Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Akan Mempercepat Pengembangan GR Yaris Bertransmisi Otomotis

Toyota Akan Mempercepat Pengembangan GR Yaris Bertransmisi Otomotis

Dengan percepatan pengembangan GR Yaris bertransmisi otomatis ini, diharapkan akan bisa segera diluncurkan pada kuartal ketiga atau keempat tahun 2022 ini.

Autos.id – Rumor mengenai kehadiran Toyota GR Yaris nanpaknya sudah mulai menemukan jalan terangnya. Pabrikan asal Jepang tersebut bahkan akan mempercepat proses pengembangan Toyota GR Yaris yang menggunakan transmisi otomatis tersebut. Dan bahkan belum lama ini prototipe Toyota GR Yaris bertransmisi otomatis ini diuji coba dalam Toyota Gazoo Rally Racing Challenge di Jepang baru-baru ini.

Dalam uji coba ini akan menentukan bagaimana formula yang tepat untuk Toyota GR Yaris bertranmsisi otomatis yang akan di luncurkan tersebut.

Toyota Akan Mempercepat Pengembangan GR Yaris Bertransmisi Otomotis

Beberapa Pengujian Yang Dilakukan

Seperti yang di beritakan Motor1 pada Selasa (19/4/2022), Toyota menunuk wakil ketua perusahaan, Shigeru Hayakawa sebagai test driver dalam proses pengujian GR Yaris bertransmisi otomatis tersebut. Hayakawa akan bertugas untuk mengetes serta menilai bagaimana formula yang tepat dalam pengembangan GR Yaris transmisi otomatis ini.

Sebelum memilih Hayakawa, Toyota sempat mencoba menggunakan beberapa pembalap reli profesional sebagai tester mobil ini. Hal ini terjadi karena pada dasarnya Toyota GR Yaris merupakan mobil homologasi untuk ajang balap reli dunia atau World Rally Championship. Namun pada akhirnya, Toyota memilih Hayakawa karena memiliki gaya mengemudi yang lebih mencerminkan pengguna mobil yang lebih jujur.

Selama pengetesan dan pengembangan ini, Toyota mengalami beberapa masalah selama pengujian. Seperti ketika menurunkan gigi dari gigi ketiga ke gigi kedua tidak bisa melakukan akselerasi yang lebih tajam. Karena hal tersebut membuat gearbox otomatis ini harus di lakukan kalibrasi yang membuat perpindahan gigi lebih optimal.

Toyota Akan Mempercepat Pengembangan GR Yaris Bertransmisi Otomotis

Dan yang menarik, untuk GR Yaris transmisi otomatis ini, Toyota akan menggunakan metode perpindahan gigi mode manual yang dibuat layaknya pada sebuah mobil balap. Selain itu pertimbangan Toyota yang akan melakukan pendekatan perpindahan gigi dengan mode manual layaknya mobil balap ini juga sudah sesuai rekomendasi dari salah satu tester.

Toyota juga menyebut bahwa dalam pengetesan GR Yaris bertransmisi otomatis ini, mereka akan melakukan pengujian untuk beberapa bulan lagi. Nantinya Toyota akan mengevaluasi lagi bagaimana ketahanan serta keawetan transmisi otomatis terutama di iklim suhu yang cukup tinggi. Dengan begitu GR Yaris bertransmisi otomatis ini bisa segera dihadirkan sebelum kuartal ketiga dan keempat tahun 2022 ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga