Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Servis Mobil Setelah Liburan? Wajib Banget

Servis Mobil Setelah Dipakai Liburan, Bagian Ini Perlu Diperhatikan

rSetelah digunakan untuk liburan jarak jauh, mobil yang Anda gunakan tersebut perlu dilakukan servis untuk melihat apakah kondisi mobil masih dalam keadaan prima atau tidak.

Autos.id – Setelah liburan, Servis mobil jadi bagian penting. Apalagi liburan panjang seperti momen natal dan tahun baru banyak digunakan oleh orang-orang untuk berlibur. Salah satunya dengan melakukan perjalanan road trip menggunakan mobil. Ketika liburan telah usai, tentu mobil yang Anda gunakan setelah liburan telah mengalami beberapa perubahan kondisi.

Untuk itulah ketika selesai digunakan untuk perjalanan road trip, mobil yang Anda gunakan tersebut perlu melakukan servis atau perwatan berkala.

Dan ketika melakukan servis atau perawatan berkala, ada beberapa bagian dari mobil yang perlu Anda perhatikan. Karena mungkin saja, bagian tersebut mengalami kerusakan karena pemakaian sepanjang liburan tersebut. Berikut adalah beberapa bagian mobil yang perlu diperhatikan saat melakukan servis setelah dipakai road trip liburan.

Servis Mobil Setelah Dipakai Liburan, Bagian Ini Perlu Diperhatikan

1. Ban Mobil

Bisa bilang, ban mobil merupakan salah satu bagian penting yang perlu Anda perhatikan ketika servis setelah liburan. Karena ban merupakan komponen yang langsung bersentuhan dengan aspal jalanan dan melewati segala kondisi jalan selama liburan.

Ketika melewati berbagai kondisi jalan, tentu kemungkinan ban mobil yang bocor hingga ban yang menipis akan selalu ada. Dan apabila kondisi tersebut kita biarkan, tentu akan membahayakan keselamatan Anda. Jadi penting untuk melakukan pengecekan kondisi ban dan segera lakukan pergantian ban apabila kondisinya sudah tidak layak jalan lagi.

2. Oli Mesin

Bagian berikutnya dari mobil yang juga perlu Anda perhatikan ketika servis setelah kita pakai liburan adalah cek oli mesin. Dalam perjalanan panjang, tentu Anda sering membawa beban yang banyak dan membuat mesin bekerja dalam kondisi berat.

Ketika mesin bekerja lebih berat dari seharusnya, tentu akan membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal lagi. Ketika sudah begitu, coba Anda melakukan pergantian oli mesin ketika servis di bengkel.

3. Mesin Mobil

Bagian utama lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah pada bagian mesin mobil itu sendiri. Saat penggunaan untuk liburan jarak jauh, mesin mobil merupakan komponen yang paling menyala untuk menggerakan mobil.

Saat melakukan servis, selain mengecek kondisi baik itu mengecek kinerja mesin Anda bisa melihat apakah ada kebocoran atau kerusakan pada beberapa bagian mesin. Atau cara termudah dengan melihat di panel instrumen apakah ada tanda peringatan menyala atau tidak yang berkaitan dengan mesin.

4. Bagian Kolong Mobil

Bagian lainnya dari mobil yang juga perlu Anda cek setelah pemakaian liburan adalah bagian kolong mobil. Karena ketika pakai untuk road trip atau perjalanan jauh, tentu akan melewati berbagai medan dan kontur jalan yang beragam.

Mungkin saja ada kerikil atau batu yang masuk ke sela-sela kolong mobil. Dan ketika membiarkan begitu saja, tentu akan mengakibatkan efek yang cukup merusak pada bagian tersebut. Sehingga ketika mendeteksi adanya batu atau kerikil di kolong mobil untuk segera bersihkan.

5. Suspensi

Dan bagian lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah bagian suspensi atau shock braker. Karena ketika gunakan untuk liburan dan melewati berbagai medan jalan, tentu akan berpengaruh pada kinerja suspensi mobil ini.

Coba jalankan mobil Anda dan rasakan apakah bantingan di mobil masih tetap bagus atau justru mulai kurang nyaman. Ketika merasa sudah tidak nyaman, maka saat servis mobil, suspensi mobil ini perlu kalian ganti atau servis, tentu saja perhatikan kualitasnya agar dapat yang lebih baik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Meskipun sering di anggap remeh, nyatanya bagian V-Belt CVT pada motor Matic perlu mendapatkan perawatan rutin agar komponen ini bisa terus berfungsi secara optimal....

Motor

Autos.id – Kabel rem putus saat berjalan? Terus seperti apa ciri-cirinya? Salah satu komponen penting dari sebuah sepeda motor adalah dari sistem pengeremannya. Selain...

Mobil

Membeli mobil second ex taksi tidak sekedar mencari harga yang murah saja, tetapi kondisi mobil masih berkualitas dan layak jalan. Autos.id – Berbicara mengenai...

Mobil

Untuk Anda yang memiliki mobil dengan fitur Sunroof, beberapa tips dan trik perlu Anda perhatikan baik-baik agar Sunroof bisa awet dan tahan lama. Autos.id...