Connect with us

Hi, what are you looking for?

Toyota

Hindari Benturan di Parkir Toyota Kembangkan Sensor Pintar

Intelligent Clearance Sonar

Intelligent Clearance Sonar merupakan teknologi dari Toyota yang memungkinkan mobil mengerem otomatis saat mendeteksi ada benda didekat mobil.

Tokyo, Autos.id – Jika banyak brand otomotif berlomba untuk membangun mobil dengan teknologi otonom, namun hal berbeda dilakukan Toyota. Pabrikan Jepang ini justru mengembangkan teknologi yang tersedia untuk menekan angka tabrakan saat kecepatan rendah.

Leftlane, (28/12/2016) melaporkan, teknologi yang dikembangkan Toyota yakni Intelligent Clearance Sonar (ICS). Teknologi ini sebagai deteksi dini untuk menghindari kecelakaan meski resikonya tidak seberat kecelakaan yang biasa terjadi saat mobil melaju kencang.

“Teknologi ICS justru menyasar benturan kecil yang mengakibatkan kerusakan ringan pada mobil. Seperti saat parkir yang melibatkan benturan dengan orang yang melintas”

Teknologi ICS justru menyasar benturan kecil yang mengakibatkan kerusakan ringan pada mobil. Seperti saat parkir yang melibatkan benturan dengan orang yang melintas. Toyota mencatat kurang lebih 63 ribu kecelakaan ringan melibatkan Toyota Alphard, Vellfire dan Prius di Jepang termasuk benturan saat parkir.

Intelligent Clearance Sonar

Rem Akan Aktif Otomatis Saat Mendeteksi Ada Benda

Dalam penelitian Toyota, setelah menggunakan aplikasi ini, kecalakaan kecepatan rendah dapat diturunkan secara signifikan. Toyota mengklaim penurunan kecelakaan mencapai 40 persen. Selanjutnya lebih kurang 26 ribu kendaraan Toyota akan menggunakan aplikasi ini.

Cara kerja Intelligent Clearance Sonar yaitu secara otomatis mengaktifkan rem jika sensor mendeteksi ada benda diam atau bergerak secara tiba-tiba dalam jarak tertentu dengan mobil saat mobil bergerak. Dengan sistem ini maka tak akan lagi terjadi benturan dengan benda seperti tembok atau trotoar ketika parkir, akibat pengemudi telat menginjak pedal rem.

Untuk itu Toyota terus mengajak para penggunanya untuk menggunakan aplikasi ini untuk melindungi kendaraannya dari benturan ringan yang menyebabkan kerusakan. Toyota antusias dengan pengembangan Intelligent Clearance Sonar, karena memberi keuntungan bagi pengguna akibat tidak dipusingkan dengan tagihan akibat perbaikan kerusakan ringan yang terjadi hanya karena benturan kecil saat parkir.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Belakangan ini tersiar kabar bahwa Toyota ingin meluncurkan mobil hybrid dan ‘mengorbankan’ Innova Diesel. Autos.id – Dengan Toyota mengkonfirmasi akan menghadirkan mobil hybrid pada...

Berita Otomotif

Pihak Kawasaki mengatakan kerjasama dengan Toyota untuk pengembangan tenaga hydrogen. Autos.id – Pihak Kawasaki telah membuat pengumuman resmi tentang kolaborasi dengan salah satu produsen...

Berita Otomotif

Mobil dengan harga murah memiliki pasar tersendiri di Indonesia dan menjadi pemandangan umum. Autos.id –  Segmen LCGC atau Low Cost Green Car masih memiliki...

Berita Otomotif

SUV menjadi jenis mobil favorit banyak orang belakangan ini, tapi adakah harganya yang di bawah Rp250 Juta? Autos.id – Jenis mobil SUV menjadi primadona...