Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Yamaha YZR500 Bekas Motor Balap GP 500 Laku Terjual Hingga Rp 5 Miliar

Yamaha YZR500 Bekas Motor Balap GP 500 Laku Terjual Hingga Rp 5 Miliar

Yamaha YZF500 yang dilelang ini merupakan motor yang pernah dipakai balap Kenny Roberts Jr balapan debut di kelas GP500 tahun 1996 silam.

Autos.id – Berbicara kiprah Yamaha di ajang balap kelas tertinggi dari masih bernama GP 500 hingga menjadi MotoGP, bisa dibilang sangatlah panjang. Pabrikan asal Jepang ini termasuk yang mempunyai segudang prestasi yang gemilang dengan raihan beberapa gelar juara dunia baik itu konstruktor hingga pembalap. Baru-baru ini salah satu motor balap Yamaha yang pernah digunakan di GP500, yaitu YZF500 dilelang dengan harga yang sangat fantastis.

Motor balap Yamaha YZF500 yang pernah digunakan oleh Kenny Roberts Jr ditahun 1996 ini dilelang dengan harga hingga Rp 5 Miliaran.

Yamaha YZR500 Bekas Motor Balap GP 500 Laku Terjual Hingga Rp 5 Miliar

Lelang Motor Balap Yamaha GP500

Dikutip dari Visordown, motor balap Yamaha YZF500 ini digunakan untuk musim balap GP500 tahun 1996. Motor ini sendiri dilelang oleh salah satu rumah lelang terkemuka di Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung harga jual untuk motor ini tergolong fantastis.

Motor Yamaha YZF500 ini laku terjual di angka 321.000 Dolar Amerika Serikat. Apabila diubah dengan kurs Rupiah, harga motor ini bisa setara dengan harga Rp 5 Miliran. Meskipun begitu, pihak rumah lelang merahasikan identitas orang yang akhirnya mendapatkan motor tersebut.

Sebagai informasi, motor yang dijual ini merupakan unit Yamaha YZF500 yang digunakan saat Kenny Roberts Jr pertama kali membalap di kelas 500 cc di tahun 1996. Pada tahun tersebut, motor yang dikendarai dengan kode resmi YZR500 OWJ1 ini membalap bersama tim Marlboro Team Roberts.

Yamaha YZR500 Bekas Motor Balap GP 500 Laku Terjual Hingga Rp 5 Miliar

Livery motor ini sendiri menggunakan corak utama warna merah yang tidak lain adalah warna ciri khas dari brand rokok Marlboro . Motor ini merupakan satu-satunya yang bisa dilelang karena motor Yamaha di era GP 500 lainnya disimpan di Museum Yamaha di Iwata, Jepang.

Saat digunakan tahun 1996 silam, kiprah Kenny Roberts Jr sendiri bersama motor ini tidak terlalu mengesankan. Sebagai pembalap rookie, Kenny Roberts hanya menempati posisi 13 klasmen GP500 tahun 1996. Rekan setimnya saat itu di tim Marloboro Team Roberts ada Norrick Abe dan Jean-Michel Bayle.

Berbicara mengenai dapur pacu, Yamaha YZR500 OWJ1 ini menggunakan mesin 499 cc, V4, 2 tak yang memiliki tenaga 180 Hp. Secara bobot, motor ini memiliki berat mencapau 130 kg berkat penggunaan rangka dari bahan alumunium serta berbagai komponen dari magnesium serta karbon.

Setelah pensiun dari dunia balap, motor ini akhirnya menjadi milik Kenny Roberts Jr. Lalu motor ini dijual kepada Rick Degan yang berada di Inggris sebelum akhirnya dia menjual lagi ke rumah lelang di California, Amerika Serikat dengan harga fantastis mencapai Rp 5 Miliran ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Beberapa alasan utama Suzuki memutuskan keluar dari MotoGP, salah satunya adalah netralitas karbon yang sedang mereka kejar. Autos.id – Kiprah Suzuki diajang balap MotoGP...

Motor

Tanpa adanya tim satelit membuat Yamaha hanya akan menurunkan 1 tim dengan 2 motor saja untuk MotoGP musim 2023 mendatang. Autos.id – Sejak keikutsertaan...

MV Agusta

Meskipun tertarik kembali ke ajang MotoGP, MV Agusta belum akan kembali ke ajang balap motor bergengsi ini setidaknya dalam beberapa tahun kedepan. Autos.id –...

Motor

Meskipun akan memudahkan pembalap dalam mengendalikan motornya, nyatanya perangkat Ride Height pada motor MotoGP modern justru mengurangi keterlibatan pembalap dalam melajukan motor yang dikendarainya...