Connect with us

Hi, what are you looking for?

KTM

Kilas Balik Sejarah Perjalanan Motor KTM di Dunia

sejarah motor KTM

Last updated on 21 Agustus, 2023

KTM adalah salah satu merek motor terkenal di dunia, namun seperti apa sejarah motor KTM dari awal hingga kini? 

Jakarta, Autos.id  –  Perusahaan motor KTM AG adalah salah satu dari tiga pusat manufaktur sepeda motor utama di dunia. Brand motor asal Austria ini berkuasa sebagai merek motor terbesar #1 di Eropa yang dimiliki oleh Pierer Mobility AG dan pabrikan India Bajaj Auto. Di atas KTM ada Harley-Davidson dari Wisconsin adalah produsen nomor satu di Amerika. Sedangkan di Asia ada Hero MotoCorp dari India yang juga merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia.

Diketahui pada tahun 2016, sejumlah motor KTM AG berhasil meraih jumlah penjualan sepeda motor terbanyak mengalahkan Ducati, BMW, dan Aprilia. Di tahun 2016 saja, KTM menjual 203.423 unit motor di seluruh dunia. KTM AG masih konsisten membangun motorsport siap balap untuk berkendara yang kompetitif.

Motor KTM sudah memenangkan lebih dari 130 kejuaraan dunia, kemenangan di Dakar, dan kejuaraan nasional yang tak terhitung jumlahnya. Prestasi tersebut menjadi bukti keahlian teknis perusahaan motor Eropa yang luar biasa. Selain itu, KTM AG juga merupakan pembuat hypercar X-Bow yang debut di Geneva Motor Show 2008 yang mana masih diproduksi hingga saat ini. Baru-baru ini, perusahaan motor KTM AG telah masuk ke dalam kategori streetbike dengan berbagai mesin sport adventure-touring road-going. Hal ini membuat KTM adalah salah satu produsen motor off-road terkemuka akan ketangguhannya di mata dunia.

Sejarah Motor KTM AG

Awal Kehadiran

Kisah motor KTM dimulai pada tahun 1934, jauh sebelum ide motor balap dan supercar berperforma tinggi dikonseptualisasikan. Sang insinyur Austria, Hans Trunkenpolz, membuka bengkel mobil pertamanya di Mattighofen. Tiga tahun kemudian, toko Trunkenpolz menjual motor DKW dan menambahkan mobil Opel ke penawaran perusahaannya di tahun berikutnya.

Potret Hans Trunkenpolz, Founder KTM

Potret Hans Trunkenpolz, Founder KTM

Toko itu kemudian dikenal sebagai Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Kraftfahrzeug, bahasa Jerman untuk kendaraan bermotor, Trunkenpolz, dinamai menurut pendirinya Hans Trunkenpolz; dan Mattighofen, lokasi toko. Nama panjang itulah yang menjadi awal dari nama merek KTM.

Trunkenpolz membuat prototipe motor pertamanya pada tahun 1951 yang disebut R100. R100 menggunakan semua suku cadang bespoke in-house, kecuali mesin Rotax yang dipasok oleh Fitchel & Sachs. Lalu KTM mulai memproduksi R100 pertamanya pada tahun 1953.

Pada tahun yang sama, Trunkenpolz bermitra dengan pengusaha Ernst Kronreif yang menjadi investor utama dan pemegang saham KTM. Perusahaan itu kemudian berganti nama menjadi Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen. Hingga pada tahun 1954, KTM memperkenalkan tiga produk baru yaitu R125 Tourist serta skuter Grand Tourist dan Mirabell pada tahun 1955.

Baca juga: Kilas Balik Sejarah Harley-Davidson di Indonesia Sejak 1920

Debut ke Segmen Balapan dan Model Teranyar

KTM membuat sejarah debut balap motor resmi mereka pada tahun 1954 dan mengamankan gelar pertama mereka di kejuaraan nasional 125cc Austria. Mereka tampil di International Six Days Trials 1956, acara sepeda motor off-road tertua di dunia yang disetujui oleh FIM. Hingga pada akhirnya KTM membawa pulang medali emas berkat pembalap Egon Dornauer.

