Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Selama 14 Tahun, Daihatsu Sukses Pertahankan Peringkat 2 Penjualan Otomotif Nasional

Daihatsu-Sigra

Last updated on 20 Januari, 2023

Catak Rekor Market Share 18,6% Jadi Yang Tertinggi Sepanjang Sejarah Daihatsu di Indonesia

Jakarta, Autos.id  – Mengawali tahun 2023, pasar otomotif di Indonesia selama tahun 2022 catatkan raihan positif dengan penjualan ritel lebih dari 1 juta unit, atau naik sekitar 17,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 863 ribu unit. Sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional, pada periode yang sama, Daihatsu catatkan penjualan ritel sebanyak 188.660 unit, atau naik 24,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sejumlah 151.107 unit.

Secara persentase, kenaikan raihan penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2022 lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi 18,6%, atau naik sebesar 1,1% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sebesar 17,5%.

Capaian ini juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009, serta mencatatkan rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia.

Foto bersama manajemen Daihatsu

Salah satu faktor utama kenaikan signifikan pasar otomotif, khususnya Daihatsu berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui PPnBM DTP yang berlangsung sejak selama Kuartal I hingga Kuartal III tahun 2022 lalu. Selain itu, faktor pendukung lainnya yang menyebabkan pasar otomotif nasional kembali menembus volume lebih dari 1 juta unit adalah pertumbuhan signifikan permintaan kendaraan pada segmen SUV.

Ditambah, sepanjang tahun 2022 Daihatsu telah meluncurkan 4 produk barunya yang mewarnai industry otomotif tanah air, seperti Sirion pada bulan Juni 2022 lalu, disusul Sigra (Juli), Rocky (Agustus), dan GranMax (Agustus).

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga selama tahun 2022 tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 47.066 unit, atau berkontribusi sekitar 24,9%; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 45.617 unit (24,2%); dan Xenia dengan raihan 23.966 unit (12,7%).

“Kami bersyukur, dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2022 dengan raihan positif. Capaian ini menjadi catatan penting Daihatsu dalam mempertahankan posisi nomor 2 pasar otomotif di Indonesia selama 14 tahun berturut-turut, sekaligus capaian market share tertinggi dalam sejarah penjualan Daihatsu di Indonesia sebesar 18,6%. Semoga capaian baik ini dapat terus kami raih di tahun berikutnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daihatsu

Tangerang, Autos.id  –  Daihatsu hadir warnai GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) yang berlangsung pada 18-28 Juli 2024 di Tangerang. Booth Daihatsu berlokasi di...

Mobil

Jakarta, Autos.id –  Selama tahun 2023, Sigra menjadi pilihan utama keluarga Indonesia di segmen pasar LCGC MPV yang berkontribusi sebesar 58%, dengan total penjualan...

Mobil

Last updated on 28 Juni, 2024 Jakarta, Autos.id  –  UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berperan penting dalam perekonomian Indonesia dan menjadi salah satu...

Berita Otomotif

Last updated on 27 Juni, 2024 Jakarta, Autos.id  –  Penjualan ritel Daihatsu selama 5 bulan catatkan capaian yang baik, yakni sebanyak 76.313 unit. Secara...

error: Content is protected !!