Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Singkat Merawat Motor di Rumah Saat Pandemi

Kondisi Pandemi Masih Berlangsung, Ini Tips Simpel Merawat Motor di Rumah

Jakarta, Autos.id  –Pandemi yang masih berlangsung membuat beberapa orang menjadi membatasi mobilitas diri mereka ke luar rumah. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan orang guna meminimalisir kemungkinan terpaparnya diri dari COVID-19.  Akibatnya segala kegiatan dilakukan secara daring (online) dari rumah, seperti work from home (WFH), school from home, online shopping dan lain sebagianya.

Jarangnya berpergian atau keluar rumah, tentu akan berpengaruh terhadap kondisi sepeda motor yang jarang digunakan.

Oleh karena itu, para pengguna sepeda motor perlu tetap merawat kendaraannya agar kondisinya selalu prima dan jika sewaktu-waktu digunakan dapat berfungsi secara normal. “Bagi konsumen Yamaha ada beberapa fitur pada aplikasi My Yamaha Motor dan Y-Connect yang #canggihMAXImal dan bisa dimanfaatkan untuk tetap menjaga serta merawat kondisi sepeda motor dengan cara yang lebih mudah,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Berikut adalah tips dari Yamaha Indonesia mengenai cara merawat kondisi sepeda motor di rumah.

  1. Rutin memanaskan mesin motor

Memanaskan motor secara rutin setiap hari selama 5 – 10 menit membuat oli menjadi tersirkulasi sehingga part-part yang yang ada di dalam mesin menjadi terlumasi dan mesin motor dapat bekerja secara optimal. Memanaskan motor juga bermanfaat untuk mengisi kembali daya baterai atau aki motor agar tidak mudah ngedrop atau soak.

  1. Cek kondisi oli dan aki

Rutin mengecek kondisi oli dan aki dapat meminimalisir terjadinya malfungsi pada motor khusunya ketika ingin dikendarai setelah lama tidak dipakai.

  1. Berikan pelumas

Ketika motor jarang digunakan, biasanya beberapa komponen yang sebelumnya dilumasi menjadi kering sehingga kinerjanya menjadi tidak optimal. Untuk itu, selama motor terparkir dirumah baiknya kita rutin melumasi beberapa komponen dengan oli atau gemuk sesuai kebutuhannya.

Bagian komponen motor yang biasa dilumasi oli adalah kabel gas, kabel kopling, rantai dan per standar samping. Sementara untuk grease atau  gemuk  biasanya dipakai di area yang tertutup seperti bearing komstir, laher as roda, as roda atau di laher swing arm.

  1. Cek tekanan angin ban

Komponen lain yang perlu dilakukan pengecekan adalah ban. Biasanya ketika motor jarang digunakan dan lebih sering terparkir di garasi rumah, tekanan ban sering berkurang atau kempes sehingga ketika digunakan tarikan motor terasa berat dan boros bensin.

Pada saat menambahkan angin, pastikan juga tekanannya sesuai dengan ukuran standar yang dibutuhkan oleh ban. Karena jika berlebih dan ban terlalu keras maka akan mengurangi traksi atau cengkramannya ke aspal sehingga riding menjadi kurang nyaman.

  1. Lakukan servis rutin atau perawatan berkala

Melakukan perawatan atau servis rutin sepeda motor secara berkala sesuai anjuran yang ada pada buku petunjuk servis menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Karena selain menjaga kondisi motor tetap awet juga membuat performa mesin menjadi optimal.

Selain dapat melihat informasi mengenai dealer, aplikasi My Yamaha Motor juga memiliki fitur Pesan yang berfungsi sebagai service reminder, jadi buat konsumen yang sering lupa kapan harus kembali ke dealer untuk melakukan servis berkala, fitur ini bisa menjadi solusinya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mobil

Penjualan terbesar Mitsubishi masih disumbang Xpander dan Xpander Cross Jakarta, Autos.id  –  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), catat hasil positif penjualan...

Berita Otomotif

Pabrik ini akan memulai produksi pada tahun 2024 dengan kapasitas tahunan mencapai 10 GWh sel baterai, yang mana cukup untuk kebutuhan lebih dari 150.000...

Berita Otomotif

Last updated on 17 September, 2021Dengan harga Rp 200 jutaan, Morris Garages resmi mengantarkan New MG ZS kepada para penggemarnya di Tanah Air yang...

Mobil

Peningkatan penjualan Agustus 2021 tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak Jakarta, Autos.id  –  Penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara...