Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Meskipun akan memudahkan pembalap dalam mengendalikan motornya, nyatanya perangkat Ride Height pada motor MotoGP modern justru mengurangi keterlibatan pembalap dalam melajukan motor yang dikendarainya tersebut.

Autos.id – Dalam beberapa tahun terakhir, ajang balap motor bergengsi yaitu MotoGP mulai banyak disusupi dengan berbagai teknologi modern dan canggih. Salah satunya adalah perangkat ride height yang pada dasarnya akan memudahkan handling saat berkendara. Namun ternyata perangkat yang satu ini justru mendapat kritikan, salah satunya adalah juara dunia 6 kali Marc Marquez.

Perangkat Ride Hight yang berpengaruh pada sistem aerodinamika motor ini justru mengurangi keterlibatan pembalap dalam mengendalikan motor saat melaju di lintasan.

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Perangkat Ride Height Pada Motor MotoGP Modern

Disadur dari Crash.net pada Rabu (23/11/2022), perangkat Ride Hight pada motor MotoGP ini akan berfungsi untuk memberikan torsi penuh mulai dari gigi 3 bahkan di akhir gigi 2. Sebelum adanya perangkat Ride Height, para pembalap harus bisa menempatkan torsi maksimalnya pada gigi-gigi tinggi seperti gigi 4, 5, hingga 6.

Selain itu keberadaan perangkat Ride Height ini juga mempengaruhi aerodinamika pada motor secara keseluruhan. Menurut Marquez, keberadaan perangkat Ride Height akan membuat titik pengereman motor menjadi lebih stabil dan lebih lebih rapat di lintasan. Namun, menurut pembalap Repsol Honda ini, perangkat Ride Height justru membuat aksi salip-menyalip di lintasan tidak sesering sebelumnya.

Ia menyebut dulu sebelum adanya perangkat Ride Height ini, pembalap harus menempatkan body mereka yang bisa memberikan pengereman dengan cara manual pada gigi-gigi tinggi. “Sekarang dengan menggunakan gigi 3 saja, penempatan body yang maksimal dengan memanfaatkan aero motor ini sudah bisa dilakukan yang meskipun membuat slip berkurang, tetapi mengurangi keterlibatan pembalap dalam menguasai motor secara manual”, ujar Marquez.

Mengenal Perangkat Ride Height Yang Ada Pada Motor MotoGP Modern

Karena itulah, pembalap yang sudah membalap di kelas tertinggi MotoGP sejak tahun 2013 ini lebih menyukai motor jaman dulu dibandingkan sekarang. Terlebih menurut pembalap asal Spanyol ini, perangkat Ride Height ini hanya mengandalkan teknologi semata dan mengurangi rasa dan keterlibatan pembalap dengan motornya secara lebih maksimal.

Ia melihat bahwa seharusnya motor MotoGP merupakan motor yang dikendalikan secara manual tanpa bantuan teknologi super canggih. Ia juga melihat bahwa balapan MotoGP saat ini dianggap kurang menantang sehingga ia melihat bahwa banyak potensi dari pembalap yang kurang bisa dieksplor secara maksimal karena mulai menjamurnya teknologi-teknologi canggih.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Yamaha YZF500 yang dilelang ini merupakan motor yang pernah dipakai balap Kenny Roberts Jr balapan debut di kelas GP500 tahun 1996 silam. Autos.id –...

Motor

Tanpa adanya tim satelit membuat Yamaha hanya akan menurunkan 1 tim dengan 2 motor saja untuk MotoGP musim 2023 mendatang. Autos.id – Sejak keikutsertaan...

MV Agusta

Meskipun tertarik kembali ke ajang MotoGP, MV Agusta belum akan kembali ke ajang balap motor bergengsi ini setidaknya dalam beberapa tahun kedepan. Autos.id –...

Ducati

Raihan 2 gelar juara dunia MotoGP dan World Superbike menjadi tanda bahwa pabrikan asal Italia ini terus berinovasi untuk selalu menjadi yang terbaik dikedua...