Pembalap KTM Pertama, Egon Dornaurer Memenangkan International Six Days Trials 1956

Pembalap KTM Pertama, Egon Dornaurer Memenangkan International Six Days Trials 1956

Lalu KTM membangun motor sport khusus pertama mereka pada tahun 1957 yang diberi nama Trophy 125cc. Debut motor-motor KTM dilanjutkan dengan terciptanya moped pertama mereka, Mecky pada tahun 1957, Ponny I (1960), Ponny II (1962), dan Comet (1963). Mecky, Ponny I dan II menjadi transportasi perkotaan yang terpercaya sementara Comet menjadi favorit baru bagi para pembalap off-road.

KTM memenangkan kejuaraan FIM Motocross GP pertama pada tahun 1974 dengan pembalap motorcross Rusia, Guennady Moisseev, yang memenangkan kelas 250cc dengan KTM 250. Kemenangan ini menjadi pintu pembuka lebih dari 260 kejuaraan dunia yang diklaim oleh KTM selama 40 tahun.

Baca juga: Mengenal Sejarah Ducati di Masa Awal

Pertumbuhan Perusahaan

Pada tahun 1971, KTM telah berhasil membuat sebanyak 42 model berbeda dalam jajaran produk mereka. KTM juga memproduksi motor balap khusus untuk industri balap sepeda motor. Selama tahun 1970-an hingga 1980-an, KTM mulai memproduksi radiator untuk beberapa produsen mobil Eropa. Bisnis radiator sendiri menyumbang sebagian besar pendapatan KTM sepanjang tahun 80-an.

Hingga pada tahun 1978, KTM mendirikan anak perusahaan mereka di Amerika Utara, tepatnya di Lorain, Ohio. Lalu tak berselang lama, KTM berganti nama menjadi KTM Motor-Fahrzeugbau KG tepatnya pada tahun 1980. Berkat pertumbuhan pasar saat itu, pendapatan yang dicapai oleh motor-motor KTM adalah sebanyak $750 juta pada tahun 1981 dan menyumbang untuk 76% bisnis internasional.

Sejarah kejayaan motor KTM mulai tergantikan ketika pabrikan Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki telah memasuki pasar sepeda motor internasional pada 1980-an. Tidak butuh waktu lama bagi Asian Invasion untuk memiliki kekuatan dominan baru dalam manufaktur dan penjualan sepeda motor. Keberhasilan hanya dalam semalam dari merek sepeda motor Jepang itulah yang mencekik penjualan skuter dan moped KTM hingga mengalami jeda produksi pada tahun 1988. Ditambah dengan kematian CEO saat itu, Erich Trunkenpolz (putra Hans Trunkenpolz) dan 51% saham diambil alih oleh politisi Austria Josef Taus pada tahun 1989.

Baca juga: Honda NSR 150: Sejarah, Spesifikasi, dan Harga di Indonesia

Kebangkitan Motor KTM

Sejarah motor KTM paling signifikan adalah masa kebangkitan mereka. Portofolio produk yang telah dikembangkan KTM selama tahun 70-an dan 80-an dibagi menjadi empat entitas terpisah pada tahun 1992. Untuk sepeda sekarang diproduksi oleh KTM Fahrrad GmbH, radiator otomotif dibuat oleh KTM Kühler GmbH, manufaktur perkakas ditugaskan ke KTM Werkzeugbau GmbH. KTM Sportmotorcycle memulai dengan lambat, tetapi secara efisien meningkatkan produksi dan omset mereka di tahun-tahun berikutnya.

Di bawah kepemilikan baru oleh KTM Motorradholding GmbH (perusahaan gabungan antara Cross Holding dan investor lain), KTM Sportmotorcycle memperoleh pijakan baru. Sekali lagi KTM melanjutkan segmen motorsport mereka dan bertindak sebagai sponsor dan pesaing dalam banyak acara balap motor resmi. Sepeda motor sport Duke diperkenalkan pada tahun 1994 dan menjadi model standar perusahaan yang paling populer. Pada tahun 1996, KTM memulai debutnya dengan livery warna oranye. Lalu pada 1997, varian Supermoto bermesin 4-cylinder berpendingin cairan dan varian Adventure sebagai motor performa tinggi membuat penampilan pertama mereka.

Motor KTM Supermoto 1997

Motor KTM Supermoto 1997

Pada tahun 1995, KTM membeli Husaberg AB Swedia dan pada tahun 2013 juga mengakuisisi pesaing Swedia lainnya, Husqvarna. Bagaikan usaha tak pernah mengkhianati hasil, pada tahun 2015, KTM berkembang menjadi produsen sepeda motor terbesar di Eropa. Dikabarkan bahwa pendapatan motor KTM pada saat itu mencapai 1 miliar Euro atau sekitar Rp 16,4 triliun. Tak cukup sampai situ, KTM mampu menggabungkan tiga dari empat divisi yang sempat dipecah pada tahun 1992.

