi 205 Nm. Varian ini pun diberi nama Exora Prime dan menjadi flagship dari Proton Exora.

“Kami merekomendasikan Proton Exora Prime bekas jika Anda ingin mencari alternatif mobil keluarga yang lapang. Hal itu lantaran melihat usia pakai yang belum terlalu tua serta kelengkapan fitur paling tinggi yang dimilikinya”

Sayangnya setelah 2014, nama Proton seakan meredup, peminat dari Exora pun berkurang. Padahal potensi MPV ini sangat layak untuk diperhitungkan. Antara lain ruang akomodasi yang begitu lapang, kelengkapan fitur pengemudi dan penumpang, serta harga yang bersahabat dengan kantong.

Proton Exora Prime Bekas

Karenanya kami merekomendasikan Proton Exora Prime bekas jika Anda ingin mencari alternatif mobil keluarga yang lapang. Hal itu lantaran melihat usia pakai yang belum terlalu tua serta kelengkapan fitur paling tinggi yang dimilikinya.

Jika Kawan Autos berminat untuk membeli Proton Exora Prime bekas, berikut tips dari kami :

Eksterior
Sama seperti saat memilih mobil bekas lain, ketika ingin memutuskan membeli Protn Exora bekas perhatikan kondisi eksteriornya. Pastikan tak ada tanda-tanda mobil bekas mengalami benturan hebat yang menyebabkan kerusakan kerangka bodi. Cek juga bagian sela-sela eksterior seperti dibalik engsel pintu apakah ada karat atau tidak.

Jangan remehkan pula kondisi lampu-lampu baik bagian depan maupun belakang. pastikan fisik batok lampu masih dalam kondisi baik, tidak pecah atau menguning. Karena jika pecah, Kawan Autos harus pikirkan biaya tambahan untuk mencari part penggantinya.

Proton Exora Prime Bekas

Interior
Exora Prime adalah varian paling atas dari Exora, karenanya fitur yang disung pada mobil ini juga yang terlengkap. Namun jangan terlena untuk mengecek kondisi ruang kabinnya.

Perhatikan kondisi dashboard, jangan sampai ada bagian yang pecah atau retak. Cek juga kondisi pelapis jok. Bahan kulit yang digunakan rentan untuk mengalami pecah-pecah. Cek kondisi jok yang terbaik, dan jangan lupa periksa juga sistem reclining-nya. Kemudian periksa sela-sela lantai, pastikan jangan ada karat, kerena akrat akan muncul karena kabin mobil lembab atau bekas terendam banjir.

Proton Exora Prime Bekas

Mesin
Usia pakai yang lebih dari 3 tahun tentu saja sudah ada beberapa part mesin yang perlu jadi perhatian. Paling penting adalah cek kondisi turbo pada mesin ini. Ada baiknya Kawan Autos membawa satu mekanik atau orang yang mengerti benar tentang mesin turbo untuk mengetahui apakah komponen tersebut pada mobil yang kalian incar masih bekerja optimal. Atau bawa mobil ke bengkel resmi yang bisa melakukan diagnosis mesin secara digital untuk mengetahui gejala kerusakan yang mungkin timbul.

Selain turbo cek juga kondisi fanbelt apakah masih elastis atau karetnya sudah getas. Coba nyalakan mesin dan dengarkan kinerja karet kipas itu. Jika sudah muncul bunyi berdecit, itu menandakan belt sudah tidak optimal dan Kawan Autos harus siapkan dana untuk menggantinya.

Proton Exora Prime Bekas

Suspensi
Proton memiliki kerjasama dengan tim Lotus untuk meracik suspensinya. Tak heran jika pengendalian dari MPV ini terbilang baik dibanding kompetitor. Tapi tentu ini juga harus jadi pusat perhatian Kawan Autos manakala memutuskan ingin membeli Proton Exora Prime bekas.

Coba sedikit tengok bagian kaki-kaki dari mobil ini, pastikan tidak ada oli yang merembes dari bagian suspensinya. Untuk memastikannya tinggal gunakan tisu atau lap putih kering dan seka bagian shockbreaker. Jika ada bekas oli pada tisu atau lap kering tersebut maka suspensi mengalami kebocoran.

Jangan sungkan pula untuk melakukan tes drive mobil yang diincar. Rasakan apakah bantingan suspensinya masih terasa baik atau malah terlalu ngayun. Exora Prime yang dibekali mesin turbo sejatinya memiliki karakter suspensi yang keras dibanding tipe lain. Ini untuk mengurangi gejala limbung saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Proton Exora Prime Bekas

Harga
Hasil pantauan kami di situs-situs penjualan mobil bekas online, Proton Exora Prime bekas tahun 2014 ada dikisaran Rp 125 juta hingga Rp 135 juta.

Nah…Jika Kawan Autos berhasil mendapatkan Proton Exora Prime bekas dalam kondisi prima, maka silahkan nikmati sebuah MPV lapang yang bertenaga dan memiliki fitur lengkap. Jangan khawatir juga tentang brand Malaysia yang satu ini, karena Proton di Indonesia masih tetap eksis bahkan sudah berencana mengeluarkan model-model baru lagi setelah yang paling baru Proton Iriz. Selamat berburu mobil bekas…!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top