Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Peringati Ulang Tahun WorldGP ke 60, Yamaha Launching Motor Dengan Livery Khusus

Memperingati Ulang Tahun Grand Prix ke 60, Yamaha Lauching Motor Dengan Livery Khusus

Rencananya untuk motor Yamaha dengan livery khusus WorldGP 60th Anniversary Edition akan hadir dipasaran mulai akhir tahun 2021 nanti.

Autos.id  – Dalam memperingati ulang tahun ke 60 dibalapan Grand Prix, Yamaha Motor Corporation baru-baru ini melaunching rangkaian motor sport R-Series untuk edisi 2022 dengan livery khusus. Beberapa unit motor Yamaha yang mendapat livery khusus WorldGP 60th Anniversary Edition ini antara lain YZF-R3, YZF-R7, serta YZF-R1. Ketiga model tersebut dibalut dalam sebuah cosplay vintage dengan desain bergaya rantai blok dengan celah vertical yang membuat tampilan menjadi lebih spesial. Bila kembali menengok kebelakang, sejarah pertama kali Yamaha mengikuti balapan Grand Prix adalah ditahun 1961. Saat itu tim Yamaha diwakili oleh pembalap Fumio Ito dan Taneharu Nogushi.

Kedua pembalap berlogo garpu tala ini berlaga dikelas 250cc yang berlaga di Sirkuit de Charade. Pabrikan asal Jepang tersebut mencetak kemenangan pertamanya di tahun 1964. Dan pada saat itu Yamaha mulai menggunakan fairing putih dengan skema blok merah solid yang cukup khas.

Kemudian livery ini juga menjadi cikal bakal dari jhadirnya Speedblok pada tahun 1973. Saat itu di motor Yamaha YZR500 (0W20) juga menghadirkan tampilan body berwarna putih dengan garis merah yang kemudian menjadi livery tradional Yamaha saat itu. Kemudian motif tersebut cukup lama digunakan sebelum akhirnya menjadi warna biru seperti ciri khas Yamaha saat ini.

 

Memperingati Ulang Tahun Grand Prix ke 60, Yamaha Lauching Motor Dengan Livery Khusus

 

Pada model WorldGP 60th Anniversary 2022 dijajaran Yamaha R-Series ini nantinya akan mendapatkan cat dan warna yang sama, yaitu berwarna putih dengan rantai blok merah yang pernah ikonik dimasanya. Kemudian logo garpu tala berwarna emas, tuas hitam, serta emblem peringatan khusus dicover airbox, garis merah diatas tangka bensin serta ekor, spakbor depan merah, dengan papan nomor berwarna kuning dihidung. Kemudian mereka juga menampilkan tabung upside down dan velg berkelir emas untuk menghormati para pembalap Yamaha yang berlaga di level tertinggi ajang balap motor.

“Kami telah mengikuti balapan Grand Prix selama bertahun-tahun dengan seri R. Dengan teknologi serta desain yang mengalir ke mesin Superbike dan Supersport produksi kami, membuat kami bisa menjadi dominasi utama diajang balap MotoAmerica selama bertahun-tahun”, ujar Derek Brooks, selaku Yamaha Motorcycle Product Line Manager. Untuk itulah pihaknya memberi kesempatan kepada para fans untuk bisa menjadi bagian dari sejarah balap Yamaha tersebut.

 

Masuk Dalam Jajaran Yamaha R-Series 2022

Untuk motor kelas atas, Yamaha juga menawarkan R1M 2022. Motor yang satu ini dilengkapi dengan suspense elektronik Ohlins, yang digunakan sebagai model “homologasi khusus” untuk kejuaraan World Superbike. Motor ini menjadi satu-satunya motor yang tidak mendapatkan livery spesial tersebut, tetapi menghadirkan skema warna “icon performance” terbaru. Dimana motor tersebut menonjolkan fairing depan dengan bagahn full carbon fiber dengan tangka bahan bakar alumunium, kemudian dengan fairing samping dengan sedikit aksen berwarna biru.

Kemudian ke R1 standar dengan livery “World GP 60th Anniversary” akan digabung dengan opsi warna hitam atau campuran hitam dan biru. Dari segi teknis, tidak ada ubahan dari model 1.000 cc yang mendapatkan perubahan teknis secara signifikan. Kemudian untuk R7 sendiri sudah resmi menjadi model 2022 sehingga tidak ada ubahan apapun selain livery spesial tersebut. Kemudian untuk YZF-R3 akan mendapat revisi pada bagian teknis spek mesin motor tersebut. Dimana mesin yang sekarang bisa sesuai dengan standar Euro 5. Kemudian dengan cowling atau bagian facia yang dibuat lebih rendah agar bisa disesuaikan dengan catalytic converter yang baru dari Yamaha.

Memperingati Ulang Tahun Grand Prix ke 60, Yamaha Lauching Motor Dengan Livery Khusus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencananya livery “World GP 60th Anniversary ini sudah akan ada di dealer pada Desember 2021 meskipun untuk harga resminya sendiri belum diumumkan hingga saat ini. Tapi sepertinya ajan tidak terlalu jauh harganya dengan versi 2021 saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Yamaha MT-10 dan MT-10 SP generasi terbaru akan segera diluncurkan. Kabarnya generasi terbaru dari motor naked ini akan menggunakan basis serta mesin dari Yamaha...

Motor

Sejarah Yamaha RX-King sebagai motor idola di tahun 1980-1990an tak bisa dilupakan begitu saja oleh pecinta motor jadul yang kini menjadi barang koleksi. Jakarta,...

Motor

Pos dan bengkel jaga disediakan setiap tahun oleh Yamaha, untuk menjaga keselamatan  pemudik yang mengendara motor Yamaha Jakarta, Autos.id  – Lebaran semakin dekat, Yamaha...

Motor

Yamaha Lexy yang termasuk kategori MAXI Yamaha kini tampil semakin mewah dengan penambahan emblem 3D Jakarta, Autos.id  –  Dalam kurun dua tahun kehadirannya, Yamaha...