Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Super KIPS Ninja 150, Begini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Kawasaki Integrated Powervalve System alias KIPS.
Kawasaki Integrated Powervalve System alias KIPS. (Sumber: YouTube)

Last updated on 29 Mei, 2024

Kawasaki Integrated Powervalve System pada seri sepeda motor Ninja 150 seringkali jadi sorotan.

Autos.id – Super KIPS, singkatan dari Kawasaki Integrated Powervalve System, adalah fitur yang ditemukan pada mesin 2-tak motor Kawasaki Ninja 150 series. Fitur ini bekerja seperti turbo yang memberikan tenaga ekstra kepada mesin.

Super KIPS tidak hanya meningkatkan performa motor secara keseluruhan, tetapi juga memiliki fungsi untuk mengurangi kadar emisi yang dihasilkan oleh mesin. Dengan adanya Super KIPS, mesin dapat mengoptimalkan pembakaran bahan bakar dan udara, sehingga menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Ninja 150 series.

Ninja 150 series. (Sumber: Kompas)

Bagaimana Cara Kerja Super KIPS?

Cara kerja Super KIPS cukup sederhana. Fitur ini menggunakan katup daya terintegrasi yang secara otomatis mengatur aliran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar mesin. Pada putaran mesin tertentu, katup akan membuka dan menutup secara otomatis untuk mencapai performa terbaik.

simak artikel menarik lain tentang cara kerja super kips

Ketika mesin bekerja pada putaran rendah, katup Super KIPS akan tetap tertutup sepenuhnya. Hal ini membantu meningkatkan torsi rendah agar akselerasi tetap lancar dan responsif. Ketika mesin mencapai putaran menengah atau tinggi, katup akan membuka untuk memaksimalkan aliran bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Ini akan meningkatkan tenaga mesin secara signifikan dan memberikan performa yang lebih tinggi.

Cara kerja KIPS.

Cara kerja KIPS. (Sumber;:Research Gate)

Selain itu, Super KIPS juga berkontribusi dalam mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh mesin. Dengan mengoptimalkan aliran bahan bakar dan udara, mesin dapat bekerja lebih efisien dan mengurangi gesekan yang berpotensi menghasilkan suara yang tidak diinginkan.

Dengan adanya Super KIPS, Kawasaki Ninja 150 series menjadi lebih bertenaga, responsif, dan ramah lingkungan. Fitur ini merupakan salah satu inovasi Kawasaki dalam meningkatkan performa motor sekaligus mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Mungkin Super KIPS sendiri bisa jadi solusi dari motor roda dua seperti Kawasaki Ninja 2-Tak.

Baca juga: Yamaha MT07 Atau Kawasaki Ninja ZX-4R?

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

error: Content is protected !!