Baca juga: Daftar Harga Motor KTM di Indonesia

Tipe dan Spesifikasi Mesin Motor KTM

KTM mengkhususkan diri pada sepeda motor performa tinggi untuk penggunaan jalanan, off-road, dan arena balap. Terhitung hingga akhir 2021, jajaran motor off-road KTM dibagi menjadi enam kategori, yaitu:

  • Motocross atau MX
  • Enduro
  • Electric Balance
  • Travel
  • Supermoto
  • Supersport

Di tiap kategori motor KTM itupun punya banyak varian atau tipe yang unggul di segmennya masing-masing. Di bawah ini Autos rangkum semua tipe motor KTM beserta spesifikasi singkat dan harganya.

1. Motorcross (MX)

KTM 450 SX-F Factory Edition 2021

KTM 450 SX-F Factory Edition 2021

450 SX-F Factory Edition 2021

Spesifikasi:

Tipe mesin: 450 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 5-speed electric starter
Stroke (jarak piston): 63.4 mm
Bore (diameter silinder): 95 mm
Clutch: DDS multi-disc, hidrolika Brembo
Berat (belum terisi bahan bakar): 100,5 kg
Kapasitas tangki: 7 liter
Tinggi jok: 950 mm
Ground clearance: 370 mm
Rem depan: disc 260 mm
Rem belakang: disc 220 mm
Suspensi depan: WP XACT-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XACT Monoshock
Desain rangka: tipe baja 25CrMo4 central double-cradle

250 SX-F Troy Lee Design 2021

250 SX-F Troy Lee Design 2021

250 SX-F Troy Lee Design 2021

Spesifikasi:

Tipe mesin: 250 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 5-speed electric starter
Stroke (jarak piston): 52.3 mm
Bore (diameter silinder): 78 mm
Clutch: DDS multi-disc, hidrolika Brembo
Berat (belum terisi bahan bakar): 101 kg
Kapasitas tangki: 7 liter
Tinggi jok: 950 mm
Ground clearance: 370 mm
Rem depan: disc 260 mm
Rem belakang: disc 220 mm
Suspensi depan: WP XACT-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XACT Monoshock
Desain rangka: tipe baja 25CrMo4 central double-cradle

50 SX Factory Edition 2022

50 SX Factory Edition 2022

50 SX Factory Edition 2022

Spesifikasi:

Tipe mesin: 50 cc 1-cylinder, 2-stroke
Transmisi: single-speed automatic kickstarter
Stroke (jarak piston): 40 mm
Bore (diameter silinder): 39.5 mm
Clutch: Centrifugal (dapat disesuaikan)
Berat (belum terisi bahan bakar): 41,5 kg
Kapasitas tangki: 2,3 liter
Tinggi jok: 665 mm
Ground clearance: 252 mm
Rem depan: disc 160 mm
Rem belakang: disc 160 mm
Suspensi depan: WP XACT-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XACT Upside-Down 35 mm
Desain rangka: tipe central-tube double-cradle

2. Enduro

350 EXC-F Six Days 2022

350 EXC-F Six Days 2022

Spesifikasi:

Tipe mesin: 350 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 6-speed electric starter
Stroke (jarak piston): 57.5 mm
Bore (diameter silinder): 88 mm
Clutch: DDS multi-disc, hidrolika Brembo
Berat (belum terisi bahan bakar): 104,3 kg
Kapasitas tangki: –
Tinggi jok: 960 mm
Ground clearance: 355 mm
Rem depan: disc 260 mm
Rem belakang: disc 220 mm
Suspensi depan: WP XPLOR-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XPLOR PDS Shock Absorber
Desain rangka: tipe baja 25CrMo4 central double-cradle

450 XC-F 2022

450 XC-F 2022

450 XC-F 2022

Spesifikasi:

Tipe mesin: 450 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 5-speed electric starter
Stroke (jarak piston): 63.4 mm
Bore (diameter silinder): 95 mm
Clutch: DDS multi-disc, hidrolika Brembo
Berat (belum terisi bahan bakar): 101 kg
Kapasitas tangki: 8.5 liter
Tinggi jok: 950 mm
Ground clearance: 370 mm
Rem depan: disc 260 mm
Rem belakang: disc 220 mm
Suspensi depan: WP XACT-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XACT Monoshoc dengan linkage
Desain rangka: tipe baja 25CrMo4 central double-cradle

