Connect with us

Hi, what are you looking for?

Toyota

Kupas Tuntas Beda Mesin Toyota Sienta dan Avanza

Mesin Toyota Sienta

Toyota Sienta dan Toyota Grand New Avanza sama-sama pakai mesin 1.5-liter. Namun meski mirip keduanya tidaklah sama. Ini perbedaan mesin Toyota Sienta dan Avanza.

Jakarta, Autos.id – Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 lalu Toyota secara resmi punya Low MPV baru, Toyota Sienta. Mobil tujuh penumpang itu berada satu kelas dengan Grand New Avanza.

Kehadiran Toyota Sienta terkesan menambah gemuk model Multi Purpose Vehicles (MPV) ditubuh Toyota. Hal ini cukup membuat tanda tanya, apalagi antara Sienta dan Avanza sama-sama dibangun di Indonesia.

Bicara soal mesin, tentu sebuah model di kelas yang sama tidak memiliki perbedaan signifikan dari sisi kapasitas mesin dan teknologi yang digunakan. Termasuk juga untuk Sienta dan Avanza. Lalu dimana letak perbedaan mesin Toyota Sienta dan Avanza?

Iwan Abdurrahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan Sienta menggunakan mesin 4-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i berkode 2NR-FE, sementara Grand New Avanza memakai mesin 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.

“Kedua mesin ini memiliki kemiripan namun tetap tidak sama karena masing-masing memiliki keunggulan”

Kedua mesin ini kata Iwan, memiliki kemiripan namun tetap tidak sama karena masing-masing memiliki keunggulan. Terkait perbedaan, kedua mesin memiliki kode mesin dan fungsi penggerak roda berbeda.

Mesin Sienta 2NR-FE memiliki spesifikasi “F” yang berarti penggunaan dua camshaft atau DOHC (Dual Over Head Camshaft) dan kode “E” berarti Electronic Fuel Injection (EFI). Mesin berkapasitas 1.497cc mampu memacu mobil hingga 105 hp dengan torsi 140 Nm yang dilengkapi pilihan transmisi otomatis CVT dan manual enam percepatan.

Beda Mesin Toyota Sienta

Mesin Avanza Beda Konstruksi

Sementara untuk Grand New Avanza kata Iwan, memakai mesin berkode 2NR-VE yang menggantikan mesin Toyota Avanza lama. Selain berbeda kode mesin, Avanza terbaru ini masih menggunakan besi baja biasa, bukan aluminimum seperti milik Sienta.

Iwan mengungkapkan setelah mencermati kedua mesin memiliki blok yang sama tapi dengan komposisi komponen berbeda, hal dapat dilihat dari posisi saringan oli, altenator, dan koil. Selain itu mesin Sienta menghadap ke depan sebab memiliki penggerak roda depan, sebaliknya Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakan mesin adalah roda belakang.

Inilah yang membuat perbedaan mesin yang digendong Toyota Sienta dan Toyota Grand New Avanza.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Masih ‘seumur jagung’, pihak TKM India akan menghentikan penjualan unit Urban Cruiser. Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari salah satu mobil besutan Toyota, yaitu...

Daftar Harga Mobil

Di pasar Indonesia, ada banyak merek mobil bekas dengan banderol terjangkau di bawah Rp100 juta. Autos.id – Bagi yang ingin membeli mobil murah namun...

Toyota

Toyota merupakan produsen mobil asal Jepang yang sudah lama memberikan mobil berkualitas di pasar Indonesia. Bagi yang berencana membeli mobil Toyota, kami hadir untuk...

Berita Otomotif

Kerjasama dengan Google membuat fitur asisten suara pada mobil-mobil Toyota tidak membutuhkan koneksi internet lagi. Autos.id – Untuk mengembangkan teknologi asisten suara, Toyota menjalin...