Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Berkenalan Dengan Kakak Toyota bz4x Bernama RAV4 EV

Toyota RAV4 EV_1a
Toyota RAV4 EV.

Last updated on 27 Maret, 2024

Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini, mobil listrik merupakan salah satu alternatif kendaraan yang hadir untuk menjawab kebutuhan pasaran otomotif dan juga akan keberlangsungan lingkungan yang lebih ramah serta bersih dimana tengah menjadi sorotan saat ini. Tentunya akan hal ini, berbagai merk otomotif di dunia menghadirkan pilihan mobil listrik yang menarik untuk pasarannya. Salah satu model mobil listrik yang hadir adalah Toyota bz4X yang punya spek modern serta desain yang memukau bagi industri otomotif pada saat ini. Namun, pernahkah pecinta otmototifnya berkenalan dengan model Toyota RAV4 EV yang merupakan kakak dari varian model bz4X tersebut?

Lahir di Era Tahun 90an

Toyota RAV4 EV_2b

Toyota RAV4 EV.

Toyota RAV4 EV sendiri merupakan salah satu model mobil kendaraan listrik awal yang diperkenalkan oleh pihak Toyota kepada publik otomotifnya. Mobil ini pertama kali diperkenalkan kepada pasaran di negara Jepang pada tahun 1996 silam. Lalu setelahnya, mobil inipun cukup dikenali oleh publik mulai tahun 1997.

Simak artikel tentang Toyota BZ4X atau Hyundai Ioniq 5 lainnya

Mobil ini sendiri hanya bertahan selama beberapa tahun saja dan pamornya sendiri bisa dikatakan telah dikalahkan oleh varian model Toyota lainnya yang juga merupakan kendaraan ramah lingkungan yaitu Prius Hybrid.

Hingga pada tahun 2003 yang merupakan akhir produksi dari model ini, penjualan Toyota RAV4 EV secara perseorangan tercatat sebesar 328 unit. Namun, mobil listrik ini mencatatkan angka penjualan yang cukup tinggi untuk segi perusahaan karena penjualannya tercatat di angka 2.200 unit pada waktu itu.

Tingginya angka penjualan kepada perusahaan tersebut tidak terlepas dari tujuan Toyota pada saat itu dimana ingin menjual model mobil listrik ini secara borongan kepada pasaran otomotifnya.

Spesifikasi Mesin Yang Dimilikinya

Toyota RAV4 EV_3c

Toyota RAV4 EV.

Model mobil listrik yang satu ini memang mempunyai mesin yang terbilang canggih pada zamannya tersebut. Hal ini dapat terlihat dimana mobil ini menggunakan baterai yang bekerja sama dengan perusahaan Panasonic dimana menggunakan baterai dengan jenis Nickel Metal Hydride (NiMH) yang memiliki kapasitas 95 Ah 27 kWh.

Sementara untuk pengecasannya sendiri, mobil listrik ini membutuhkan waktu sekitar lima jam pengecasan hingga terisi penuh untuk baterainya jika dilihat dari kapasitas baterainya kosong.

Dengan adanya penggunaan baterai tersebut, mobil ini mampu melaju sepanjang 200 kilometer saat baterainya telah terisi penuh. Selain itu, mobil ini juga dapat berjalan hingga kecepatan 126 kilometer per jam dengan sistem penggeraknya yaitu FWD.

Lewat spesifikasinya itu, Toyota RAV4 EV memiliki tenaga sebesar 67 Hp dan juga memiliki torsi puncak di angka 165 Nm dimana pada zamannya tersebut dirasa cukup menarik untuk sebuah kendaraan listrik yang hadir di pasaran otomotifnya.

Kehadiran Varian Terbarunya

Toyota RAV4 PHEV_4d

Toyota RAV4 PHEV.

Seiring berjalannya waktu, Toyota telah menghadirkan kembali model mobil RAV4 yang ramah lingkungan. Hal tersebut dapat terlihat dimanapada saat ini Toyota menghadirkan varian Toyota RAV4 PHEV sebagai pilihan kendaraan ramah lingkungan di pasarannya.

Untuk sekarang, varian model Toyota RAV4 PHEV bisa didapati bagi para pecinta otomotifnya dengan dibanderol harga sekitar Rp 1,15 miliar yang di Indonesia sendiri dipasarkan langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Tentunya kendaraan berbasis ramah lingkungan ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta otomotifnya yang ingin mempunyai mobil yang memiliki spek canggih serta didukung fitur modern di dalamnya bagi para penggunanya ketika berkendara.

 

Baca juga: Apa Saja Yang Menarik Dari Chery Omoda E5?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Mobil

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Menjadi salah satu strategi untuk mengurangi emisi gas karbon jalanan, produksi mobil listrik terus meningkat. Masyarakat...

Neta

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Memasuki penghujung Ramadhan, sudah siapkan mobil untuk mudik ke kampung halaman? Kabar gembira bagi Anda yang...

Wuling

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Sudah siap mudik dengan Wuling Binguo EV? Bagi Anda yang menggunakan kendaraan listrik, tidak perlu khawatir...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Apakah para pecinta otomotif tanah air menginginkan sebuah model motor yang kekinian dengan teknologi listrik yang...

error: Content is protected !!