300 EXC TPI Six Days 2022

Harga: Rp 182,5 juta
Spesifikasi

Tipe mesin: 300 cc 1-cylinder, 2-stroke
Transmisi: 6-speed electric starter
Stroke (jarak piston): 72 mm
Bore (diameter silinder): 72 mm
Clutch: DDS multi-disc, hidrolika Brembo
Berat (belum terisi bahan bakar): 103,9 kg
Kapasitas tangki: 9 liter
Tinggi jok: 960 mm
Ground clearance: 370 mm
Rem depan: disc 260 mm
Rem belakang: disc 220 mm
Suspensi depan: WP XPLOR-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XPLOR PDS Shock Absorber
Desain rangka: tipe baja 25CrMo4 central double-cradle

300 EXC TPI Erzbergrodeo 2022

300 EXC TPI Erzbergrodeo 2022

300 EXC TPI Erzbergrodeo 2022

Spesifikasi:

Tipe mesin: 300 cc 1-cylinder, 2-stroke
Transmisi: 6-speed electric starter
Stroke (jarak piston): 72 mm
Bore (diameter silinder): 72 mm
Clutch: DDS multi-disc, hidrolika Brembo
Berat (belum terisi bahan bakar): 103,9 kg
Kapasitas tangki: 9 liter
Tinggi jok: 960 mm
Ground clearance: 370 mm
Rem depan: disc 260 mm
Rem belakang: disc 220 mm
Suspensi depan: WP XPLOR-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XPLOR PDS Shock Absorber
Desain rangka: tipe baja 25CrMo4 central double-cradle

Baca juga: Kawasaki Luncurkan KLX110R. Bagaimana Spesifikasi dan Harganya?

3. Electric Balance

Factory Replica Stacyc 12E Drive:

Spesifikasi

Kapasitas baterai: 2 Ah, 20Vmax
Waktu pengisian daya (hingga 100%): 60 menit
Berat (belum terisi bahan bakar): 7,7 kg
Desain rangka: aluminum tig welded
Suspensi depan: baja desai BMX
Tinggi jok: 330 mm

Factory Replica Stacyc 16E Drive

Factory Replica Stacyc 16E Drive

Factory Replica Stacyc 16E Drive

Spesifikasi:

Kapasitas baterai: 4 Ah, 20Vmax
Waktu pengisian daya (hingga 100%): 60 menit
Berat (belum terisi bahan bakar): 9 kg
Desain rangka: aluminum tig welded
Suspensi depan: baja desai BMX
Tinggi jok: 430 mm

4. Travel

890 Adventure R Rally 2021

Spesifikasi:

Tipe mesin: 890 cc 2-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 6-speed electric starter
Tenaga (max): 77 kW
Torsi (max): 100 Nm
Stroke (jarak piston): 68.8 mm
Bore (diameter silinder): 90.7 mm
Clutch: PASC antihopping, mekanik
Konsumsi bahan bakar: 4.5 liter/100 km
Berat (belum terisi bahan bakar): 196 kg
Kapasitas tangki: 20 liter
Tinggi jok: 910 mm
Ground clearance: 303 mm
Rem depan: kaliper radial 4-piston 320 mm
Rem belakang: kaliper floating 2-piston 260 mm
Suspensi depan: WP XPLOR PRO 7548
Suspensi belakang: XPLOR PRO 6746
Desain rangka: tipe baja Chromium-Molybdenum

890 Adventure 2021

890 Adventure 2021

890 Adventure 2021

Spesifikasi:

Tipe mesin: 890 cc 2-cylinder, 4-stroke parallel twin
Transmisi: 6-speed electric starter
Tenaga (max): 77 kW
Torsi (max): 100 Nm
Stroke (jarak piston): 68.8 mm
Bore (diameter silinder): 90.7 mm
Clutch: PASC antihopping, mekanik
Konsumsi bahan bakar: 4.5 liter/100 km
Berat (belum terisi bahan bakar): 196 kg
Kapasitas tangki: 20 liter
Tinggi jok: 850 mm
Ground clearance: 233 mm
Rem depan: kaliper radial 4-piston 320 mm
Rem belakang: kaliper floating 2-piston 260 mm
Suspensi depan: WP APEX 43
Suspensi belakang: WP APEX Monoshock
Desain rangka: tipe baja Chromium-Molybdenum

