Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Last updated on 14 Juni, 2023

Meskipun akan memudahkan pembalap dalam mengendalikan motornya, nyatanya perangkat Ride Height pada motor MotoGP modern justru mengurangi keterlibatan pembalap dalam melajukan motor yang dikendarainya tersebut.

Autos.id – Dalam beberapa tahun terakhir, ajang balap motor bergengsi yaitu MotoGP mulai banyak disusupi dengan berbagai teknologi modern dan canggih. Salah satunya adalah perangkat ride height yang pada dasarnya akan memudahkan handling saat berkendara. Namun ternyata perangkat yang satu ini justru mendapat kritikan, salah satunya adalah juara dunia 6 kali Marc Marquez.

Perangkat Ride Hight yang berpengaruh pada sistem aerodinamika motor ini justru mengurangi keterlibatan pembalap dalam mengendalikan motor saat melaju di lintasan.

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Perangkat Ride Height Pada Motor MotoGP Modern

Disadur dari Crash.net pada Rabu (23/11/2022), perangkat Ride Hight pada motor MotoGP ini akan berfungsi untuk memberikan torsi penuh mulai dari gigi 3 bahkan di akhir gigi 2. Sebelum adanya perangkat Ride Height, para pembalap harus bisa menempatkan torsi maksimalnya pada gigi-gigi tinggi seperti gigi 4, 5, hingga 6.

Selain itu keberadaan perangkat Ride Height ini juga mempengaruhi aerodinamika pada motor secara keseluruhan. Menurut Marquez, keberadaan perangkat Ride Height akan membuat titik pengereman motor menjadi lebih stabil dan lebih lebih rapat di lintasan. Namun, menurut pembalap Repsol Honda ini, perangkat Ride Height justru membuat aksi salip-menyalip di lintasan tidak sesering sebelumnya.

Ia menyebut dulu sebelum adanya perangkat Ride Height ini, pembalap harus menempatkan body mereka yang bisa memberikan pengereman dengan cara manual pada gigi-gigi tinggi. “Sekarang dengan menggunakan gigi 3 saja, penempatan body yang maksimal dengan memanfaatkan aero motor ini sudah bisa dilakukan yang meskipun membuat slip berkurang, tetapi mengurangi keterlibatan pembalap dalam menguasai motor secara manual”, ujar Marquez.

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Karena itulah, pembalap yang sudah membalap di kelas tertinggi MotoGP sejak tahun 2013 ini lebih menyukai motor jaman dulu dibandingkan sekarang. Terlebih menurut pembalap asal Spanyol ini, perangkat Ride Height ini hanya mengandalkan teknologi semata dan mengurangi rasa dan keterlibatan pembalap dengan motornya secara lebih maksimal.

Ia melihat bahwa seharusnya motor MotoGP merupakan motor yang dikendalikan secara manual tanpa bantuan teknologi super canggih. Ia juga melihat bahwa balapan MotoGP saat ini dianggap kurang menantang sehingga ia melihat bahwa banyak potensi dari pembalap yang kurang bisa dieksplor secara maksimal karena mulai menjamurnya teknologi-teknologi canggih.

Baca juga: Bikin Melongo! Harga Motor MotoGP Lebih Dari 70 Miliar?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Brad Binder dan Jack Miller mengandalkan KTM RC16 untuk menjalani setiap balapan MotoGP 2023, tapi seperti apa spesifikasi motor purwarupa dari KTM ini? Autos.id...

Aksesoris

Autos.id – MotoGP adalah ajang balap motor paling prestisius di dunia, di mana kecepatan dan performa motor menjadi faktor kunci untuk meraih kemenangan. Salah...

Berita Otomotif

Ketika melihat para rider MotoGP bersaing di sirkuit, pasti muncul pertanyaan ‘apa fungsinya punuk di baju balap motor?’. Autos.id – Setiap rider MotoGP selalu...

Motor

Autos.id – Berbicara mengenai kisaran harga motor MotoGP, dapat dikatakan bahwa harga tersebut berada pada level yang sangat tinggi. Motor MotoGP memang tidaklah murah,...

error: Content is protected !!