Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Jalanan Banjir, Pilihan Motor Trail Yang Ada di Pasaran Otomotifnya

Kawasaki D-Tracker 150_1a
Kawasaki D-Tracker 150.

Last updated on 4 April, 2024

Autos.id – Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah di Indonesia memang pada saat ini tengah mendapatkan intensitas cuaca hujan yang cukup tinggi. Bahkan, dengan tingginya angka hujan tersebut membuat jalanan menjadi licin hingga tidak jarang tergenang oleh banjir. Tentunya jika banjir terjadi, motor-motor yang memiliki dimensi tingginya yang rendah seperti motor bebek ataupun motor matic tidak disarankan untuk menerjang jalanannya tersebut. Namun apabila para pecinta otomotifnya ingin menerjang banjirnya tersebut, maka model motor trail bisa jadi pilihannya. Kira-kira, pilihan model motor trail apa saja yang menarik untuk bisa menerabas jalanannya tersebut yang ada di pasaran otomotif tanah air? Mari simak informasi pilihannya berikut ini!

Kawasaki D-Tracker 150

Kawasaki D-Tracker 150_2b

Kawasaki D-Tracker 150.

Pilihan motor trail pertama yang bisa menjadi pilihan bagi para pecinta otomotifnya adalah motor besutan dari pabrikan Kawasaki. Perlu diketahui bahwa sudah cukup lama bagi Kawasaki untuk menghadirkan motor jenis trail ini dimana sudah cukup dikenali bagi pasaran otomotif Indonesia.

Untuk modelnya tersebut, Kawasaki D-Tracker 150 bisa menjadi pilihan yang pas untuk menerjang banjirnya tersebut. Motor ini mempunyai kapasitas mesin 144cc dan memiliki tenaga maksimal di angka 11,5 Hp serta torsi maksimal sebesar 11,3 Nm. Dengan mesinnya tersebut, Kawasaki D-Tracker 150 mampu mempunyai kecepatan tertingginya sebesar 110 kilometer per jam.

Lebih lanjut, motor ini mempunyai tinggi sekitar 1.130 Nm dan juga ground clearancenya berada di angka 270mm. Sementara untuk dimensi panjangnya sebesar 2.015 mm dengan lebarnya sebesar 830 mm. Untuk kapasitas tangkinya, model Kawasaki ini dibekali kapasitas tangkinya sebesar 6,9 liter sehingga dapat digunakan untuk perjalanan yang cukup jauh.

Lalu untuk harganya sendiri, Kawasaki D-Tracker 150 untuk versi terbarunya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 36,2 juta. Tentunya harganya bisa berbeda-beda karena motor ini memiliki versi Standard dan juga SE dimana punya harga lebih tinggi yang ada di pasarannya.

Honda CRF 150L

Honda CRF 150L_3c

Honda CRF 150L.

Apabila para pecinta otomotifnya menginginkan model motor trail dari pabrikan yang cukup umum di pasaran motor Indonesia, maka motor dari Honda ini bisa jadi jawabannya. Honda memperkenalkan model varian trail di pasarannya dengan menghadirkan model Honda CRF 150L yang mampu menarik perhatian pasaran tanah air.

Dirilis pada akhir tahun 2017 silam, motor ini memiliki kubikasi mesin 149,15 cc bermesin injeksi yang irit dan juga terbilang memiliki kualitas menjanjikan untuk ketahanannya. Honda CRF 150L mempunyai tenaga maksimalnya sebesar 13 Hp dan juga torsi maksimumnya berada di angka 12,43 nm pada putaran 6.500 rpm.

Untuk soal tinggi dari motor ini, Honda mendesain motor ini dengan tingginya sebesar 1153 mm dimana ground clearancenya di angka 285 mm. Sementara untuk ketinggian joknya berada di angka 869 mm, sehingga motor ini terbilang cukup tinggi untuk dibawa ke jalanannya.

Bagaimana dengan kapasitas tangkinya? Untuk Honda CRF 150L mempunyai tangki sebesar 7,2 L sehingga motor ini mampu menemani berkendara yang jauh bagi pengendaranya. Soal harga, motor Honda ini untuk versi terbaru di pasarannya mulai dijual di harga Rp 36.430.000.

Yamaha WR155R

Yamaha WR155R_4d

Yamaha WR155R.

Tidak hanya Honda dan Kawasaki saja yang menghadirkan motor trail di pasaran Indonesia, pabrikan otomotif Jepang lainnya yaitu Yamah juga turut bermain di segmen ini. Dengan menghadirkan Yamah WR155R, Yamaha memberikan alternatif pilihan untuk motor yang bisa digunakan dalam segala medan.

Untuk urusan mesin, Yamaha menempatkan mesin dengan kapasitas 155 cc dimana mesinnya tersebut juga mengusung teknologi Variable Value Actuation atau VVA. Dengan mesin tersebut, Yamaha WR155R bisa menghasilkan tenaga sebesar 12,3 Hp dan torsinya di angka 14,3 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Motor ini memiliki tinggi sebesar 1200 mm dengan ground clearancenya mencapai 245 mm. Dengan bobot 134 kg, motor ini mempunyai kapasitas bensinnya sebesar 8,1 L sehingga motor ini lebih unggul dibandingkan dengan Honda CRF 150L ataupun Kawasaki D-Tracker untuk kapasitas BBM.

Soal harga, motor ini dibanderol mulai dari Rp 38.600.000 untuk on the road Jakarta sehingga masih bisa berkompetitif dengan pabrikan Honda maupun Kawasaki di segmen trail ini.

 

Baca juga: Honda Tengah Siapkan CB1000 Type X, Spek Mesin Mirip CBR SP

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Melihat perkembangan motor listrik di Indonesia, hal ini bisa dikatakan cukup baik. Berbagai pabrikan otomotif juga...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Kawasaki merupakan salah satu pabrikan otomotif yang selalu memilki daya tarik tersendiri untuk pasaran otomotifnya. Dalam...

error: Content is protected !!