390 Adventure 2021

Spesifikasi:

Tipe mesin: 373 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 6-speed electric starter
Tenaga (max): 32 kW
Torsi (max): 37 Nm
Stroke (jarak piston): 60 mm
Bore (diameter silinder): 89 mm
Clutch: PASC antihopping, mekanik
Konsumsi bahan bakar: 3.37 liter/100 km
Berat (belum terisi bahan bakar): 158 kg
Kapasitas tangki: 14,5 liter
Tinggi jok: 830 mm
Ground clearance: 160 mm
Rem depan: kaliper radial 4-piston
Rem belakang: kaliper floating 1-piston
Suspensi depan: WP APEX 43
Suspensi belakang: WP APEX Monoshock
Desain rangka: tipe baja trellis

250 Adventure 2021

Spesifikasi:

Tipe mesin: 250 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 6-speed electric starter
Tenaga (max): 22 kW
Torsi (max): 24 Nm
Stroke (jarak piston): 61.1 mm
Bore (diameter silinder): 72 mm
Clutch: PASC antihopping, mekanik
Konsumsi bahan bakar: 3.1 liter/100 km
Berat (belum terisi bahan bakar): 156 kg
Kapasitas tangki: 14,5 liter
Tinggi jok: 855 mm
Ground clearance: 200 mm
Rem depan: kaliper radial 4-piston 320 mm
Rem belakang: kaliper floating 1-piston 230 mm
Suspensi depan: WP APEX 43
Suspensi belakang: WP APEX Monoshock
Desain rangka: tipe baja trellis

450 Rally Factory Replica 2022

450 Rally Factory Replica 2022

450 Rally Factory Replica 2022

Spesifikasi:

Tipe mesin: 450 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 6-speed
Stroke (jarak piston): 63.4 mm
Bore (diameter silinder): 95 mm
Clutch: Multi-disc hidrolik
Konsumsi bahan bakar: –
Berat (belum terisi bahan bakar): 139 kg
Kapasitas tangki: –
Tinggi jok: 960 mm
Ground clearance: 312 mm
Rem depan: diameter 300 mm
Rem belakang: diameter 240 mm
Suspensi depan: –
Suspensi belakang: –
Desain rangka: tipe Chrome-Moly tubular

Baca juga: Punya Dana Rp50 Juta untuk Motor Touring? Inilah Rekomendasinya

5. Supermoto

450 SMR 2022

450 SMR 2022

450 SMR 2022

Spesifikasi:

Tipe mesin: 450 cc 1-cylinder, 4-stroke
Transmisi: 5-speed electric starter
Tenaga (max): 77 kW
Torsi (max): 100 Nm
Stroke (jarak piston): 63.4 mm
Bore (diameter silinder): 95 mm
Clutch: Suter slipper, hidrolik Brembo
Berat (belum terisi bahan bakar): 102 kg
Kapasitas tangki: 7 liter
Tinggi jok: 890 mm
Ground clearance: 290 mm
Rem depan: disc 310 mm
Rem belakang: disc 220 mm
Suspensi depan: WP XACT-USD 48 mm
Suspensi belakang: WP XACT Monoshock dengan linkage
Desain rangka: tipe baja 25CrMo4 central double-cradle

6. Supersport

RC 390 2022

RC 390 2022

RC 390 2022

Spesifikasi:

Tipe mesin: 390 cc 1-cylinder 4-stroke
Transmisi: 6-speed electric starter
Tenaga (max): 32 kW
Torsi (max): 37 Nm
Stroke (jarak piston): 60 mm
Bore (diameter silinder): 89 mm
Clutch: PASC antihopping, mekanik
Konsumsi bahan bakar: 3,46 liter/100 km
Berat (belum terisi bahan bakar): 158 kg
Kapasitas tangki: 13.7 liter
Tinggi jok: 824 mm
Ground clearance: 158 mm
Rem depan: kaliper radial 4-piston 320 mm
Rem belakang: kaliper floating 1-piston 230 mm
Suspensi depan: WP APEX 43
Suspensi belakang: WP APEX Monoshock
Desain rangka: tipe baja trellis

Baca juga: Motor Trail Anak Harga 2 Jutaan?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

error: Content is protected !!