Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Head Unit Mobil Anda Tidak Ada Fitur Bluetooth? Ini Solusinya

Head Unit Mobil Anda Tidak Ada Fitur Bluetooth? Ini Solusinya

Beberapa alat ini mungkin bisa menjadi solusi agar Head Unit mobil Anda yang tidak memiliki fungsi Bluetooth, bisa memiliki fitur Bluetooth layaknya Head Unit mobil-mobil keluaran terbaru.

Autos.id – Pada mayoritas mobil-mobil keluaran terbaru, secara standar Head Unit mobil sudah dilengkapi dengan layar sentuh serta fitur Bluetooth. Selain bisa memakai untuk telepon, fungsi Bluetooth juga bisa digunakan untuk pemutar musik dari smartphone. Namun banyak mobil keluaran lama yang tidak memiliki fungsi Bluetooth dan Anda malas untuk menggantinya dengan Head Unit Aftermarket karena berbagai alasan.

Kali ini Autos.id akan memberikan solusi beberapa alat yang bisa menghubungkan Head Unit mobil tanpa Bluetooth bisa terkoneksi dengan Bluetooth dari Smartphone Anda.

Head Unit Mobil Anda Tidak Ada Fitur Bluetooth? Ini Solusinya

Bluetooth FM Transmitter

1. Bluetooth FM Transmitter

Alat pertama yang bisa Anda gunakan adalah Bluetooth FM Transmitter. Penggunaan alat yang satu ini tergolong cukup mudah dan bisa langsung terkoneksi dengan Smartphone Anda. Pertama colokan Bluetooth FM Transmitter ini ke colokan lighter atau power outlet 12 Volt pada mobil Anda.

Lalu Anda tinggal mencari gelombang radio di Head Unit yang sudah sesuaikan dengan gelombang FM yang di setting pada Bluetooth FM Transmitter. Setelah itu, Anda tinggal menyalakan Bluetooth di Smartphone Anda dan secara otomatis akan tersambung ke Head Unit. Barulah lagu yang anda putar di Smartphone bisa didengarkan di Speaker mobil Anda.

Head Unit Mobil Anda Tidak Ada Fitur Bluetooth? Ini Solusinya

Bluetooth Audio Receiver

2. Bluetooth Audio Receiver Solusi Buat Head Unit Mobil

Alat berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah Bluetooth Audio Receiver. Alat yang satu ini cara kerjanya kurang lebih mirip dengan Bluetooth FM Transmitter. Perbedaanya adalah apabila Bluetooth FM Transmitter dicolok ke colokan lighter atau power outlet 12 volt, maka Bluetooth Audio Receiver terpasang ke USB atau AUX HU tersebut.

Setelah tersambung ke USB atau AUX Head Unit, Anda tinggal menyalakan Bluetooth dari Smartphone Anda. Tidak perlu pusing-pusing mencari nama perangkat yang tersambung karena nama Bluetooth yang terpasang akan sama dengan merek Receiver tersebut. Setelah itu audio yang memutar dari Smartphone Anda bisa dengarkan dari speaker mobil Anda.

Head Unit Mobil Anda Tidak Ada Fitur Bluetooth? Ini Solusinya

Cassette Tape Adapter

3. Cassette Tape Adapter cocok buat head unit mobil

Apabila radio tape mobil masih terpakai, pasti alat ini bisa Anda gunakan adalah Cassette Tape Adapter. Anda tinggal memasukan Casstte Tape Adapter yang memiliki bentuk seperti tape kaset ini ke slot kaset pada Head Unit mobil Anda. Lalu colokan jack audio 3,5 mm yang sudah terpasang pada Cassette Tape Adapter ini ke colokan jack 3,5 mm Smartphone Anda.

Setelah itu anda bisa memainkan lagu dari Smartphone Anda serta bisa medengarkan di Speaker mobil Anda. Jadi cara penggunaannya juga tergolong sangat mudah dan praktis dan harganya yang tergolong terjangkau daripada alat lainnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Periode lebaran dan libur sekolah menjadi ladang rezeki bagi tempat-tempat persewaan mobil. Tentu saja, pada momen...

Mobil

Last updated on 15 April, 2024 Autos.id – Hujan lebat merupakan ancaman bagi siapapun, terutama bagi pengendara yang sedang melaju di jalanan. Salah satu...

Mobil

Peringatan! Kian Meningkat Penjualan Bensin Oplosan dengan Trik-Trik Curang yang Mengancam Kendaraan Anda. Autos.id – Dalam waktu dekat, semakin banyak orang yang menjual bensin...

Mobil

Last updated on 6 Juli, 2023 Autos.id – Merawat VW Kodok memang bisa dibilang tantangan, tapi jangan khawatir! Meskipun Volkswagen Beetle sudah lama hadir...

error: Content is protected !!